12/31/2012

Makalah Microsoft Groove 2007 (PPN)


1.        Mengenal Microsoft Groove 2007
Microsoft Groove adalah suatu program yang  masuk dalam paket microsoft office. MS Groove sebelumnya merupakan program buatan perusahaan AS yang bernama Groove Network Baverly, dan pada bulan Maret 2005 Microsoft mengakusisi Groove menjadi satu paket dengan MS Office. Microsoft Groove pertama kali diperkenalkan pada microsoft office 2007 pada tanggal 30  Januari 2007 dengan nama Microsoft Groove. Sedangkan pada Office 2010 dan 2013 berganti  nama menjadi Microsoft SharePoint Workspace. Microsoft Groove adalah aplikasi  yang digunakan untuk mensharing data atau informasi dengan membuat suatu group virtual dalam sebuah jaringan.
Beberapa kelebihan Microsoft Groove:

a    a)      Kolaborasi
Dengan menggunakan MS Groove, kolaborasi tim kerja menjadi semakin efisien karena semua anggota tim telah dikelompokan sesuai dengan peran dan kemampuan masing-masing.

b   b)     Kapanpun dan Dimanapun
      MS Groove 2007 dapat membantu kita untuk tetap produktif dan meningkatkan efektifitas  team kerja  dengan memberikan kemudahan mengakses dan mengupdate Groove workspace kapanpun dan dimanapun baik itu dikantor, diperjalanan,, maupun dirumah. Kapanpun kita melakukan perubahan pada kolaborasi workspace, hal yang telah diupate otomatis akan disinkronkan dengan rekan workspace lainnya sehingga rekan rekan anda dimanapun mereka berada akan melihat informasi terbaru yang telah kita berikan. Tidak ada lagi pembagian informasi sepihak oleh karena email tidak sampai tujuan dsb. Groove 2007 memastikan seluruh anggota workspace memiliki informasi terkini kapanpun dan dimanapun mereka membuka workspacenya.
c    c)      Komunikasi Semakin Lancar
Dengan adanya fitur Discusion dan Chating, kita dapat lebih lebih mudah dalam berbagi informasi antar rekan satu tim sehingga pertukaran informasi semakin cepat. Fitur ini juga dapat membuat semua anggota dalam tim semakin akrab.


d    d)     Berbagi File Apapun
MS Groove tidak membatasi pengguna dalam berbagi file dalam format apapun, baik dalam format text seperti doc, txt, rtf, format audio seperti mp3, wav, ogg, maupun format vidio seperti mkv, avi, 3gp dsb.

Dibalik kelebihan kelebihan yang ditawarkan MS Groove 2007, Ada beberapa kekurangan dalam program ini yaitu:
  1. a MS Groove 2007 hanya tersedia bagi sistem operasi Windows saja, sehingga apabila kita ingin menggunakan Groove 2007 kita harus menginstal OS Windows pada komputer kita
  2. bDalam  OS Windows hanya boleh memiliki 1 versi (MS Groove 2007 atau MS Sharepoint Workspace 2010), karena apabila kita mempunyai 2 versi berbeda secara otomatis versi yang lebih lama akan error saat digunakan karena tidak kompatibel dengan groove versi yang lebih baru.
  3. cHarga MS Groove Original terbilang mahal karena bisa mencapai ratusan ribu hingga jutaan rupiah per komputer dan hanya berlaku selama 1 tahun.





Kelebihan MS Groove 2007 dibandingkan Sharepoint Workspace 2010
  1.  Lebih ringan dalam melakukan pengoprasian
  2. Tampilan sederhana dan tidak asing lagi karena seperti pada office 2003



(Gambar Groove 2007)


(Gambar Sharepoint Workspace 2010)
kekurangan MS Groove 2007 dibandingkan Sharepoint Workspace 2010
  1. Groove 2007 tidak bisa membuka workspace hasil simpanan dari MS Sharepont 2010
  2. Fitur Groove tidak selengkap Sharepoint, karena pada sharepoint 2010 terdapat sharepoint workspace yang dapat langsung terhubung ke server yang telah dibuat sebelumnya.
  3.  Belum Menggunakan Ribbon untuk menggantikan toolbar-toolbar yang ada.


(Gambar Groove 2007)

(Gambar Sharepoint Workspace 2010)
2.        Membuat Groove Account
Setelah menginstal Groove 2007, kita perlu membuat Groove account sebelum memulai menggunakannya.
1.      Bukalah aplikasi Groove
2.      Saat muncul dialog box Account Configuration Wizard, pilih Create a new Groove account dan klik Next
3.       Di dialog box berikutnya klik I don’t have a Groove Account Configuration Code dan klik Next.
4.      Kemudian isilah profil untuk account kita.  Centangkan Remember Password dan Enable password reset (jika perlu) lalu klik Next.
5.     Plih All Contact Information agar profil kita dipublikasikan pada Public Groove Directory. Untuk sementara ini kita tidak perlu melihat video Getting Started di website maka klik No.

  


Gambar 1.1 (membuat Account Groove)




Tatacara mengaktifkan Groove 2007
1.      Klik star
2.      Pilih All Program
3.      Pilih Microsoft Office
4.      Klik Microsoft Office Groove 2007


 

3. Tatacara Penggunaan Standard Workspace
Pertama kali anda login ke Groove Account muncul tab Workspaces. Workspace adalah tempat/area pekerjaan anda dalam berkolaborasi dengan rekan / anggota team. Tempat workspace dishare dengan anggota team yang sudah anda invite sebelumnya.
Terdapat 3 bagian pada Workspace:
1.      Active adalah anda atau anggota team anda sedang mengerjakan sesuatu baik itu mengkoreksi dokumen, melakukan perubahan pada gambar atau lainnya. Intinya Active menunjukkan perubahan sedang dilakukan
2.      Unread adalah perubahan-perubahan yang belum anda lihat jadi perlu anda simak. Terdapat tanda bintang merah pada tiap folder dan file yang belum anda baca / lihat
3.      Read adalah perubahan yang sudah anda simak atau dibuka
Dibawah launchbar Workspace terdapat Common Tasks tab yang bisa anda atur penampilan workspace anda dari View By kategori, penentuan indikasi alarm, maupun pengiriman kontak list lewat email.

  


Gambar 1.3 (Tampilan Standar Workspace)

4.  Membuat Workspace
1.    Klik New Workspace dan beri nama workspace anda.
2.   Tentukan tipe workspacenya apakah Standar yaitu workspace yang berisikan files tool dan diskusi board dan hal lainnya, atau pilih File Sharing yaitu workspace untuk saling membagi isi konten file, atau piilh Template dan tentukan workspace sendiri.
  
  

 Gambar 1.4 (Membuat Workspace)

Setelah membuat workspace baru, anda harus undang rekan lainnya untuk bergabung dalam team kolaborsi.




5.  Langkah-langkah Menambah Anggota Baru yaitu:
1. Klik Options menu dan klik Invite to Workspace
2. Pada dialog box Send Invitation klik Add More… dan ketik nama rekan / anggota team anda, misalnya Bang Toyib. Untuk memastikan namanya benar, klik Search For User… dan memang Bang Toyib nama yang sebenarnya
3. Klik Add dan klik OK. Kembali pada dialog box Send Invitation untuk pesannya saya tulis Ayo gabung di workspace Gua! dan klik Invite
4. Klik oke
5. Perhatikan sinyal alert dibawah layar bahwa undangan yang baru saja dibuat sedang dikirim dan menunggu konfirmasi dari Bang Toyib. Setelah Bang Toyib mengkonfirmasi, otomatis Groove mengekspor workspace yang telah kita buat ke komputernya Bang Toyib.

  


Gambar 1.5 (Menambah Anggota Baru)

Kesimpulan

Menurut Penulis, Microsoft Groove 2007 merupakan aplikasi group virtual untuk mensharing data maupun informasi yang sangat bermanfaat untuk para pelaku bisnis, terutama yang memerlukan kerja sama tim dalam menyelesaikan sebuah pekerjaan. Dengan begitu, pekerjaan dapat terselesaikan dengan cepat dan efisien. Kelebihan lain dari aplikasi ini adalah kita tidak harus selalu online dalam menggunakan aplikasi tersebut, sehingga kita dapat menggunakannya kapanpun dan dimanapun kita berada.
Meskipun Microsoft Groove 2007 mempunyai banyak sekali kelebihan, aplikasi ini memiliki juga memiliki kekurangan, yaitu harga lisensi microsoft office original terbilang mahal, bahkan bisa mencapai jutaan rupiah untuk tiap kali install per tahun. Selain itu MS Groove juga hanya tersedia untuk sistem operasi windows saja.

Kalau ingin mendownload silahkan klik DISINI
 By Ahmad Fajar
Zam-Zam

Comments
0 Comments

0 comments:

Post a Comment

Tolong tinggalkan sedikit komentar untuk koreksi blog ini.
Harap tidak memberikan komentar :
1. Sara dan pornografi
2. Spam Content (Konten Sampah)
3. Penghinaan dan Pelecehan
4. OOT (Out Of Topic)