12/31/2012

Sejarah Telepon Genggam

Sejarah Handphone dan Perkembangannya

Sejarah Komputer

Sejarah Komputer Generasi Kelima..


Mendefinisikan komputer generasi kelima menjadi cukup sulit karena tahap ini masih sangat muda. Contoh imajinatif komputer generasi kelima adalah komputer fiksi HAL9000 dari novel karya Arthur C. Clarke berjudul 2001: Space Odyssey.
HAL menampilkan seluruh fungsi yang diinginkan dari sebuah komputer generasi kelima. Dengan kecerdasan buatan (artificial intelligence), HAL dapat cukup memiliki nalar untuk melakukan percapakan dengan manusia, menggunakan masukan visual, dan belajar dari pengalamannya sendiri.
Walaupun mungkin realisasi HAL9000 masih jauh dari kenyataan, banyak fungsi-fungsi yang dimilikinya sudah terwujud. Beberapa komputer dapat menerima instruksi secara lisan dan mampu meniru nalar manusia. Kemampuan untuk menterjemahkan bahasa asing juga menjadi mungkin. Fasilitas ini tampak sederhana. Namun fasilitas tersebut menjadi jauh lebih rumit dari yang diduga ketika programmer menyadari bahwa pengertia manusia sangat bergantung pada konteks dan pengertian ketimbang sekedar menterjemahkan kata-kata secara langsung.
Banyak kemajuan di bidang desain komputer dan teknologi semkain memungkinkan pembuatan komputer generasi kelima. Dua kemajuan rekayasa yang terutama adalah kemampuan pemrosesan paralel, yang akan menggantikan model non Neumann. Model non Neumann akan digantikan dengan sistem yang mampu mengkoordinasikan banyak CPU untuk bekerja secara serempak. Kemajuan lain adalah teknologi superkonduktor yang memungkinkan aliran elektrik tanpa ada hambatan apapun, yang nantinya dapat mempercepat kecepatan informasi.
Jepang adalah negara yang terkenal dalam sosialisasi jargon dan proyek komputer generasi kelima. Lembaga ICOT (Institute for new Computer Technology) juga dibentuk untuk merealisasikannya. Banyak kabar yang menyatakan bahwa proyek ini telah gagal, namun beberapa informasi lain bahwa keberhasilan proyek komputer generasi kelima ini akan membawa perubahan baru paradigma komputerisasi di dunia.
Kita tunggu informasi mana yang lebih valid dan membuahkan hasil.

Sejarah Komputer Generasi Keempat…

Setelah IC, tujuan pengembangan menjadi lebih jelas: mengecilkan ukuran sirkuit dan komponenkomponen elektrik. Large Scale Integration (LSI) dapat memuat ratusan komponen dalam sebuah chip. Pada tahun 1980-an, Very Large Scale Integration (VLSI) memuat ribuan komponen dalam sebuah chip tunggal.
Ultra-Large Scale Integration (ULSI) meningkatkan jumlah tersebut menjadi jutaan. Kemampuan untuk memasang sedemikian banyak komponen dalam suatu keping yang berukurang setengah keping uang logam mendorong turunnya harga dan ukuran komputer. Hal tersebut juga meningkatkan daya kerja, efisiensi dan keterandalan komputer.
sejarah komputer keempat Sejarah Komputer Generasi Keempat
Chip Intel 4004 yang dibuat pada tahun 1971 membawa kemajuan pada IC dengan meletakkan seluruh komponen dari sebuah komputer (central processing unit, memori, dan kendali input/output) dalam sebuah chip yang sangat kecil. Sebelumnya, IC dibuat untuk mengerjakan suatu tugas tertentu yang spesifik. Sekarang, sebuah mikroprosesor dapat diproduksi dan kemudian diprogram untuk memenuhi seluruh kebutuhan yang diinginkan. Tidak lama kemudian, setiap perangkat rumah tangga seperti microwave oven, televisi, dn mobil dengan electronic fuel injection dilengkapi dengan mikroprosesor.
Perkembangan yang demikian memungkinkan orang-orang biasa untuk menggunakan komputer biasa. Komputer tidak lagi menjadi dominasi perusahaan-perusahaan besar atau lembaga pemerintah. Pada pertengahan tahun 1970-an, perakit komputer menawarkan produk komputer mereka ke masyarakat umum. Komputer-komputer ini, yang disebut minikomputer, dijual dengan paket piranti lunak yang mudah digunakan oleh kalangan awam. Piranti lunak yang paling populer pada saat itu adalah program word processing dan spreadsheet. Pada awal 1980-an, video game seperti Atari 2600 menarik perhatian konsumen pada komputer rumahan yang lebih canggih dan dapat diprogram.
Pada tahun 1981, IBM memperkenalkan penggunaan Personal Computer (PC) untuk penggunaan di rumah, kantor, dan sekolah. Jumlah PC yang digunakan melonjak dari 2 juta unit di tahun 1981 menjadi 5,5 juta unit di tahun 1982. Sepuluh tahun kemudian, 65 juta PC digunakan. Komputer melanjutkan evolusinya menuju ukuran yang lebih kecil, dari komputer yang berada di atas meja (desktop computer) menjadi komputer yang dapat dimasukkan ke dalam tas (laptop), atau bahkan komputer yang dapat digenggam (palmtop).
IBM PC bersaing dengan Apple Macintosh dalam memperebutkan pasar komputer. Apple Macintosh menjadi terkenal karena mempopulerkan sistem grafis pada komputernya, sementara saingannya masih menggunakan komputer yang berbasis teks. Macintosh juga mempopulerkan penggunaan piranti mouse.
Pada masa sekarang, kita mengenal perjalanan IBM compatible dengan pemakaian CPU: IBM PC/486, Pentium, Pentium II, Pentium III, Pentium IV (Serial dari CPU buatan Intel). Juga kita kenal AMD k6, Athlon, dsb. Ini semua masuk dalam golongan komputer generasi keempat.
Seiring dengan menjamurnya penggunaan komputer di tempat kerja, cara-cara baru untuk menggali potensial terus dikembangkan. Seiring dengan bertambah kuatnya suatu komputer kecil, komputerkomputer tersebut dapat dihubungkan secara bersamaan dalam suatu jaringan untuk saling berbagi memori, piranti lunak, informasi, dan juga untuk dapat saling berkomunikasi satu dengan yang lainnya. Komputer jaringan memungkinkan komputer tunggal untuk membentuk kerjasama elektronik untuk menyelesaikan suatu proses tugas.
Dengan menggunakan perkabelan langsung (disebut juga local area network, LAN), atau kabel telepon, jaringan ini dapat berkembang menjadi sangat besar.
Demikian sejarah singkat komputer generasi keempat.

Sejarah Komputer Generasi Ketiga…

Walaupun transistor dalam banyak hal mengungguli tube vakum, namun transistor menghasilkan panas yang cukup besar, yang dapat berpotensi merusak bagian-bagian internal komputer. Batu kuarsa (quartz rock) menghilangkan masalah ini.
Jack Kilby, seorang insinyur di Texas Instrument, mengembangkan sirkuit terintegrasi (IC : integrated circuit) di tahun 1958. IC mengkombinasikan tiga komponen elektronik dalam sebuah piringan silikon kecil yang terbuat dari pasir kuarsa.
Para ilmuwan kemudian berhasil memasukkan lebih banyak komponen-komponen ke dalam suatu chip tunggal yang disebut semikonduktor. Hasilnya, komputer menjadi semakin kecil karena komponenkomponen dapat dipadatkan dalam chip.
Kemajuan komputer generasi ketiga lainnya adalah penggunaan sistem operasi (operating system) yang memungkinkan mesin untuk menjalankan berbagai program yang berbeda secara serentak dengan sebuah program utama yang memonitor dan mengkoordinasi memori komputer.

Sejarah Komputer Generasi Kedua:

Dimulai pada tahun 1948, penemuan transistor sangat mempengaruhi perkembangan komputer. Transistor menggantikan tube vakum di televisi, radio, dan komputer. Akibatnya, ukuran mesin-mesin elektrik berkurang drastis. Transistor mulai digunakan di dalam komputer mulai pada tahun 1956. Penemuan lain yang berupa pengembangan memori inti-magnetik membantu pengembangan komputer generasi kedua yang lebih kecil, lebih cepat, lebih dapat diandalkan, dan lebih hemat energi dibanding para pendahulunya.
Mesin pertama yang memanfaatkan teknologi baru ini adalah superkomputer. IBM membuat superkomputer bernama Stretch, dan Sprery-Rand membuat komputer bernama LARC. Komputer-komputer ini, yang dikembangkan untuk laboratorium energi atom, dapat menangani sejumlah besar data, sebuah kemampuan yang sangat dibutuhkan oleh peneliti atom. Mesin tersebut sangat mahal dan cenderung terlalu kompleks untuk kebutuhan komputasi bisnis, sehingga membatasi kepopulerannya.
Hanya ada dua LARC yang pernah dipasang dan digunakan: satu di Lawrence Radiation Labs di Livermore, California, dan yang lainnya di US Navy Research and Development Center di Washington D.C. Komputer generasi kedua menggantikan bahasa mesin dengan bahasa assembly. Bahasa assembly adalah bahasa yang menggunakan singkatan-singakatan untuk menggantikan kode biner.
Pada awal 1960-an, mulai bermunculan komputer generasi kedua yang sukses di bidang bisnis, di universitas, dan di pemerintahan. Komputer-komputer generasi kedua ini merupakan komputer yang sepenuhnya menggunakan transistor. Mereka juga memiliki komponen-komponen yang dapat diasosiasikan dengan komputer pada saat ini: printer, penyimpanan dalam disket, memory, sistem operasi, dan program.
Salah satu contoh penting komputer pada masa ini adalah IBM 1401 yang diterima secara luas di kalangan industri. Pada tahun 1965, hampir seluruh bisnis-bisnis besar menggunakan komputer generasi kedua untuk memproses informasi keuangan.
Program yang tersimpan di dalam komputer dan bahasa pemrograman yang ada di dalamnya memberikan fleksibilitas kepada komputer. Fleksibilitas ini meningkatkan kinerja dengan harga yang pantas bagi penggunaan bisnis. Dengan konsep ini, komputer dapat mencetak faktur pembelian konsumen dan kemudian menjalankan desain produk atau menghitung daftar gaji.
Beberapa bahasa pemrograman mulai bermunculan pada saat itu. Bahasa pemrograman Common Business-Oriented Language (COBOL) dan Formula Translator (FORTRAN) mulai umum digunakan. Bahasa pemrograman ini menggantikan kode mesin yang rumit dengan kata-kata, kalimat, dan formula matematika yang lebih mudah dipahami oleh manusia. Hal ini memudahkan seseorang untuk memprogram dan mengatur komputer. Berbagai macam karir baru bermunculan (programmer, analyst, dan ahli sistem komputer). Industri piranti lunak juga mulai bermunculan dan berkembang pada masa komputer generasi kedua ini.

Sejarah Komputer Generasi Pertama:

Pada waktu Perang Dunia Kedua, negara-negara yang ikut dalam perang tersebut terus berusaha untuk mengembangkan komputer yang akan digunakan untuk mengeksploit potensi strategis yang dimiliki komputer. Karena hal ini, maka adanya peningkatan pendanaan dari negara untuk mempercepat pengembangan komputer serta kemajuan teknik komputer.
Dan pada tahun 1941, seorang insinyur jerman – Konrad Zuse berhasil membangun sebuah komputer Z3 yang digunakan untuk mendesain pesawat terbang dan juga peluru kendali.
sejarahkomputer Sejarah Komputer Generasi Pertama
Dilain pihak, pihal sekutu juga membuat kemajuan dalam hal pengembangan kekuatan komputer. Dan pihak Inggris pada tahun 1943 telah menyelesaikan komputer yang digunakan untuk memecahkan kode rahasia yang diberi nama Colossus, untuk memecahkan kode rahasia yang digunakan militer Jerman. Dan dampak dari pembuatan Colussus ini tidak memberikan pengaruh yang signifikan terhadap perkembangan industri komputer dikarenakan beberapa alasan yaitu:
  • Colossus bukan merupakan komputer general (serba guna), hanya digunakan untuk memecahkan kode rahasia saja.
  • Dan keberadaan komputer ini dijaga kerahasiaannya hingga satu dekade setelah perang berakhir.
Disamping itu, ada usaha lain yang dilakukan pihak Amerika Serikat pada waktu itu dan berhasil mencapai kemajuan lainnnya, yaitu seorang insinyur Harvard – Howard H.Aiken (1900-1973) yang bekerja dengan IBM berhasil memproduksi kalkulator elektronik untuk US Navy. Kalkulator tersebut berukuran panjang setengah lapangan bola kaki dan memiliki rentang kabel sepanjang 500mil. The Harvd-IBM Automatic Sequence Controlled Calculator, atau Mark I, merupakan komputer relai elektronik. Ia menggunakan sinyal elektromagnetik untuk menggerakkan komponen mekanik. Mesin tersebut beropreasi dengan lambat (ia membutuhkan 3-5 detik untuk setiap perhitungan) dan tidak fleksibel (urutan kalkulasi tidak dapat diubah). Kalkulator tersebut dapat melakukan perhitungan aritmatik dasar dan persamaan yang lebih kompleks.
Lalu perkembangan komputer lain pada masa itu adalah Electronic Numerical Integrator and Computer (ENIAC), yang dibuat oleh kerjasama antara pemerintah Amerika Serikat dan University of Pennsylvania . Terdiri dari 18.000 tabung vakum, 70.000 resistor, dan 5 juta titik solder, komputer tersebut merupakan mesin yang sangat besar yang mengkonsumsi daya sebesar 160kW.
Komputer tersebut dirancang oleh John Presper Eckert (1919-1995) dan John W. Mauchly (1907-1980), ENIAC merupakan komputer serbaguna (general purpose computer) yang bekerja 1000 kali lebih cepat dibandingkan Mark I.
Pada pertengahan 1940-an, John von Neumann (1903-1957) bergabung dengan tim University of Pennsylvania dalam usha membangun konsep desin komputer yang hingga 40 tahun mendatang masih dipakai dalam teknik komputer. Von Neumann mendesain Electronic Discrete Variable Automatic Computer (EDVAC) pada tahun 1945 dengan sebuh memori untuk menampung baik program ataupun data.
Teknik ini memungkinkan komputer untuk berhenti pada suatu saat dan kemudian melanjutkan pekerjaannya kembali. Kunci utama arsitektur Von Neumann adalah unit pemrosesan sentral (CPU), yang memungkinkan seluruh fungsi komputer untuk dikoordinasikan melalui satu sumber tunggal. Tahun 1951, UNIVAC I (Universal Automatic Computer I) yang dibuat oleh Remington Rand, menjadi komputer komersial pertama yang memanfaatkan model arsitektur von Neumann tersebut.
Baik Badan Sensus Amerika Serikat dan General Electric memiliki UNIVAC. Salah satu hasil mengesankan yang dicapai oleh UNIVAC dalah keberhasilannya dalam memprediksi kemenangan Dwilight D. Eisenhower dalam pemilihan presiden tahun 1952.
Komputer Generasi pertama dikarakteristik dengan fakta bahwa instruksi operasi dibuat secara spesifik untuk suatu tugas tertentu. Setiap komputer memiliki program kode-biner yang berbeda yang disebut “bahasa mesin” (machine language). Hal ini menyebabkan komputer sulit untuk diprogram dan membatasi kecepatannya. Ciri lain komputer generasi pertama adalah penggunaan tube vakum (yang membuat komputer pada masa tersebut berukuran sangat besar) dan silinder magnetik untuk penyimpanan data.

Sumber:http://www.sejarah-komputer.com/

Cara Memperbaiki Flashdisk Tidak Terbaca


Cara Memperbaiki Flashdisk Tidak Terbaca - Flashdisk adalah alat penyimpanan data memori flash tipe NAND yang memiliki alat penghubung USB yang terintegrasi. Fungsi dari Flashdisk adalah sebagai media penyimpanan data. Bentuknya yang kecil, ringan, simple, dan memiliki kapasitas yang besar membuat banyak user memilih Hardware ini sebagai media penyimpanan data yang efektif dan efisien karena dapat dibawa kemana-mana. Namun kendalanya adalah kadang Flashdisk kita tidak dapat terbaca sama sekali oleh suatu komputer ataupun laptop, hal tersebut bisa disebabkan oleh kerusakan Hardware ataupun perangkat lainnya yang disebabkan oleh kita sendiri. Oleh karena itu, ada beberapa cara untuk memperbaiki Flashdisk yang rusak sebelum membeli yang baru apabila Flashdisk sudah benar-benar tidak dapat digunakan lagi.

Flashdisk
Pertama adalah lakukan cara paling mudah dengan cara test kesehatan Flashdisk pada komputer/ laptop lain untuk memastikan Flashdisk benar-benar tidak bisa terbaca atau komputer yang hendak kita ambil datanya saja yang tidak dapat membaca Flashdisk tersebut, sehingga kita tidak akan salah perbaikan nantinya. Apabila test kesehatan menunjukan Flashdisk dapat terbaca oleh PC (Pocket Computer) lainnya, maka hal ini dapat disebabkan oleh system yang komplik pada komputer pertama. Hal tersebut dapat diatasi dengan cara menancapkan USB Flashdisk kembali pada komputer pertama, setelah itu restart komputer supaya system fresh kembali. Apabila masih tidak terbaca juga, silahkan masuk ke RUN dengan cara tekan Logo Windows + R lalu ketikan devmgmt.msc dan tekan Enter. Selanjutnya akan muncul jendela baru (Devices Manager), disana carilah tulisan Universal Serial Bus Controller dan cari Hardware yang berwarna kuning dengan tanda seru biasanya. Apabila sudah ketemu Uninstall hardware tersebut dan restart kembali komputer. Apabila cara diatas tidak membuat Flashdisk terbaca juga, maka kemungkinan besar Flashdisk rusak karena kecerobohan kita sendiri yaitu sering cabut Flashdisk tanpa Safely Removal Storage Devices terlebih dahulu.
Kedua adalah dengan cara memformat flashdisk tersebut dengan menggunakan software format ataupun software untuk memperbaiki Flashdisk gratis seperti HP USB Disk Storage Format Tool, Kingston Format Utility, Super Stick Recovery Tools, Low Level Format, dan Seatools for Windows. Namun kadang cara ini kurang efektif juga untuk digunakan karena kebanyakan Flashdisk yang tetap tidak bisa terbaca setelah cara pertama dilakukan semua dan Flashdisk tetap tidak terdeteksi maka software tersebut diatas juga tetap tidak dapat membacanya, sehingga kita tidak dapat melakukan langkah apapun dengan software tersebut apabila Flashdisknya tidak dapat dibaca. Namun tidak ada salahnya juga untuk dicoba terlebih dahulu cara kedua ini.
Ketiga adalah dengan cara me-Reprogram ulang IC Controller Flashdisk yang tidak terbaca tersebut dengan software AlcorMP_UFD tools, langkah-langkah untuk memperbaiki Flashdisk yang rusak dengan software ini adalah pertama download terlebih dahulu softwarenya dengan cara klik disini. Setelah selesai mendownload file tersebut extract filenya menggunakan WInZip ataup WinRar sehingga akan keluar file ALCORMP.EXE, selanjutnya jalankan file tersebut dengan cara klik 2x, apabila muncul jendela untuk memasukan password klik OK saja. Setelah itu ganti scan mode menjadi Low Level Format, selanjutnya klik START (A) dan tunggu sampai proses selesai. Apabila sudah selesai segera format flashdisk menggunakan program bawaan windows dengan cara masuk ke My Computer lalu cari Removable Disk, setelah itu klik kanan dan pilih Format dan tunggu sampai selesai.
Demikian adalah beberapa cara memperbaiki Flashdisk yang rusak baik secara manual ataupun menggunakan software, sehingga dapat menghemat biaya sebelum membeli flashdisk baru apabila flashdisk lama sudah benar-benar tidak bisa diperbaiki dengan cara-cara diatas. Semoga bermanfaat

Sumber:http://www.azrut.com/2012/11/cara-memperbaiki-flashdisk-tidak-terbaca.html

Cara Memperbaiki Hardis Bad Sector


Trik Cara Memperbaiki Hardisk Rusak - Bagi kalian yang mengalami hardisk rusak atau juga bad sector bisa menggunakan tips dan trik berikut tentang bagaimana cara memperbaiki hardisk. Sifat dan ciri hardisk rusak itu banyak. Seperti bad sector, hardisk tidak terdeteksi atau tidak terbaca, hardisk sering hang, blue screen dan kerusakan hardisk lainnya yang tentu memiliki tingkat kerusakan sendiri. Berikut beberapa trik cara memperbaiki hardisk :



Cara Memperbaiki Hardisk Rusak 


1. Cara Memperbaiki Hardisk yang pertama dengan Ketik perintah CHKDSK pada Command Prompt.

Misal anda ingin memeriksa pada partisi C berarti ketik CHKDSK C:
Kemudian lakukan repair error tanpa melakukan scanning bad sector dengan mengetik CHKDSK D:/R
Perintah ini akan merepair sector yang eror dan menemukan bad sector
2. Cara Memperbaiki Hardisk yang kedua Bisa juga menjalankannya melalui windows dengan cara :

Buka Windows Explorer, atau My Computer.
Klik kanan pada hardisk yang akan di-cek, klik Properties.
Klik tab Tools, pada pilihan Error Checking klik Check Now..
Jendela Check disk option akan tampil
Untuk menjalankan Chkdsk pada mode read-only mode, klik Start.
Untuk merepair error pada file system, check Automatically fix file system errors,
Untuk merepair error, menemukan bad sector dan me-recover data pilih Scan for and attempt recovery of bad sectors,
Anda juga dapat mencentang kedua pilihan tersebut apabila diperlukan.


3. Cara Memperbaiki Hardisk level ini ketika kita kehilangan partisi harddisk dan data . Ini bisa disebabkan oleh virus atau kesalahan menggunakan program utility. Ada yg perlu diperhatikan dalam mengembalikan Partisi harddisk yang hilang, yaitu kapasitas harddisk dan Jenis File Systemnya.

Cek terlebih dahulu partisi harddisk dengan menggunakan FDISK atau Disk Manager
Untuk mengembalikannya bisa gunakan software seperti Acronis Disk Director,Easus Partition Manager, Handy Recovery, Stellar Phoniex dll.
Download partition manager
Disini
Oke, sekian Trik Cara Memperbaiki Hardisk Rusak, jika ada pertanyaan anda bisa diskusikan di kolom komentar. 

Cara Mudah Pasang Meta Tag Alexa


Salah satu cara agar rank alexa cepat turun adalah dengan memasang meta tag alexa di  blog  atau web kita karena dengan memasangnya maka alexa akan semakin mudah untuk memeriksa serta menentukan peringkat blog kita. Untuk itu dalam topik tutorial blog kali ini akan berbagi info tentang Cara Mudah Pasang Meta Tag Alexa .  

Inilah Cara Mudah Pasang Meta Tag Alexa di Blog atau Web :

  1. Kalau belum punya account di Alexa silahkan registrasi dulu, kalau sudah punya tinggal login di situsnya atau disini  www.alexa.com
  2. Pada menu navigasi kamu klik Site Tool
  3. Kalau sudah ada blog yang terdaftar. klik Dashboard di menu tas, setelah terbuka, klik add a site di sebelah kanan bawah.
  4. Kalau belum lihat dibagian bawah klik Claim Your Site
  5. Isikan url blog anda misalnya http://saungwb.blogspot.com, lau klik Claim Your Site
  6. Kemudian sign up dan pilih yang free jika ingin yang gratis,
  7. Setelah itu akan muncul meta tag Alexa sebanyak 3 jenisJelasnya seperti ini :
    <html>
    <head>
    <title>The title of your home page</title>
    <!—IBpodiyjpo1OxUq1I7lhwiByAag –> Kode nomor 1
    You could put your verification ID in a
    comment
    <meta name="alexaVerifyID" content="IBpodiyjpo1OxUq1I7lhwiByAag" /> Kode Nomor 2
    Or, in its own meta tag
    <meta name="keywords" content="keyword1,keyword2, IBpodiyjpo1OxUq1I7lhwiByAag" />
    Kode nomor 3
    Or, as one of your keywords
    </head>
    <body>
    Your content is here. The verification ID will NOT be detected if you put it here.
    </body>
    </html>
    Silahkan pilih salah satu saja misalnya pilih yang kedua, seperti ini :  <meta name="alexaVerifyID" content="IBpodiyjpo1OxUq1I7lhwiByAag" />, 
  8. Sampai disini kita telah mendapatkan pilihan meta tag alexa yang akan dipasang di blog atau web. Langkah selanjutnya.. masuk ke akun blogger ( www.blogger.com ) , lalu pilih template , klik  Edit HTML >> Lanjutkan/Proceed
  9. Sekarang paste kode meta tag tersebut diantara <head></head>, atau dibawah <head> seperti contoh dibawah ini ( Yang warna merah adalah kode meta tag alexa) :
    <head>
    <meta content='IBpodiyjpo1OxUq1I7lhwiByAag' name='alexaVerifyID'/>
    <meta content='text/html; charset=UTF-8' http-equiv='Content-Type'/>
    <meta content='blogger' name='generator'/>
  10. Jangan lupa simpan template jika sudah selesai.
  11. Setelah langkah diatas, sekarang kembali ke Alexa yang tadi kita tinggalkan untuk melakukan Verifykasi ID.
  12. Lalu klik "Verify my ID", kalau segalanya lancar akan muncul tulisan “ Your site is successfuly claimed,  seperti ini.
  13. Selesai,..  terakhir tinggal ucapkan Alhamdulillah…. langkah Cara Mudah Pasang Meta Tag Alexa , sudah rampung dan berhasil. Jangan kaget kalau malamnya tante Alexa yang genit ini akan datang menggoda dengan senyuman termanisnya dalam mimpi anda.. amin.
Oh ya diatas saya katakan salah satu karena memang banyak cara untuk itu diantaranya  menginstal Alexa Toolbar atau dengan pasang widget alexa, menyanjungnya sehingga alexa tidak jauh tapi semakin dekat dsb. Selamat mencoba

Cara Mudah Install Ubuntu 12.04 LTS Dual Boot Dengan Windows 7


Berhubung saat ini saya lagi mencoba menggunakan sistem opersi/OS Linux khususnya menggunakan Distro Ubuntu 12.04 LTS, saya rasa tidak ada salahnya saya membagikan pengalaman saya kepada kawan-kawan yang membutuhkan, itung-itung saling berbagi dan sama-sama belajar. oy pertama-tama tanamkan di dalam otak anda bahwa LINUX Itu Mudah, Selama Mau Berusaha Memperlajarinya.

Sekarang saatnya kita menginstall Ubuntu dual boot dengan windows 7

1. Saat anda masih berada pada Desktop Windows 7, tugas anda adalah membuat ruang kosong pada Hardisk di partisi C/System untuk tempat instalasi OS Ubuntu, caranya ialah klik Start --> Computer --> Manage.


2. Selanjutnya pilih Disk Management --> klik kanan pada partisi System/C lalu pilih Shrink Volume...

3. Sebagai Contoh, Saya mebuat ruang kosong dengan ukuran/kapasitas 8156MB atau sekitar 8GB, jika anda sudah menetapkan besar ukuran untuk ruang kosong yang anda akan gunakan, maka silahkan klik Shrink.


4. Setelah proses pembuatan ruang kosong untuk installasi Ubuntu selesai, maka yang harus anda sediakan adalah CD/DVD ubuntu bisa juga menggunakan USB Flashdisk, tapi untuk USB Flashdisk, caranya sedikit berbeda dengan artikel yang saya tulis ini, mungkin anda bisa menyesuaikannya, oy untuk cara pembuatan anda bisa lihat di situs resmi ubuntu. untuk Membuat CD/DVD untuk USB Flashdisk atau jika anda belum memiliki file installernya bisa di dwonload disini. Jika CD/DVD sudah tersedia, maka anda bisa melanjutkan dengan me-restart PC/Laptop anda. Jangan Lupa Masukkan CD/DVD ke room dan setting boot dari CD/DVD.
  • Jika anda behasil masuk, maka akan ada tampilan seperti gambar di bawah ini lalu pilih bahasa yang akan anda gunakan selama menginstall.


 Pilih Something Else dan Klik Continue

Selanjutnya pilih Free Space dan klik add.. untuk membuat ruang swap

Tentukan size untuk ruang swap yang akan dibuat, sebagai contoh saya menggunakan 500/500MB. Pada pilihan Use as pilih Swap area --> OK

Untuk tahap selanjutnya, klik add.. lagi untuk membuat partisi ubuntu. untuk kali ini kita menggunakan semua sisa size pada ruang kosong. Dan untuk pilihan Use as pilih ext4 journaling file system, sedangkan untuk Mount point tambahkan / (garis miring). Jika semua tahap sudah selesai tekan OK

Untuk tahap ini tinggak menekan tombol Install Now dan ikuti langkah-langkah install-nya hingga selesai. dan silahkan mencoba Ubuntunya.

10 Cara Mengatasi Komputer Lambat


Berikut 10 Penyebab komputer lambat dan cara mengatasinya.

1. Komputer lambat karena kekurangan Memory
Masalah komputer lambat karena minimnya RAM yang terpasang merupakan hal yang umumnya sudah diketahui oleh semua pengguna komputer.

Untuk itu cobalah cek kapasitas memory yang terpasang, untuk komputer sekelas Intel Pentium 4 dengan OS Windows XP dan aplikasi standar sebaiknya upgrade-lah memory menjadi minimal 1 GB.

2. Komputer lambat karena terlalu banyaknya program yang terinstall.
Secara pribadi saya sering menemukan komputer terutama milik pribadi yang di-install bermacam-macam program didalamnya, padahal aplikasi tersebut jarang atau bahkan tidak pernah digunakan sama sekali.

Periksalah program apa saja yang terinstall dikomputer dengan cara klik Add/Remove Program di Control Panel dan un-install program-program yang hanya menjadi "accesories" tersebut.

3. Komputer lambat karena terlalu banyak startup programs dan service yang berjalan.
Hal ini berkaitan dengan point no 2, semakin banyak program yang terinstall, semakin banyak pula program dan service yang akan dijalankan ketika windows startup.

Untuk menonaktifkan startup program dan service yang berjalan otomatis tersebut, masuklah ke "System Configuration Utility" dengan cara ketik: msconfig pada menu run, kemudian pada tab service dan startup lakukan uncheck terhadap aplikasi-aplikasi yang tidak diperlukan.

Untuk melihat aplikasi apa saja yang sedang berjalan, kita bisa menggunakan tool Prosesexplorer. Dengan tool ini kita dapat melihat dan menonaktifkan (kill) aplikasi apa saja yang tidak diperlukan atau dicurigai sebagai virus.

process explorer

Download Process Explorer disini

4. Komputer lambat karena Temporary File yang sudah membengkak
Penyebab komputer lambat yang ke empat adalah sudah membengkaknya file-file temporary (sementara). Untuk Windows Xp lokasi file tersebut ada di:"C:\Documents and Settings\nama_user\Local Settings\Temp" dan"C:\WINDOWS\Temp".

Untuk membersihkannya, delete-lah file-file yang terdapat di kedua lokasi tersebut atau jalankan program Disk CleanUp dengan cara klik start-run, ketik: "cleanmgr" lalu pilih drive yang akan di-cleanup.

5. Komputer lambat karena terlalu banyak program yang berfungsi sebagai "security program"
Security program seperti program antivirus dan firewall merupakan aplikasi tambahan yang harus ada pada komputer, tetapi janganlah terlalu berlebihan misalnya dengan menginstall 2-3 program antivirus sekaligus.

Untuk masalah security windows, yang terpenting adalah lakukan update, aktifkan firewall dan gunakan antivirus yang tidak membebani komputer seperti misalnya PCMAV Antivirus serta berhati-hatilah ketika menggunakan USB Flashdisk / Memory Card.

6. Komputer lambat karena masalah pada hardisk

Hardisk merupakan komponen kedua setelah RAM yang bisa menyebabkan komputer menjadi lambat. Masalah Komputer lambat yang disebabkan oleh hardisk ini diantaranya karena:
- hardisk low space
- hardisk yang terfragmentasi
- hardisk yang sudah lama, sehingga rpm-nya menurun
- hardisk error / bad sector

Cara mengatasi komputer lambat karena masalah pada hardisk diatas adalah:
- upgrade kapasitas hardisk dengan menambah atau ganti hardisk
- lakukan defragmenter pada hardisk secara berkala
- hindarkan hardisk dari debu, goncangan dan panas berlebih.
perbaiki kerusakan pada hardisk dengan tool checkdisk.

7. Komputer lambat karena adanya virus, malware atau spyware pada komputer.
Apabila komputer kita sudah terlebih dahulu terserang virus atau malware, maka sebaiknya jalankan Windows Safe Mode, matikan fasilitas system restore dan gunakanlah program Virus Cleaner seperti misalnya Norman Malware Cleaner untuk membersihkan virus atau malware tersebut dan lakukan pula update pada sistem operasi.

8. Komputer lambat karena System Files ada yang corrupt atau bahkan hilang.
Biasanya terjadi setelah komputer terinfeksi virus dan file-file yang terinfeksi tersebut terlanjur rusak atau terdelete oleh antivirus. Solusi yang paling gampang adalah dengan merepair sistem operasi yang digunakan.

9. Komputer lambat karena masalah hardware overheat.
Hardware overheat baik itu terjadi pada hardisk, vga card, processor atau cpu secara umum bisa menyebabkan menurunnya kinerja komputer yang pada akhirnya komputer menjadi hang, lambat atau bahkan  sering restart. Untuk itu pastikan sirkulasi udara pada bagian dalam CPU berjalan dengan baik begitu juga pada fan (kipas angin) harus bersih dari debu dan dapat berputar dengan lancar.

10. Komputer lambat karena adanya masalah konektifitas pada jaringan / network 
Hal ini bisa terjadi karena trafic jaringan yang tinggi, hub atau switch yang hang atau adanya virus yang mencoba masuk ke sistem komputer kita. Untuk mengatasinya, coba lepas dan pasangkan kembali konektor RJ45 pada LAN Card atau Roset LAN, restart Switch / hub dan gunakan program Port scanner untuk melihat packet data apa saja yang masuk dan keluar dari komputer kita.

Sumber:http://www.catatanteknisi.com/2010/12/cara-mengatasi-penyebab-komputer-lambat.html

Cara Install Ubuntu Lewat Flashdisk



Wubi (Windows Ubuntu Basic Installer) adalah sebuah software yang digunakan untuk menginstall ubuntu melalui sistem operasi windows sehingga kita tidak perlu membeli atau meminjam CD drive ubuntu cukup punya file .iso Ubuntunya dan aplikasi Wubi maka kita sudah bisa aplikasi ini memudahkan kita jika ingin menguninstal kembali dengan aman.

 Langkah kerja :
1.Persiapkan filenya dulu,pertama file .iso ubuntu yang bisa di download disini.
dan aplikasi wubi yang bisa di download disini.
2.Jalankan aplikasi Wubi.exe



3.Pilih dimana ingin menginstalnya lalu ukurannya,saya sarankan pilih yang kecil saja ukurannya,lalu masukkan username dan password terserah anda.



4.Tunngu proses instalation sampai selesai.


5.Setelah selesai pilih reboot now dan biarkan komputer restart sendiri.


6.Setelah itu nanti akan ada dua sistem operasi saat booating windows dan ubuntu,pilih ubuntu,dan biarkan proses instalasi terakhir sampai selesai.




berikut buktinya:



Sekian dari saya untuk bagaimana Cara Install Ubuntu dari Windows dengan Wubi,semoga bermanfaat.
Salam sukses untuk kita semua.