1/24/2013

10 Tanaman Paling Berbahaya di Dunia



10 Tanaman Paling Berbahaya di DuniaDiam-diam ular, mungkin peribahasa inilah yang cocok saya gunakan untuk menggambarkan tanaman-tanaman berbahaya di bawah ini. Mereka dipersenjatai oleh pertahanan alami hebat yang sebenarnya memiliki fungsi untuk membantu bertahan hidup dari pemangsa atau makhluk lain. Mulai dari hewan-hewan herbivora sampai perusak lingkungan seperti manusia kita ini. Senjata tersebut sangat beragam, ada yang berupa racun mematikan, duri-duri tajam yang mampu menyobek ban mobil hingga berbagai macam enzim yang dapat merusak organ-organ tubuh. Sungguh Tanaman-tanaman yang Berbahaya!
Berikut daftar 10 Tanaman Paling Berbahaya yang saya terjemahkan dan rangkum daripopularmechanics.com

# Sanggup Menelan Tikus Besar
Giant Pitcher Plant / Tanaman Kendi Raksasa : Nepenthes attenboroughii
Nepenthes attenboroughii di info-faktaunik.blogspot.com
Dapat dijumpai di 5000 kaki di atas permukaan laut Mt. Victoria Filipina, tanaman unik berbentuk menyerupai kendi ini memiliki semacam nektar yang dimiliki pada bunga seperti biasanya. Namun, nektar ini bukannya menjadi hidangan yang lezat bagi yang hinggap di tanaman ini melainkan malah menjadi jebakan paling ampuh untuk menarik perhatian mereka kemudian akan dilumat habis-habisan oleh si Tanaman Kendi Raksasa ini. Diameter mulutnya dapat mencapai 30 cm sehingga cukup besar untuk menelan seekor tikus yang kurang beruntung. Enzim-enzim dan asam-asam tajam membuat makhluk yang sudah masuk di tanaman ini hampir tidak mungkin melepaskan diri dan tinggal menunggu akhir hidupnya.

# Sering tumbuh di Taman-taman
Castor Bean Plant Ricinus Communis
Ricinus Communis di info-faktaunik.blogspot.com
Castor Bean Plant dapat dijumpai dengan mudah di taman-taman, meskipun faktanya tanaman ini memiliki racun ricin yang mematikan, seorang pakar tanaman beracun dan mematikan, Amy Stewart menanam tanaman ini di kebun tanaman beracun miliknya, dan masalahnya tidak ada orang yang berani mencabut atau memanennya kembali.

# Tanaman Paling Beracun di Amerika Utara
Western Water Hemlock : Cicuta douglasii
Cicuta douglasii di info-faktaunik.blogspot.com
PORTAL INFO UNIK-Tanaman ini mengandung racun cicutoxin, yaitu racun yang mampu menimbulkan ganggunan ketenangan yang parah, kehilangan kesadaran karena rusaknya jaringan otot hingga akhirnya meninggal dunia. Jika ditelusuri, sebenarnya tanaman berbahaya ini masih satu keluarga dengan tanaman wortel.

# Tanaman yang Telah Membunuh Ibu President Abraham Lincoln
White snakerooEupatorium Rugosum
Eupatorium rugosum di info-faktaunik.blogspot.com
Meminum susu dari sapi perah yang sebelumnya sempat memakan tanaman White snakeroot dapat sangat mematikan. Hal tersebut disebakan karena setiap bagian tanaman ini mengandung tremetol dan alkohol jenuh yang dapat menyebabkan kekejangan otot sebelum membunuh korban. Hal itu pula yang menyebabkan ibu Presiden Abraham Lincoln meninggal dunia. Tidak ada satupun orang yang tahu penyebab kematian tersebut sebelum abad ke 19, sampai akhirnya Depertemen Pertanian mengungkapkan penelitiannya.

# Tanaman Terbaik untuk Membunuh Tamu Makan Malam
Monkshood Aconitum napellus
Aconitum napellus di info-faktaunik.blogspot.com
Tanaman bewarna ungu ini tumbuh dengan racun alkaloid aconite yang dapat menyebabkan sesak dada. Ketika Ami Stewart kembali ditanya dampak terburuk apa yang dapat disebabkan, dia menjawab sekaligus bercanda yang kira-kira seperti ini “Silakan hidangkan sup monkshood dan tamu makan malam anda tidak akan pulang dengan selamat ”. :)
[source]