1/02/2013

Arti Bunyi Kode Beep

Seperti telah kita ketahui bahwa fungsi utama BIOS adalah melakukan POST ( Power On Self Test ), nah pada saat BIOS mendeteksi ada masalah pada salah satu komponen hardware yang dicek, maka BIOS akan mengeluarkan bunyi yang dikenal dengan istilah BEEP. Bunyi beep pada BIOS ini mengandung arti dan dapat kita gunakan untuk mempermudah troubleshooting kerusakan komputer.


Hal yang harus kita perhatikan agar dapat mendengar bunyi beep ini adalah dengan memastikan komponen speaker kecil atau buzzer telah terpasang pada motherboard. Salah satu bentuk speaker yang akan mengeluarkan bunyi beep tampak seperti pada gambar disamping.

Dibawah ini adalah beberapa arti dari bunyi beep BIOS jenis Award BIOS, dimana kebanyakan motherboard menggunakan jenis BIOS ini:

1 Beep Pendek

Bunyi beep pendek 1 kali merupakan bunyi beep yang sering kita dengar pada saat pertama kali komputer dihidupkan dan inilah kondisi normalnya, Bunyi beep pendek 1 kali menandakan tidak ada masalah dengan hardware yang telah dicek oleh BIOS.

1 Bunyi Panjang , 2 Beep Pendek

Satu beep panjang diikuti oleh dua beep pendek menunjukkan bahwa telah ada beberapa jenis kesalahan dengan kartu video. Mengganti kartu video biasanya yang paling Anda harus lakukan untuk memperbaiki ini satu.

1 Bunyi Panjang, 3 Beep Pendek

Satu beep panjang diikuti tiga beep pendek berarti bahwa baik kartu video tidak terpasang atau memori pada kartu video yang buruk. Cobalah untuk mengganti kartu video (VGA Card) untuk memperbaikinya.

1 Beep bernada tinggi, 1 Bunyi bernada rendah (Berulang)

Sebuah nada beep bernada tinggi diikuti nada beep bernada rendah merupakan indikasi adanya masalah pada CPU (Processor).  Biasanya terjadi overheating (panas berlebih) pada Processor atau kerusakan pada Processor  karena penyebab lainnya.

1 Beep bernada tinggi (Berulang)

Sebuah kode beep bernada tinggi yang berulang mengindikasikan kondisi Processor yang overheating. Segera matikan komputer pada saat mengetahui adanya overheating pada Processor ini karena kondisi overheat ini dapat merusak Processor.

Bunyi Beep lain

Bunyi beep berulang dan bunyi beep lainnya mengindikasikan adanya masalah pada memori. Untuk itu cobalah untuk mengganti memory (RAM) untuk memperbaikinya.
Itulah beberapa arti kode bunyi beep pada BIOS jenis AwardBIOS, apabila motherboard Anda menggunakan jenis BIOS yang lain maka arti kode beep ini mungkin tidak akan sama.
Sumber