Rabu, 09 Januari 2013

Cara Berkebun Sawit

Dengan rahmat tuhan yang maha esa.perkebunan kelapa sawit dewasa ini menjawab semua tantangan dalam hal perekonomian Dunia,Bangsa,perusahaan dan per orangan,Seiring dengan meningkat nya peminat kebun kelapa sawit kami mencoba membuat satu CATATAN PANDUAN INVESTASI KELAPA SAWIT.yang dapat menambah pengetahuan anda untuk mengenal lebih dekat tata cara ber kebun kelapa sawit dengan keinginan yang kuat serta dimotori rasa keingin dan ke suksesan anda dalam hal ini kami mencoba menerangkan sebagai berikut:


1.Sepesis tanaman sawit ;

1.Siapa menyangka tanaman hias ini bias menjadi prima dona menjadi pertanian ter vaforit sekarang ini:




2. Tidak heran bila pemerhati lingkungan dunia merasa perlu memperingatkan akan hutan tropis dunia sekarang ini menjadi  berkurang disebabkan gencarnya perkebunan sawit dunia.

NEGARA-NEGARA YANG LUAS AREA PERKEBUNAN SAWIT-NYA PENGHASIL CPO:





3.produksi tandan buah segar(TBS) Dari tiga jenis tanah ;
1.tanah tinggi/perbukitan
2.tanah rawa pasang surut/gambut tipis
3.tanah rawa pasang surut/gambut tebal


3.Tanaman sawit hampir tidak memilih tanah untuk ditumbuhi dalam menghasilkan tandan buah segar(TBS)
MENURUT PENELITIAN DIBAWAH INI :


4.di Indonesia secara data statistic
MENJADI NEGARA YANG BESAR DALAM PENGEMBANGAN PERKEBUNAN KELAPA SAWIT NYA. 

Perkebunan sawit di Indonesia sejak tahun 2001-2010 selalu meningkat TBS yang dihasilkan, seiring dengan perluasan lahan penanama dari seluruh nusantara.
Demikian pula dengan harga CPO yang selalu meningkat menjadikan bisnis faporit saat ini.
MENURUT PENELITIAN PRODUKSI KELAPA SAWIT INDONESIA DIBAHA INI:



Seiring dengan berkembang nya teknologi membuat bibit sawit unggulan semakin memudahkan masyarakat memilih
JENIS BIBIT SAWIT  MENURUT SELERA:




5.sebelum terjadi perkawinan silang    : 1.cangkang lebih teban dan daging tipis
                                                                2.daging tebal  dan cangkang lebih tipia
Setelah terjadi perkawinan silang         : hasil nya memuaskan dan dapat diterima oleh pengembang


5.Proses pembuatan kecambah sawit dalam penelitian begitu ketat dalam penyeleksian hingga selesai,biasa nya kecambah tersebut dimasukan dalam kantong atau kotak ..isi dalam satu bungkus/kotak 250butir,dan dikemas dalam peti kayu/kotak…sebanyak 40bungkus,dan didalam nya terdapat (NO register kantong/sertivikat) bibit tersebut,sebagai pemula haruslah berhati-hati dengan bibit palsu.


6.Bila pembebasan lahan telah selesai petani sawit harus melakukan pembibitan secara serentak atau ber tahap sesuwai keinginan dan kondisi lokasi tersebut,diawali dengan memilih salah satu merek dari prusahaan peneliti bibit sawit,ADA BERBAGAI MEREK:1.KOSTARICA 2.SOPINDO 3.MARIHAT 4.LONSUM DLL.,pilihlah salah satu merek tadi dengan cara mengetahui ke unggulan masing-masing sehingga anda dapat memilih bibit sesuai yang anda kehendaki. 


7.pembibitan dilakukan diawali dengan tahap:1. pembersihan lahan untuk lokasi,2. menyiapkan polibet kecil sesuai yang anda butuhkan, 4.tanah yang akan dimasukan kepolibet haruslah tanah yang baik dihancurkan dgn cara mencangkul,bila tanah dianggap kurang baik lakukan dng mencampurkan pupuk sesuwai takaran,setelah kecambah sawit di tanam harus disiram 2kali sehari dan harus membersihkan rumput disekitar sawit 3minggu sekali agar pertumbuhan bibit tidakterganggu rumput yang tumbuh.


8.bila bibit sawit sudah berumur 6.bln-12.bln maka diajurkan menganti polibit kecil menjadi polibet besar agar akar bibit tidak terlalusempit untuk berkembang sehinga bila masa penanaman akar bibit tidak terganggu,apabila akarbibit terganggu saat penanaman tanaman sawit akan panjang masa stress nya.lakukan penyeleksian bibit yang ada karma tidak semua bibit akan baik pertumbuhan nya ,bila terlihat bibit menguning /tidak sempurna seperti yanglain maka jgn sampai di tanam untuk menghindari non produksi.


9.biasa nya pembibitan harus bersamaan dengan pembukaan lahan sawit dengan cara membersihkan lahan tanam setelah dilakukan pemetaan/GPS/topografi  maka lahan akan dapat diketahui secara menyeluruh,biasa nya lahan tersebut ada beberapa kategori antaralain dataran rendah(pasang surut) dan tanah tinggi(perbukitan).
1.dataran rendah(rawa pasang surut) lakukan pembuatan tanggul untuk membendung air yang akan membajiri lokasi sehinga air tidak masuk ke lokasi kebun dan lakukan pembuatan parit/kanal yang dapat dialiri air sehingga 
dapat memper tahankan ketinggian permukaan air dari dasar tanah sehinga bibit sawit yang ditanam tidak terganggu perkembangan nya,ketingian permukaan tanah dari permukan air harus dipertahankan  antara 60-80cm.
2.dataran tinggi(perbukitan) lakukan topografi dilahan kemiringan yang curam sebelum pengusuran tanah(tingkatan),bila kemiringan tanah tidak terlalu curam maka tidak perlu melakukan tingkatan/perataan


10.pilihan alat berat yang pas untuk melakukan pembersihan lahan pasang surut(tanah rawa)exsavator dan untuk pembersihan lahan di tanah tinggi(bukit) bull doccer,sebelum pengolahan lahan memakai alat maka lakukan pemetaan lokasi  dan berika patok kayu atau aba-aba sehinga oprator tidak menjadi bingung.


11.dalam pembuatan kebunsawit akses jalan sangat dibutuhkan baik untuk pengangkutan logistic maupun hasil perkebunan,yang harus digaris bawahi adalam bila jalan akses kperkebunan baik maka dapat menekan pengeluaran kos yang tinggi dan begitupula sebalik nya,lakukan perawatan dan untuk tanah rawa(pasang surut) pemeliharaan kanal penghubung  dan tanggul penahan luapan air.


12.bila lokasi perkebunan sawit telah selesai pembersihan dan penataan lokasi lahan curam biasa dilakukan titik tanam seperti dibawah ini,tiba waktunya untuk melakukan pemancangan (letak batang sawit) jarak pancang satu ke pancang berikut nya ada beberapa pandangan yang menjadi pilihan anda antara lain =1. 8mx8m,2. 8mx9m,3. 9mx9m, dalam menentukan barisan ada dua pilihan matalima dan segi empat.


13.penanaman bibit kelapa sawit biasanya umur 18.bln – 24.bln dilakukan  lahan barutanam maupun penanaman ulang,dilakukan pelobangan lebar 40cm x 40cm. dan dalam 30cm - 40cm,jangan sampai terlalu dalam pemgalian karma humus tanah ada dipermukan tanah,usahakan tanah permukaan yang ditimbunkan ke bibit sawit baru tanam ,untuk lahan pasang surut sebelum penanaman biasa nya setelah dilobangi diberikan pupuk kapur untuk menghindari zat asam yang tinggi diamkan beberapa hari lalu lakukan penanaman






14.setelah penanaman ada factor penting untuk di waspadai adalah perusakan tanaman oleh hama yang tidak asinglagi nama nya:babi gajah dan tikus,untuk menghindari serangan binatang dan hewan ini untuk tanah rendah(pasang surut) dan tanah tinggi(perbukitan)coba lakukan alternative sebagai berikut pilihlah menurut anda yang paling baik = 1.melakukan pengalian/parit gajah disekelililng lahan/batas tanah, 2.lakukan penyetroman dengan membentangkan kawat aliran listrik sekeliling areal perkebunan, 3.lakukan pengan dangan permanent dgn kayu atu kawat berduri, 4.lakukan penaburan racun keseluruh areal perkebunan agar binatang/hewan tersebut bila memakan nya akan keracunan dan mati,(husus hama tikus)+= biasanya lakukan penanaman bibit yang cukup besar batang nya(lingkar batang 40cm.) berkisar umur bibit 25-30bln.


16.bila masa tanam sudah selesai lakukan penanaman kacang-kacangan,dan pemupukan sudah harus diatur jadwal nya,dan lakukan pembersihanlahan dengan melakukan penebasan atau memakai racun kontak herbisida,dan lakukan pemantauwan bila ada yang pertumbuhan kurang baik atau mati atau jenis lain,lakukan penyulaman dengan segera agar tidak terlalu jauh perbandingan batang yang sudah hidup.gambar kebun sawitah ini termasuk lahan kebun yang terawat dengan baik.


15.gambar kebunsawit dibawah ini adalah kebunsawit yang tidak terawatt kurang pupuk,irigasi tidaklancar dan sawit tidak di bokor.jangan heran bila masa tanam anda mencapai 7thn hasil nya tetap tidak maksimal,dibandingkan yang terawatt 3thn akan menghasilkan buah yang baik.


16.sawit yang produktif akan memunculkan bunga dan dari sana lah terjadi pemisahan jenis jantan dan betina,bunga betina adalah bakal calon tandan buah segar(TBS) dan bunga jantan menyebarkan serbuk nya melalui angina untuk melakukan perkawinan dan tidak akan menjadi tandan buah segar(TBS) oleh karma itu dalamsatu kapling 2htr tidak lebih dari 10-15 batang,karma megganggu target produksi (TBS)


17. tandan buah segar yang baik tidak terlepas dari perawatan kebun sawit yang baik pula,investasi di perkebunan sawit dibutuhkan kesabaran dan ketekunan dalam mengolah dan loyalitas kita terhadap kebun yang ter ukur dan ter arah.


18.dalam memanen buah sawit(TBS) dibutuhkan alat antara lain yang:yang terlihat oleh gambar…sejenis seperti tombak namun dimatanya melebar seperti kampak lebar 15cm.alat ini biasa dilakukan umur 3thn-15thn dan adalagi seperti celurit uang cukupbesar deameter 70cm.100thn-25thn dan adalagi sejenis kampak alat ini biasa dipakai 5thn-10thn,namun ratarata bermata tipis agar lebih tajam.


19.sarat buah (TBS)biasa nya tergantung pada keinginan setandar yang disepakati,namun rata-rata memakai standar seperti berikut: warna merah kekuning kuningan dan harus diperhatikan tanda masak nya tandan sawit ada biji sawit yang jatuh dari batang 2-3 butir untuk yang layak panen seperti gambar dibawah,untuk mengankut kesatutempat haruslah diputuskan tempat dimana mudah terjangkau oleh kendaraan pengankut buah,tapi sebelum nya untuk pengangkutan dari batang kebatang biasanya diangkut oleh angro/angkong bisajuga sejenis gerobak untuk dikumpulkan jadi satu tempat dan akan ditimbang secara manual.





20.bila sudah terkumpul dan sudah ditimbang biasanya kendaraanpun datang untuk memuat (TBS) tersebut dan menghantar kan ke pabrik kelapa sawit(PKS)disinilah membuktikan harusnya ada jalan belok-belok selain jalan setral yang harus dibuat agar tidak sulit dalam pengangkutan buah untuk dibawa kepabrik.


21.biasanya jalan setral sawit cukup bagus untuk menghubungkan ke jalan utama agarlebih mudah mencapai pabrik terdekat,untuk menerapkan keamanan biasa pula dilakukan pengamanan dalam lingkungan perkebunan dan membuat PORTAL dipintu-pintu masuk dan bias juga dipersimpangan,haltersebut untuk menghidari pencurian buah secara berkelompok. 


22.untuk meningkatkan hasil perkebunan dan memperbesar usaha anda bisapula mendirikan (PKS)pabrik kelapa sawit bila menurut anda mampu untuk mengelolanya atau memungkinkan,seiring dengan perkembangan jaman sekarang telah muncul (PKS MINI) dalam hal ini dapat terjangkau oleh kelompok/koprasi/perorangan,yang mana hasil dan produksinya tidak kalah kuwalitas dibandingkan (PKS)super.

Demikian lah yang dapat kami britahukan untuk cara-cara berkebunsawit,semoga anda mendapatkan petunjuk
Untuk mengungkapkan tiori-teori yang dapat menjadi rahasia pelaksanaan kami tidak dapat sebutkan secara terinci.salam dari saya .(anak petani kebun sawit)

BERIKUT DIBAWAH INI ANALISA (PKS mini) semoga mendapat insfirasi
-----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
1              .PKS mini. BISNIS TEPAT SAAT INI.
·  Pabrik kelapa sawit (PKS) mini merupakan salah satu teknologi alternatif pengolahan kelapa sawit dengan kapasitas 0,5-1 ton TBS/jam. PKS mini dirancang khusus untuk perkebunan kelapa sawit dengan luas 160-300 ha. PKS mini sangat mudah dioperasikan, hanya memerlukan tenaga kerja 6 orang/shift, menggunakan limbah sawit sebagai bahan bakar, dan hanya memerlukan lahan 2.500 m2.
·  PKS M-1000 terdiri atas delapan unit peralatan pengolahan, yaitu satu unit boiler yang mampu menghasilkan 600 kg uap/jam dengan tekanan 3 kg/cm, dua unit steriliser, satu unit thresher dengankapasitas 1.000 kg TBS/jam, satu unit double screw press mini, satu unit tangki klarifikasi dengan kapasitas 1.200 liter, satu unit tangki penampung minyak, satu unit deperikarper dengan kapasitas 200 kg biji+serat/jam, serta satu unit nut cracker dengan kapasitas 500 kg biji/jam.
·  Dengan biaya investasi PKS M-1000 sebesar Rp1,5 miliar, biaya pengolahan TBS menjadi crude palm oil (CPO) adalah Rp368,23/kg TBS dengan asumsi harga CPO Rp3.150/kg, inti Rp1.675/kg dan harga beli TBS Rp567,4/kg. PKS Mi-1000 secara ekonomis layak diusahakan dengan parameter ekonomi sebagai berikut: IRR= 24,78%; B/C= 1,18; NPV= Rp708.305.000; payback period= 3 tahun.
·  Sasaran pengembangan PKS M-1000 adalah kelompok pekebun kecil kelapa sawit swadana, usaha perkebunan besar skala kecil, dan usaha perkebunan skala menengah yang ongkos angkut TBS ke PKS lebih dari Rp75/kg TBS.
·  Manfaat yang diperoleh petani kelapa sawit dengan adanya PKS M-1000 adalah petani lebih mudah melakukan pemasaran TBS, harga TBS yang dihasilkan petani menjadi bersaing sehingga pendapatanpetani bertambah. Selain itu, tandang kosong sawit (TKS) yang merupakan limbah padat PKS dapat dimanfaatkan sebagai bahan organik.

23.gambar lapangan


24.gambar alat pabrik mini


22.gambar alat pabrik mini
23.gambar alat pabrik mini


24.gambar alat pabrik mini


25.gambar alat pabrik mini


26.gambar alat pabrik mini


27.gambar alat pabrik mini.



28.gambar alat pakrik mini




39.gambar alat pabrik mini


13.gambar alat pabrik mini (POTO.PKS.MINI)






RINCIAN PERMODALAN YANG DAPAT ANDA LIHAT DIBAWAH INI APABILA TERJADI PERUBAHAN HARGA MAKA AKAN TETAP SEINBANG DENGAN YANG SUDAH DIPERHITUNGKAN DIBAWAH INI.
------------------------------------------------------------------------------------------------------------



Sumber

Comments
0 Comments

0 komentar:

Poskan Komentar

Tolong tinggalkan sedikit komentar untuk koreksi blog ini.
Harap tidak memberikan komentar yang mengandung unsur:
1. Sara dan pornografi
2. Spam Content (Konten Sampah)
3. Penghinaan dan Pelecehan