1/15/2013

Cara Memilih Modem Yang Baik


cara memilih modem yang baik
Pengertian modem telah kami bahas dalam artikel yang telah lalu. Fungsi modem adalah sebagai alat komunikasi, umumnya menyambungkan komputer ke dunia internet. Modem dibagi menjadi dua macam, yakni modem dengan sambungan koneksi kabel dan modem dengan sambungan koneksi gelombang elektromagnetik atau wireless. Kedua alat ini tentu memiliki kelemahan dan kelebihan masing-masing sehingga tidak ada modem yang benar-benar bagus, semua adalah sesuai kebutuhan dan kemampuan.

Cara memilih modem yang baik

Cara memilih modem yang baik, seperti yang telah disebutkan diatas tentu saja disesuaikan dengan kebutuhan anda. Sebelumnya anda harus memilih dahulu operator atau penyedia jasa internet apa yang akan anda pakai jasanya. Dari situ kita dapat menentukan modem apa yang cocok dengan ketentuan tersebut. Beberapa tips memilih modem antara lain:
  1. Ada baiknya sebelum memilih modem dan menentukan penyedia jasa internet, kita harus paham terlebih dahulu apa manfaat dan fungsi kita melakukan sambungan internet. Apakah hanya untuk bersenang-senang, bekerja atau bisnis. Selain itu yang terpenting adalah berapa lama kita menggunakan internet dalam sehari. Perhitungan ini akan memudahkan kita memilih penyedia jasa internetd an sekaligus modem yang dibutuhkan.
  2. Sebaiknya lakukan uji coba sebelum membeli suatu jenis modem dan berlangganan pada penyedia jasa internet. Hal ini utamanya adalah pada modem wireless. Dimana ada suatu daerah yang tidak mendapatkan sinyal atau mendapatkan sinyal dengan kualitas yang buruk. Ketika digunakan untuk terkoneksi ke internet tentu saja sangan buruk sekali. Cara yang sederhana adalah mencari pengguna jasa operator tersebut di sekitar anda, dalam radius 500 meter.
  3. Merek dan jenis modem tidak berpengaruh terhadap aplikasi komputer yang dijalankan. Jangan percaya terhadap iklan-iklan yang kadang menyesatkan. Aplikasi tidak bergantung pada modem, namun koneksi modem tersebut dengan internet, itu bila aplikasinya menggunakan internet. Memilih modem tentu saja bukan dengan melihat mereknya, namun kinerja modem tersebut. Yang perlu anda teliti adalah kecocokan modem dengan sistem operasi yang anda gunakan.
memilih modem
Memilih modem yang baik tentu saja mempertimbangkan jenis layanan yang digunakan oleh operator. Di Indonesia sendiri terdiri dari dua macam sistem, yakni CDMA dan GSM. Masing-masing memiliki jenis modem yang berbeda dan berjalan pada frekuensi yang berbeda. CDMA dengan EVDO berjalan pada frekuensi 800 Mhz dan 1900 Mhz, sedangkan GSM dengan HSDPA berjalan di frekuensi 2100 Mhz. Tentu saja ini akan membuat jenis modemnya berbeda. Selain jenis modem berbeda, masing-masing operator juga memiliki skema tarif dan perhitungan waktu yang berbeda. Anda bisa menanyakan pada orang yang lebih paham tentang skema tarif tersebut lalu membandingkannya.
Demikian ulasan singkat kami tentang memilih modem yang baik. Semoga bermanfaat.
[source]

Comments
0 Comments

0 comments:

Post a Comment

Tolong tinggalkan sedikit komentar untuk koreksi blog ini.
Harap tidak memberikan komentar :
1. Sara dan pornografi
2. Spam Content (Konten Sampah)
3. Penghinaan dan Pelecehan
4. OOT (Out Of Topic)