1/28/2013

Cara Mengganti Template di Blogspot atau Blogger


Mungkin buat Sobat-sobat yang sudah mahir dalam dunia blog, Cara Mengganti Template ini tidak akan menemukan kesulitan yang berarti. Namun siapa tau masih banyak para Sobat Blogger yang belum mengetahui dengan jelas Cara Mengganti Template di Blogspot atau Blogger. Okelah Kalau begitu kita Langsung ke topik utama.

Cara Mengganti Template di Blogspot atau Blogger ada dua (2) cara, yaitumengganti template dengan template yang disediakan blogspot, atau mengganti template dengan template yang didapat dari penyedia template kita Berikut ulasannya :

Mengganti Template dengan Template yang disediakan blogger

Berikut cara-cara untuk mengganti template dengan template yang telah disediakan blogger:

1. Silahkan login ke blogger dengan ID anda.
2. Klik Rancangan.
Rancangan template blog

3. Klik menu Perancang Template. Selanjutnya akan muncul jendela perancang template blogger.

4. Klik pada pilihan template yang tersedia. Selain itu, anda dapat pula memilih background atau gambar latar belakang dari template tersebut. Jika sudah cocok dengan salah satu template, klik APPLY TO BLOG.

5. selesai


Mengganti Template dengan template dari penyedia template 

Berikut cara-cara untuk mengganti template dengan template dari penyedia template :
1. Download terlebih dahulu template yang anda sukai pada website penyedia template blog gratis. Salah satu contoh anda bisa download di blogger templates.

2. File template yang didownload, biasanya masih dalam bentuk terkompresi (zip atau rar), oleh karenanya anda perlu mengekstrak atau menguraikan file tersebut dengan software ekstraktor seperti WinZip atau WinRar, Namun jika anda tidak memiliki software tersebut, anda bisa mengekstraknya secara online di Wobzip.


3. Yang nanti di upload atau di unggah ke blogger hanyalah file yang berekstensi .xml.
4. Silahkan login ke blogger dengan ID anda.
5. Klik Rancangan.

6. Klik menu Edit HTML.

7. Disarankan untuk membuat backup terlebih dahulu, klik pada tulisan Download Template Lengkap.

8. Klik tombol Browse.., pilih file template yang tadi didownload dan telah diekstrak ( file ekstensi .xml saja ). Kemudian klik tombol Unggah.

9. Ada tulisan-tulisan berwarna merah. Maksudnya adalah sebagai peringatan apakah anda Mau menghapus widget dari template sebelumnya atau tidak. Jika mau Menghapus klik tombol HAPUS WIDGET. Jika tidak mau menghapus Klik sajaPERTAHANKAN WIDGET..

10. Template berhasil diganti jika sudah ada tulisan seperti di bawah ini.


Selamat template anda telah berhasil diganti. Dan selamat dengan wajah blog anda yang baru . Semoga semakin semangat ngeblognya.....

[source]