1/02/2013

Cara Menyembunyikan dan Mengunci Sebuah Folder di Windows tanpa Memakai Software atau Aplikasi Tambahan

Komputer terkadang dipenuhi dengan file penting yang tak ingin diketahui oleh orang lain. Oleh karena itu banyak orang yang ingin melakukan pengamanan lebih terhadap folder-folder tertentu di komputer mereka.





File-file penting tersebut pun bervariasi. Dari file dokumen yang berisi tentang pekerjaan atau file gambar dan video yang tak ingin Anda perlihatkan kepada orang lain. Andapun kadang mengunduh sebuah aplikasi untuk melakukan hal tersebut. Namun, Anda juga ternyata bisa melakukan hal tersebut tanpa melakukan instalasi program apapun. Anda hanya butuh mengikuti langkah berikut:
1. Buka Notepad dan salin kode di bawah ini. Untuk versi .doc, Anda bisa klik di sini.





2. Selanjutnya, Anda bisa mengganti password pada kalimat ‘type your password here’ dengan password yang Anda inginkan.
3. Simpan file ini dengan nama file dengan ekstensi .bat
4. Setelah itu, klik file .bat tersebut, maka akan muncul sebuah file dengan nama Locker pada folder tempat file .bat berada.




5. Untuk menyembunyikan file, Anda tinggal memasukkan file pribadi Anda ke file Locker tersebut. Setelah itu, kalau Anda ingin mengunci dan menyembunyikannya, Anda tinggal klik sekali lagi file .bat, maka akan muncul gambar berikut, dan ketik y.



6. Kalau Anda ingin menampilkan folder Locker, Anda tinggal klik lagi file .bat, maka akan muncul permintaan untuk memasukkan password.
Selamat mencoba!
Sumber

Comments
0 Comments

0 comments:

Post a Comment

Tolong tinggalkan sedikit komentar untuk koreksi blog ini.
Harap tidak memberikan komentar :
1. Sara dan pornografi
2. Spam Content (Konten Sampah)
3. Penghinaan dan Pelecehan
4. OOT (Out Of Topic)