1/16/2013

Jenis-jenis Penyakit di Sistem Komputer dan Antisipasinya

Berkomputer terasa nyaman jika tidak ada permasalahan dan gangguan di komputer Anda. Namun, error atau kesalahan-kesalahan kadang timbul di luar dugaan. Jika sudah demikian, maka waktu, pikiran, dan tenaga kita tersita untuk menanganinya. Sebelum itu terjadi, berikut beberapa jenis penyakit yang sering menghinggapi sistem komputer yang perlu Anda ketahui dan troubleshooting-nya.



  • Bug : Permasalahan ditimbulkan dari kesalahan pemrograman di suatu aplikasi komputer. Gejalanya aplikasi tersebut secara umum bisa digunakan secara normal, namun tiba-tiba bermasalah setiap kali digunakan untuk melakukan tugas tertentu. Pemecahan masalah bisa dilakukan dengan mengupdate atau menginstal ulang program bermasalah tersebut dengan versi yang lebih baru, di mana kemungkinan permasalahan sudah dilaporkan dan dikoreksi di versi terbaru.
  • Spam : Permasalahan ditimbulkan dari banyaknya email yang masuk ke akun email pengguna. Kehadirannya bisa karena keteledoran kita sendiri yang terlalu mengumbar menyajikan informasi tentang alamat email kita di internet, atau memang sang pengirim mendapatkannya dari sumber pihak ketiga. Gejalanya, banyak pesan email dari pengirim tak dikenal yang ikut terdownload ketika email diakses via program email client. Pemecahannya update program email client Anda, blokir pengirim dari fitur email Anda, gunakan program mail scanner atau antivirus yang memiliki fitur scan email.
  • Virus: Permasalahan ditimbulkan dari program jahat yang bisa menggandakan diri dan menyebarkan diri ke komputer lain dengan cara menempel pada file program atau data komputer. Biasanya kehadirannya disebabkan karena pertukaran data, baik melalui media simpan eksternal (misalnya flash disk) atau melalui internet. Gejalanya komputer terasa lebih lambat dari biasanya, banyak file yang rusak, bahkan kadang me-restart sendiri. Pemecahan masalahnya adalah dengan membersihkan komputer menggunakan anti virus yang memiliki database up to date. Jika sudah parah, maka cara paling efektif adalah dengan menginstal ulang komputer.
  • Worm : Hampir serupa virus, bedanya program jahat jenis worm bisa berdiri sendiri, tidak perlu menempel pada file lain. Biasanya kehadiran worm terpicu oleh komputer yang terkoneksi ke jaringan atau internet. Gejalanya, penggunaan bandwidth jaringan sangat tinggi meskipun Anda tidak banyak beraktivitas di jaringan komputer atau internet. Pemecahan masalah bisa dilakukan dengan mengaktifkan firewall atau menginstal firewall alternatif untuk memblokir aktivitas worm. Anti virus dewasa ini juga sudah bisa digunakan untuk membersihkan worm. 
  • Trojan horse : Permasalahan ditimbulkan dari program jahat yang disamarkan pembuatnya sebagai software 'biasa'. Trojan umumnya digunakan seorang hacker untuk mendapatkan akses secara remote ke sistem komputer korbannya. Biasanya kehadiran trojan bersumber dari file tidak jelas yang didownload dari internet. Gejalanya, di komputer terinstal program-program yang tidak Anda ketahui sumber dan kegunaannya, data atau informasi pribadi Anda tiba-tiba diketahui orang atau digunakan untuk menyebar spam, atau komputer sering mengalami hang/crash. Pemecahan masalah bisa dilakukan seperti pada worm, yaitu dengan mengaktifkan firewall dan membersihkannya menggunakan antivirus yang up to date.
  • Spyware : Permasalahan ditimbulkan dari program yang dirancang untuk memata-matai kebiasaan berinternet penggunanya, dan mencuri informasi login hingga data akun perbankan / kartu kredit dari penggunanya. Kehadiran spyware biasanya karena disertakan pada instalasi program lain. Gejalanya, web browser sering mengalihkan lokasi situs yang sedang diakses, dan koneksi internet terasa lambat. Pemecahan masalah bisa dilakukan dengan melacak dan membersihkannya dengan anti-spyware atau antivirus yang memiliki fasilitas deteksi spyware.
  • Adware : Permasalahan ditimbulkan oleh program yang dirancang untuk selalu menampilkan iklan tertentu. Iklan tersebut ujung-ujungnya akan memberi penghasilan pada pembuatnya. Kehadiran adware bisa dipicu oleh penggunaan program trial atau shareware. Gejalanya berupa selalu munculnya tampilan jendela pop-up yang menjengkelkan, berisi iklan-iklan tertentu. Pemecahannya adalah menggunakan program anti-spyware atau anti-virus.
  • Rootkit : Permasalahan yang disebabkan oleh program yang didesain untuk melakukan proses secara tersembunyi dengan menggunakan hak administrator atau root. Gejalanya komputer terasa lambat meskipun tidak banyak digunakan untuk beraktivitas. Rootkit merupakan penyakit yang paling susah disembuhkan dan pemecahannya kemungkinan hanya bisa diselesaikan dengan instalasi ulang sistem komputer.
  • Hang/freeze : Permasalahan ditimbulkan oleh kerusakan hardware atau software. Gejalanya komputer tampak hidup namun tidak bisa merespon perintah dari keyboard atau mouse. Pemecahannya dengan mencoba merestart komputer. Jika terjadi hang kembali, maka coba ingat saat menjalankan proses apa komputer menjadi hang karena mungkin saja proses tersebut menyita memori sampai melewati batas. Coba juga memeriksa apakah kartu memori dan harddisk perlu ditambah, atau sudah aus dan perlu diganti.
  • Crash : Permasalahan yang disebabkan oleh komputer yang gagal memproses atau menjalankan instruksi tertentu, karena bug pada software, atau akibat aktivitas program jahat yang ada di komputer. Gejalanya program tiba-tiba menutup sendiri atau komputer tiba-tiba melakukan shut down sendiri. Pemecahannya adalah dengan mencari sumber penyebabnya, apakah karena bug pada program atau adanya program jahat. 
[source]

Comments
0 Comments

0 comments:

Post a Comment

Tolong tinggalkan sedikit komentar untuk koreksi blog ini.
Harap tidak memberikan komentar :
1. Sara dan pornografi
2. Spam Content (Konten Sampah)
3. Penghinaan dan Pelecehan
4. OOT (Out Of Topic)