1/16/2013

Mendaftarkan Website dan Blog di Penjejak.com

Apakah Anda sudah tahu jika sekarang ada Mesin Pencari buatan Indonesia? Ya, namanya Penjejak.com. Situs pencarian ini merupakan situs pencarian lokal, yang hanya mengindeks situs web dan blog berbahasa Indonesia yang telah lolos seleksi saja. Tentunya, kualitas hasil pencarian diharapkan menjadi lebih tepat sasaran dan sesuai dengan apa yang diinginkan pencari. Lantas, apakah website atau blog Anda sudah terindeks dan muncul di halaman hasil pencarian search engine Penjejak? Berikut petunjuk langkah untuk memastikan website atau blog Anda terindeks oleh Penjejak.



Mesin Pencari Penjejak.com
Mesin Pencari Penjejak.com

Memeriksa Status Website atau Blog Anda


Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah menganalisa apakah website atau blog Anda sudah masuk di layanan Penjejak. Ada dua alternatif cara untuk memeriksanya:
  • Menelusuri Direktori Web Penjejak. Di sana tersaji daftar situs yang telah masuk ke layanan Penjejak. Mengingat ada ribuan situs yang terbagi dalam ratusan kategori, maka tentunya langkah ini terlalu memakan waktu.
  • Menggunakan fitur Analisis Web Penjejak. Cara ini lebih cepat dan praktis. Caranya klik menu Peralatan Analisis Situs. Pada kotak input yang tersedia, ketikkan nama domain Anda (misalnya:www.komputeran.com) atau nama subdomain Anda (misalnya:blogku.blogspot.com). Klik tombol Periksa Situs. Hasilnya akan tampil informasi apakah alamat situs Anda sudah terdaftar atau belum.
Analisis Web Penjejak.com
Pemeriksaan URL Situs atau Blog
Keterangan Status website Komputeran.com di Penjejak.com

Mendaftarkan URL Situs Web dan Blog


Jika pada langkah pertama ternyata website atau blog Anda belum terdata di layanan Penjejak.com, maka saatnya mendaftarkan URL situs web atau blog Anda di sana.
  1. Klik menu Daftarkan situs.
  2. Baca baik-baik syarat dan ketentuan yang tertera di sana, jika sudah memahami, silakan menuju ke bagian paling bawah halaman tersebut dan isi formulir secara lengkap.
  3. Setelah terisi semua data website Anda, klik tombol Daftarkan Situs.
  4. Selesai, Anda tinggal menunggu website Anda terdata, mungkin bisa dalam hitungan jam atau hari.
Pengisian Form Pendaftaran URL

Memantau Indeks Halaman Web


Untuk memantau apakah website atau blog yang Anda daftarkan sudah tercantum di Direktori Web dan muncul di halaman pencarian Penjejak.com, lakukan langkah:
  1. Periksa kembali situs Anda menggunakan fitur Analisis Web yang telah dijelaskan di atas.
  2. Jika situs sudah tercantum, maka sekarang periksa seberapa banyak halaman web Anda terindeks.
  3. Buka halaman utama Penjejak.com atau halaman lain yang terdapat kotak pencarian. 
  4. Pada kotak pencarian, ketikkan domain atau subdomain Anda, seperti saat melakukan pemeriksaan di Analisis Web.
  5. Jika tidak muncul, coba lagi dengan menambahkan atau membuang awalanwww. Pastikan juga Anda tidak menuliskan http://.
  6. Jika memang sudah terindeks, maka di sana akan muncul dua baris hasil dari situs Anda. Klik pada link [ Hasil lainnya dari namasitus.com ] di bawah baris hasil kedua.
  7. Kini Anda bisa melihat estimasi jumlah halaman terindeks dari keterangan di bagian atas: "Menampilkan hasil 1 hingga nnn yang sesuai". Nah, angka nnnitulah jumlahnya. 
Klik [Hasil lainnya...] untuk melihat seluruh link yang terindeks

Memasang Kotak Penjejak di Website dan Blog


Jika halaman web dari situs atau blog Anda sudah banyak yang terindeks di Penjejak, maka Anda bisa mengintegrasikannya ke website atau blog Anda dengan cara memasang kotak pencarian Penjejak di website atau blog. Cara kerjanya serupa dengan kode pencarian dari mesin pencari lainnya, seperti Google.
  1. Buka halaman Peralatan Kotak Pencarian
  2. Pilih kode kotak pencarian yang Anda sukai modelnya. Klik Salin Kodenyauntuk memperoleh baris HTML yang akan kita sisipkan di template website atau blog.
  3. Anda bisa mengatur hasil pencarian dan memodifikasi kotak pencarian seperti yang dicontohkan di sana. 
  4. Jika tidak ada yang perlu Anda ubah atau sudah selesai Anda modifikasi, sekarang sisipkan baris kode HTML tersebut ke website atau blog Anda. Sebagai contoh, di Blogspot Anda bisa menggunakan widgetHTML/JavaScript.
  5. Kini pengunjung web atau blog Anda dapat melakukan pencarian langsung dari kotak tersebut.
Kotak Pencarian untuk Dipasang di Blog atau Website Anda

Contoh hasil pemasangan dan cara kerja kotak pencarian Penjejak.com dapat Anda lihat di sidebar situs Komputeran.com ini. Selamat mencoba!
[source]

Comments
0 Comments

0 comments:

Post a Comment

Tolong tinggalkan sedikit komentar untuk koreksi blog ini.
Harap tidak memberikan komentar :
1. Sara dan pornografi
2. Spam Content (Konten Sampah)
3. Penghinaan dan Pelecehan
4. OOT (Out Of Topic)