1/16/2013

Mengenal FTP (File Transfer Protocol)

File Transfer Protocol (FTP) adalah salah satu protokol di internet yang memungkinkan pengguna internet melakukan pertukaran dan transfer file melalui sebuah server di internet. Melalui FTP, Anda dapat mengakses, mengupload, mendownload, dan mengelola file-file di server internet secara mudah.

File Transfer Protocol


Server FTP secara umum terbagi dalam dua jenis, yaitu anonymous FTP danauthenticate FTP. Pada server anonymous, Anda bebas mengakses server FTP dengan memakai username ‘anonymous’ dan password berupa alamat email Anda. Pada authenticate FTP, Anda tidak dapat mengakses server FTP jika tidak memiliki username dan password ke server tersebut. Jadi, hanya yang berhak yang bisa mengaksesnya.

Berikut daftar alamat server FTP anonymous terkenal :
  • ftp.microsoft.com
  • ftp.freshrpms.net
  • ftp.leo.org
  • ftp.mirror.nl
  • ftp.tiscali.de

Transfer file via FTP lazim digunakan dalam pengelolaan file hosting di internet. Selain itu, di internet juga banyak tersedia layanan download via akses FTP. Untuk mengaksesnya, Anda membutuhkan sebuah program bantu yang disebut dengan FTP Client. Melalui program jenis ini, download, upload, dan pengelolaan file di server internet menjadi mudah dan cepat seperti saat menggunakan program file manager di komputer lokal. Ada beragam software FTP Client, salah satu FTP Client yang populer adalah FileZilla. Cara penggunaannya bisa Anda pelajari pada posting berikutnya.

[source]