1/23/2013

Pengertian dan macam macam hardware



1. Pengertian Hardware

Hardware adalah "perangkat keras" yaitu komponen komponen yang ada pada komputer yang dapat dilihat, diraba dan dipegang secara langsung untuk mendukung proses komputerisasi.

Pada komputer terdapat komponen-komponen (hardware) yang merupakan suatu kesatuan, yang dimana satu dengan lainnya saling melengkapi. Apabila terjadi kerusakan pada satu komponen, akan mengakibatkan tidak sempurna-nya proses komputerisasi.

2. Macam-macam hardware

  • . Monitor




Monitor (layar tampilan) adalah layar yang menampilkan gambar dari hasil proses komputerisasi yang berupa sinyal elektronik. Monitor merupakan salah satu Output device.Yang menampilkan hasil atau preview. Monitor mempunyai beragam merek, dan tentunya tidak sedikit yang berbeda dari merek merek lainnya mulai dari ukuran, type, hingga Tingkat resolusinya yang merupakan penentu ketajaman tampilan layar.



  • . CPU




CPU (Central Processing Unit) yang biasa di sebut UPS (Unit Proses Sentral) merupakan suatu Unit kontrol yaitu komponen yang bertugas memahami dan melaksanakan perintah yang sudah di berikan kepadanya. Didalam CPU-lah terjadinya pemrosesan data yang kemudian menghasilkan data keluaran (output) berupa gambar atau data lainnya. 

ada beberapa tugas penting CPU
1. Mengatur dan mengendalikan alat-alat masukan (input) dan keluaran (output).
2. Mengambil data dari memori utama untuk diproses.
3. Mengirim instruksi ke ALU (unit yang bertugas untuk melakukan operasi aritmetika dan operasi logika berdasar instruksi yang ditentukan)bila ada perhitungan aritmatika atau perbandingan logika serta mengawasi kerja dari ALU.
4. Menyimpan hasil proses ke memori utama.
5. Mengambil instruksi-instruksi dari memori utama.

  • Keyboard



Keyboard (papan ketik) merupakan salah satu input device, merupakan alat yang tidak kalah pentingnya dalam komputerisasi. Keyboard berfungsi sebagai alat untuk memasukkan huruf-huruf dan angka-angka serta simbol simbol yang berguna bagi komputerisasi. Keyboard terbagi menjadi beberapa macam dan yang paling populer adalah keyboard QWERTY seperti gambar di samping. jenis lainnya DVORAK dan KLOCKENBERG. 


  • Mouse

Mouse merupakan salah satu input device yang sangat penting kegunaannya. Mouse merupakan alat untuk memberikan perintah kepada komputer secara cepat dan simple. Mouse yang berfungsi sebagai penggerak pointer(penunjuk) juga berguna sebagai pemindah cepat kursor, sebagai scroll dan banyak lagi fungsinya.



1 comment:

  1. saya mahasiswa dari Jurusan Informatika
    Artikel yang sangat menarik, bisa buat referensi ini ..
    terimakasih ya infonya :)

    ReplyDelete

Tolong tinggalkan sedikit komentar untuk koreksi blog ini.
Harap tidak memberikan komentar :
1. Sara dan pornografi
2. Spam Content (Konten Sampah)
3. Penghinaan dan Pelecehan
4. OOT (Out Of Topic)