1/29/2013

Pengertian Internet, Intranet dan Extranet


Pengertian Internet, Intranet dan Extranet menurut beberapa sumber terpercaya seperti wikipedia. Pengertian internet (Interconected Network) adalah kumpulan komputer yang saling terhubung membentuk sebuah jaringan yang menggunakan Standar Internet Protocol Suite (TCP/IP) untuk dapat saling berintaksi.
pengertian internet, pengertian intranet, pengertian extranet

Pengertian Internet, Intranet dan Extranet

Pengertian Internet menurut ilmu pengetahuan adalah sebuah perpustakaan besar yang kaya akan informasi dari yang terbaru maupun yang jadul. Informasi tersebut dapat berupa text, images, video atau yang lainnya yang berbentuk digital dan tentunya tiada batas akses untuk semua pengguna Internet.
Selain pengertian internet diatas, internet juga dapat diartikan sebagai alat atau sarana komunikasi melalui media Internet, misalkan : mengirim email, browsing, chating, video call dan masih contoh lainnya yang dapat Anda lakukan secara bebas dan nyaman hanya dengan Internet.
Pengertian Intranet adalah sebuah jaringan komputer berbasis protokol TCP/IP seperti internet hanya saja digunakan dalam internal perusahaan, kantor, bahkan warung internet (WARNET) pun dapat di kategorikan Intranet. Antar Intranet dapat saling berkomunikasi satu dengan yang lainnya melalui sambungan Internet yang memberikan tulang punggung komunikasi jarak jauh. Akan tetapi sebetulnya sebuah Intranet tidak perlu sambungan luar ke Internet untuk berfungsi secara benar. Intranet menggunakan semua protocol TCP/IP Protokol TCP/IP, alamat IP, dan protokol lainnya), klien dan juga server. Protokol HTTP dan beberapa protokol Internet lainnya (FTP, POP3, atau SMTP) umumnya merupakan komponen protokol yang sering digunakan. sebuah intranet dapat dipahami sebagai sebuah “versi pribadi dari jaringan Internet”, atau sebagai sebuah versi dari Internet yang dimiliki oleh sebuah organisasi.
Pengertian Extranet atau Ekstranet adalah jaringan pribadi yang menggunakan protokol internet dan sistem telekomunikasi publik untuk membagi sebagian informasi bisnis atau operasi secara aman kepada penyalur (supplier), penjual (vendor), mitra (partner), pelanggan dan lain-lain.
Extranet dapat juga diartikan sebagai intranet sebuah perusahaan yang dilebarkan bagi pengguna di luar perusahaan. Perusahaan yang membangun extranet dapat bertukar data bervolume besar dengan EDI (Electronic Data Interchange), berkolaborasi dengan perusahaan lain dalam suatu jaringan kerjasama dan lain-lain.
Demikianlah informasi tentang internet, intranet dan ekstranet semoga dapat bermanfaat