1/02/2013

Penyebab Blue Screen Dan Cara Mengatasinya




Bagi anda yang menggunakan Windows untuk sistem operasi, pastinya sudah pernah mengalami yang namanya Blue Screen.

Namun bagi anda yang belum pernah, saya ucapkan selamat aja deh!

Blue Screen bisa saja terjadi di komputer kita dengan berbagai macam sebab. Namun banyak orang yang mengetahui error yang menyebabkan Blue Screen disebabkan kerena ketidakcocokan driver saja, atau karena kelebihan beban memori yang digunakan. Namun ternyata, ada banyak kasus error yang terjadi yang dapat membuat Blue Screen muncul.
Berikut 10 jenis Blue Screen dan Penyebab nya :

RQL_NOT_LESS_OR_EQUAL (0X0000000A)

Error seperti ini memang sering muncul pada saat terjadi Blue Screen. Pesan kesalahan seperti ini biasanya terjadi karena ketidakcocokan driver yang terinstal di komputer anda.

Penyebabnya :
1. Driver yang bentrok atau tidak cocok
2. Permasalahan pada Video Card. Video Card disini mencakup Video Card yang melebihi batas overclock atau anda baru mengganti Video card dan belum meng-uninstall driver Video Card lama dari chipset berbeda.
3. Permasalahan pada Audio Card, meliputi kesalahan konfigurasi atau bug dalam driver Sound Card

* NTFS_FILE_SYSTEM atau FAT_FILE_SYSTEM (0X00000024) atau (0X00000023)

Pesan error seperti ini setidaknya sudah sedikit memberikan gambaran di mana kerusakan berada, yaitu ada di partisi atau filesystemnya tetapi bukan di harddisknya.

Anda bisa melakukan pengecekan dengan memeriksa kabel SATA atau PATA atau bisa mengecek partisi dengan tool chkdsk.

* UNEXPECTED_KERNEL_MODE_TRAP (0X0000007F)

Bila Anda mendapati muncul pesan error seperti ini. Hal itu dapat disebabkan karena:

1. Overclock Hardware yang berlebihan
2. Komponen komputer yang terlalu panas
3. BIOS yang corrupt
4. Memory dan CPU yang cacat

* DATA_BUS_ERROR

Pesan error ini disebabkan karena adanya kemungkinan bahwa memory atau slot memory di motherboard milik anda rusak. Jadi, coba untuk memeriksa memori dan slot memory anda masing-masing.

* PAGE_FAULT_IN_NONPAGED_AREA

Pesan error seperti ini mungkin disebabkan karena adanya kerusakan hardware, termasuk memory utama, memory video card, atau memory di processor (L2 Cache).

* INACCESSIBLE_BOOT_DEVICE

Pesan error ini disebabkan karena adanya kesalahan dalam konfigurasi jumper harddisk yang salah, virus boot sector, driver IDE controller yang salah, atau kesalahan driver Chipset.

* VIDEO_DRIVER_INIT_FAILURE

Pesan error ini disebabkan karena adanya kesalahan terjadi pada instalasi driver Video Card yang kurang sempurna, restart pada saat instalasi atau juga dapat terjadi karena kesalahan dalam instalasi driver.

* BAD_POOL_CALLER

Pesan error ini disebabkan karena adanya kesalahan driver yang tidak kompatibel. Sering terjadi saat melakukan instalasi XP dari upgrade, atau bukan dari instalasi baru.

* PEN_LIST_CORRUPT

Pesan error ini disebabkan karena adanya kerusakan RAM.

* MACHINE_CHECK_EXCEPTION

Pesan error ini disebabkan oleh cacatnya CPU, atau yang di overclock secara agresif, serta power supply yang kekurangan daya atau rusak.

Sekian dan Terimakasih

Sumber