1/02/2013

Sejarah Awal Penamaan Sistem Operasi Apple/Mac OS


Bila dulu sudah pernah saya sampaikan tentang sejarah awal sistem operasi windows, nah kali ini saya coba untuk menjelaskan kepada teman-teman tentang sejarah awal dari sistem operasi apple (Mac OS). Langsung aja deh ke intinya.

System 1 – System 7.5
Sistem operasi apple yang diperuntukan untuk PC Maintosh juga memiliki penamaan tersendiri. Dibandingkan dengan Windows, Apple menerapkan konsep yang lebih sederhana dimana setiap perkembangan versi OS yang dilakukan hanya menggunakan skema penomoran biasa. Untuk versi OS baru yang melibatkan perubahan mayor, nomor versi yang digunakan selalu ditambahkan dengan satu nomor dari versi yang sebelumnya.
Sedangkan untuk OS dengan perubahan minor, skema penomoran direvisi dengan penambahan angka sejumlah 0.1. Konsep penamaan ini terus dipakai hingga versi 7.5 sebelum pada akhirnya pemakaian kata “System” diganti dengan “Mac OS” untuk alasan brand pemasaran.

Mac OS 8 – 10
Mac OS versi 8 dirilis pada tahun 1997, tidak lama setelah Steve Jobs kembali bekerja untuk Apple. Mac OS 8 seharusnya memiliki nama Mac OS 7.7, tetapi penamaannya diubah dengan versi 8 setelah Apple menghentikan pemasaran lisensi pihak ketiga untuk System 7 serta untuk mematikan pasar klon Macintosh. Apple berhasil menjual sekitar 1,2 juta copy dalam waktu 2 minggu pertamanya kemudian berhasil menembus 3 juta copy dalam kurun waktu 6 bulan dan masih terus bergerak ke angka yang lebih besar lagi.
Beberapa perbaikan minor yang terjadi pada Mac OS 8 antara lain perbaikan pada fiturHierarchical File System (HFS Plus) dengan diluncurkannya Mac OS 8.1. Mac OS 8.5 adalah versi pertama dari Mac OS 8 yang menggunakan teknologi processor Power PC. Pada Mac OS 8.6 terjadi perubahan fitur teknologi nano kernel serta dukungan multiprocessing support pada komponen processor PowerPC G64 yang digunakannya.
Mac OS 9, dirilis pada 1999 dikenal sebagai Mac OS klasik yang terakhir. Dengan penambahan fitur dukungan jaringan nirkabel di bandara, Mac OS 9 telah mengimplementasikan multiuser, peningkatan peforma dari mesin pencari Sherlock-nya serta perbaikan dari segi manajemen memory-nya. Rilis terakhir untuk versi Mac OS 9 mencapai pada versi Mac OS 9.2.2.
Mac OS versi 10 atau lebih dikenal Mac OSX (baca, Mac OS ten) menjadi versi Mac OS pertama berbasiskan Unix yang dibangun dengan teknologi dari perusahaan NeXT yang didirikan oleh Steve Jobs, yang kemudian dibeli oleh Apple. Setiap versi minor dari Mac OSX ini menyertakan nama-nama yang diambil dari keluarga “kucing besar” seperti Mac OS 10.0 dengan kode “Cheetah”, Mac OS 10.1“Puma”, Mac OS 10.2 “Jaguar”, Mac OS 10.3 “Phanter”, Mas OS 10.4 “Leopard”.
            Pemberian nama-nama tersebut terinspirasi dengan penamaan kendaraan militer bersenjataNAZI jerman pada masa kepimpinan Adofl Hitler
Sumber

2 comments:

  1. saya mahasiswa dari Jurusan Informatika
    Artikel yang sangat menarik, bisa buat referensi ini ..
    terimakasih ya infonya :)

    ReplyDelete

Tolong tinggalkan sedikit komentar untuk koreksi blog ini.
Harap tidak memberikan komentar :
1. Sara dan pornografi
2. Spam Content (Konten Sampah)
3. Penghinaan dan Pelecehan
4. OOT (Out Of Topic)