1/03/2013

Sepeda Wireless Pertama Di Dunia



Sebuah perusahaan bernama Daymark menciptakan sepeda tanpa kawat rem dan kawat pngganti gear. Sebagai gantinya, semua kegiatan pengereman dan penggantian gigi dikontrol dengan menggunakan wireless 2.4 Ghz! Walaupun menyimpan fungsi yang krusial, kabel seringkali menjadi penghalang gerak kita dalam menggunakan sebuah alat.

Keberadaannya juga dapat mengurangi kecantikan penampilan alat tersebut. Misalnya kabel rem, roda gigi, dan kabel motor listrik yang terlilit di bagian luar rangka sepeda elektrik. Beberapa produsen telah menyembunyikan kabel-kabel tersebut di dalam rangka sepeda, tetapi yang dilakukan oleh Daymak Inc. jauh lebih menarik.
Produsen sepeda elektrik yang berbasis di kota Toronto ini mengklaim telah menciptakan sepeda elektrik wireless pertama di dunia. Sepeda elektrik yang diberi nama Shadow Ebike ini tidak memiliki kabel roda gigi dan rem, bahkan kabel motor listriknya pun tidak ada yang terlihat di luar rangka sepeda.
Pedal dan kecepatan sepeda semuanya dikontrol secara wireless melalui sistem Daymak Drive. Untuk meminimalkan terjadinya gangguan, Daymak Inc. menggunakan teknologi frequency-hopping spread spectrum ISM 2.4 GHz wireless.
Semua kabel listrik, motor elektrik, baterai lithium polymer, dan sistem Daymak Drive sepeda Shadow Ebike tersembunyi di dalam roda depan yang ditutupi oleh rangka berdesain khusus. Ketika pengguna mengerem, sebuah sistem dalam sepeda tersebut akan mengirimkan aliran listrik kembali ke baterai.
Satu hal yang lebih menarik lagi, sepeda ini juga dilengkapi dengan port USB yang dapat digunakan untuk mengisi ulang daya baterai perangkat mobile pengguna. Shadow Ebike tersedia dalam dua pilihan motor elektrik, 250W atau 350W, dengan baterai lithium-ion 10Ah bertegangan 36V.
Baterai ini dapat menghasilkan tenaga listrik untuk berjalan sekitar 25 hingga 40 kilometer, tergantung kepada kombinasi penggunaan motor dan pedal sepeda. Pengisian ulang daya baterai Shadow Ebike memakan waktu sekitar 5 jam. Daymak menjual sepeda elektrik wireless ini dengan harga USD 1,999
Sumber

Comments
0 Comments

0 comments:

Post a Comment

Tolong tinggalkan sedikit komentar untuk koreksi blog ini.
Harap tidak memberikan komentar :
1. Sara dan pornografi
2. Spam Content (Konten Sampah)
3. Penghinaan dan Pelecehan
4. OOT (Out Of Topic)