1/15/2013

Tips Memilih Casing PC



Ada banyak pilihan casing di pasaran sekarang ini. Pilihan itu dibedakan mulai dari harga, bentuk, warna beberapa fitur yang membuat kita sulit untuk memilih yang mana. Namun tenang saja, kami memiliki tips untuk memilih casing, yakni berdasarkan hal-hal berikut ini:
  1. Ukuran casing yang sesuai
Sesuaikan ukuran casing dengan ukuran komponen yang anda miliki. Anda harus membeli casing komputer dengan ukuran yang tepat, tidak terlalu kecil. Jika casing terlalu kecil maka komponen di dalamnya bisa berjubel dan mudah kepanasan karena sirkulasi udara yang tidak lancar.
  1. Merek power supply dan casing
Pastikan power supply dan casing diproduksi oleh perusahaan yang sama. Biasanya casing dan power supply ini adalah satu paket. Namun pada beberapa jenis casing high-end power supply dan casing dijual terpisah. Oleh karena itu pastikan casing dan power supply-nya berasal dari satu merek yang sama. Hal ini dimaksudkan supaya fitur pada power supply bisa diakomodasi oleh casing dan begitu juga sebaliknya.
  1. Perhatikan bahan casing
Pastikan casing memiliki bahan yang baik. Jangan memilih casing yang dibuat dengan bahan yang buruk, yakni bahan yang masih bisa mengalirkan arus listrik sehingga orang dapat kestrum jika menyentuhnya. Bisa dikatakan bahwa casing tersebut tidak memiliki sistem grounding electric yang bagus. Hal ini berpengaruh terhadap komponen komputer anda di masa depan.
  1. Sistem ventilasi udara harus baik
Pastikan anda memilih casing yang memiliki sistem pertukaran udara yang baik. Saat komputer digunakan maka akan menghasilkan panas. Sirkulasi panas yang baik menjamin suhu komputer tidak naik drastis dan komponen komputer akan awet dan komputer anda tidak hang karena kepanasan.
  1. Periksa lagi sebelum barang anda terima
Ada baiknya anda memeriksa kembali casing komputer sebelum anda bawa pulang. Jangan sampai terjadi perbedaan dalam hal jenis, bentuk, warna atau ukuran antara casing yang anda bayar dan yang anda bawa pulang. Sebab umumnya casing terbungkus dalam kardus yang tertutup rapat. Hanya dengan melihat model di kardus jangan langsung percaya. Ada baiknya kita cek lagi kelengkapan dengan membuka kardusnya. Karena umumnya toko komputer tidak menerima pengembalian setelah barang dibawa pulang.

Tambahan: trik supaya tidak kesetrum casing

Banyak dari pengguna komputer yang mengeluh kesetrum saat menyentuh casing komputer. Padahal menurut teori, power supply sudah menurunkan tegangan listrik pada casing dari 220 V menjadi 5 V dan 12 V. Jika hal ini terjadi, maka ada yang tidak beres dengan grounding electric pada casing tersebut atau memang grounding electric rumah anda yang bermasalah. Oleh karena itu ada trik untuk memastikan casing anda tidak “nyetrum” lagi. Ikuti langkah ini:
  1. Siapkan paku sepanjang 3 cm dan kabel sepanjang satu meter. Jika ada, gunakan kabel yang memiliki inti tunggal, bukan kabel serabut. Kupas kedua ujung kabel sekitar 3 cm.
  2. Matikan komputer anda dan cabut steker dari colokan listrik di rumah anda.
  3. Kendurkan salah satu baut yang memiliki fungsi untuk menahan power supply. Letaknya ada di belakang dekat kipas, umumnya di bagian atas.
  4. Lilitkan salah satu sisi kabel ke badan baut yang anda kendurkan tadi lalu pasang kembali baut tersebut dengan benar.
  5. Lilitkan ujung kabel satunya pada paku lalu tancapkan pada dinding atau lantai rumah anda dengan palu.
Demikian trik supaya casing anda tidak “nyetrum” saat dipegang. Namun jika yang terasa hanya sedikit geli di tangan ketika dipegang, maka itu adalah wajar. Caranya adalah pegang dengan benar, sentuh dengan ketat jangan ada jarak maka tidak akan terasa geli lagi.
[source]

Comments
0 Comments

0 comments:

Post a Comment

Tolong tinggalkan sedikit komentar untuk koreksi blog ini.
Harap tidak memberikan komentar :
1. Sara dan pornografi
2. Spam Content (Konten Sampah)
3. Penghinaan dan Pelecehan
4. OOT (Out Of Topic)