1/11/2013

Tips memilih VGA card yang baik


Pada artikel sebelumnya kita telah membahas mengenai VGA card beserta jenisnya. Dalam artikel ini kita akan membahas cara memilih VGA card yang baik. Dalam memilih VGA card, anda harus mempertimbangkan kebutuhan anda dan perangkat yang anda miliki. Salah satunya adalah mempertimbangkan monitor anda.

  1. Jika anda menggunakan monitor LCD atau LED, anda pastikan bahwa VGA card yang anda beli dapat mendukung resolusi yang dimiliki oleh monitor tersebut. Hal ini supaya gambar yang ditampilkan bisa menjadi sangat realistis.
  2. Jika monitor yang anda gunakan adalah jenis CRT (Cathode Ray Tube), maka cukuplah bagi anda untuk memilih VGA card yang memiliki kekuatan resolusi maksimal monitor anda. Hal ini dikarenakan pada umumnya resolusi monitor CRT tidaklah tinggi.
Yang kedua adalah anda harus memastikan untuk apa kegunaan komputer anda tersebut. Jika kegunaannya lebih banyak grafis, maka ada baiknya anda memilih VGA card yang memiliki chip memori tersendiri. Hal ini dikarenakan program-program yang berkaitan dengan grafis dapat diproses oleh VGA card, tanpa atau hanya sedikit melibatkan prosesor, sehingga dapat membuat komputer anda lebih nyaman digunakan. Hal yang sama berlaku untuk anda yang merupakan penggemar game, pengedit film atau pembuat multimedia animasi dan segala hal yang berhubungan dengan grafis. Namun jika anda lebih banyak menggunakan komputer untuk aplikasi pengolah kata seperti Microsoft Word, VGA card yang “hanya” bisa menampilkan gambar di monitor sudah cukup.
Tips memilih VGA card
Yang ketiga, jika anda sudah menentukan kebutuhan anda ternyata grafis berat, yang harus diperhatikan adalah keberadaan GPU atau Graphic Processing Unit pada VGA card yang akan anda pilih. GPU ini berupa sebuah chip yang memiliki fungsi seperti prosesor utama pada motherboard. Keberadaan GPU ini akan mengurangi kinerja prosesor utama atau CPU dengan mempercepat pengolahan data grafis dalam beberapa pipeline. Jika prosesnya makin cepat, maka tampilan di layar monitor pun akan sempurna. Saat ini VGA card sudah banyak yang memiliki dual GPU atau bahkan quad GPU untuk mendapatkan hasil grafis yang optimal.
Namun jangan lupa bahwa kapasitas komputer anda juga penting. Sangat tidak baik jika ternyata kecepatan GPU tidak diimbangi dengan prosesor dan RAM yang memadai. Selain itu seperti yang pernah kami bahas sebelumnya, hal keempat yang harus anda perhatikan adalah GPU menghasilkan panas akibat listrik yang mengalir dalam proses data. Anda harus memperhatikan keberadaan heatsink dan kipas pendingin. Pilih yang sebaik mungkin, utamanya yang memiliki variable cooler, yakni yang putaran kipas pendingin dapat menyesuaikan dengan temperatur. Yakni ketika temperatur GPU tinggi, kipas berputar cepat dan begitu sebaliknya.
Yang kelima adalah perhatikan jenis slot motherboard yang anda miliki. Tidak semua motherboard memiliki slot yang sama untuk VGA card. Mungkin saja motherboard anda tipe lama dengan slot AGP (Advanced Graphic Port) atau motherboard anda termasuk jenis baru dengan tipe slot PCIe (Peripheral Computer Interface express. Masing-masing memiliki kecepatan dan juga bentuk yang berbeda. Sehingga anda tidak bisa saling menukar diantara keduanya.
Yang terakhir dan paling penting harus anda perhatikan adalah kapasitas power supply yang anda gunakan pada komputer anda. VGA card yang tinggi membutuhkan daya yang tinggi pula. Anda harus memperhatikan berapa keluaran daya minimal power supply yang diperlukan oleh VGA tersebut dengan memperhatikan spesifikasi atau menanyakan kepada penjualnya. Jika power supply anda tidak dapat mencukupi, maka komputer anda tidak akan pernah bisa dihidupkan.
Demikian adalah tips memilih VGA card versi kami. Semoga bermanfaat.
Sumber

Comments
0 Comments

0 comments:

Post a Comment

Tolong tinggalkan sedikit komentar untuk koreksi blog ini.
Harap tidak memberikan komentar :
1. Sara dan pornografi
2. Spam Content (Konten Sampah)
3. Penghinaan dan Pelecehan
4. OOT (Out Of Topic)