1/04/2013

Tips Visual Basic - Cara Membuka Sebuah Link Website dan Email



Dalam sebuah program, sebaiknya kita ikut menyertakan halaman homepage situs atau alamat email kita di dalam form Info/About agar orang lain dapat mengakses alamat homepage tersebut jika ingin mendapatkan update atau info terbaru tentang program. Namun, bagaimana caranya agar saat user meng-klik link website pada form, kemudian program browser (IE, firefox, Opera, atau yang lain) jalan secara otomatis untuk membuka link website tersebut seperti pada gambar di samping ini? Atau membuka program Outlook Express atau Thunderbird saat user meng-klik alamat email kita? Berikut ini caranya:

Teks berisi link website atau alamat email bisa menggunakan kontrol Label. Label tersebut diubah property-nya agar berwarna biru layaknya sebuah link di browser seperti gambar di atas. Selanjutnya untuk event-nya menggunakan event click. Berikut ini kodenya: (di sini saya menggunakan label bernama Label_Link dan Label_Email).

Option Explicit

Private Declare Function ShellExecute Lib "shell32.dll" Alias "ShellExecuteA" _
    (ByVal hwnd As Long, ByVal lpOperation As String, ByVal lpFile As String, _
    ByVal lpParameters As String, ByVal lpDirectory As String, ByVal nShowCmd _
    As Long) As Long

Private Sub Label_Email_Click()
    ShellExecute hwnd, "open", "mailto:tipsdaninfoku@abcdefg.com", _
    vbNullString, vbNullString, 1
End Sub

Private Sub Label_Link_Click()
    ShellExecute hwnd, "open", "http://tipsdaninfoku.blogspot.com/", _
    vbNullString, vbNullString, 1
End Sub

Pada kode di atas, kode berwarna biru adalah fungsi API Windows, kode ini harus ada agar bisa jalan. Selanjutnya kode berwarna merah adalah alamat email dan alamat website. Saat label email diklik, maka program pembuka email (yang default) akan berjalan dan membuka alamat email tersebut. Dan jika label link diklik, maka browser (IE, firefox, Opera, atau yg lain) akan berjalan membuka alamat URL tersebut. Alamat URL harus diawal dengan http:// atau https://, sedangkan alamat email harus diawali dengan mailto:.
Sumber