1/17/2013

Yammer - Jejaring Sosial untuk Bisnis dan Perusahaan


Yammer

Jejaring sosial memang sedang booming di dunia maya. Berbagai model dan pendekatan ditawarkan oleh para penyedianya. Salah satu model unik yang ditawarkan 
Yammer.comadalah jejaring sosial yang diperuntukkan kalangan bisnis dan perusahaan. Seperti apakah layanan jejaring sosial yang diluncurkan pada tahun 2008 dan diakuisisi Microsoftdengan harga $ 1,2 milyar pada tahun 2012 ini?

Jejaring sosial ini awalnya berupa layanan microblogging yang kemudian berkembang dengan berbagai aplikasi yang dapat berjalan di berbagai sistem operasi dan perangkat digital. Layanan Yammer menjadi alat untuk berkolaborasi dan berkomunikasi bagi internal perusahaan maupun antar perusahaan yang menjadi anggotanya. Layanan ini bersifat gratis dan komersial, dan telah digunakan lebih dari 200.000 perusahaan. Pengguna perorangan dapat mencoba layanan dasar jejaring ini secara gratis dengan beberapa batasan fitur. Sedangkan pengguna versi komersial akan menikmati beberapa fitur tambahan, tergantung pada paket harga yang ditawarkan. Kapasitas penyimpanan file-nya mulai dari 1 GB (gratis) hingga 1 TB (komersial).
  • Melalui paket Premium Groups seharga 79 dollar per bulan per grup, layanan grup dilengkapi dengan fitur kolaborasi konten dan kemampuan admin.
  • Melalui paket Business Network seharga 5 dollar per bulan per pengguna, layanan dilengkapi dengan fitur kontrol admin.
  • Melalui paket Enterprise Network seharga 15 dollar per bulan per pengguna, layanan semakin komprehensif dengan fitur keamanan, administrasi, dan integrasi.
Halaman Profil Yammer
Halaman Profil Yammer

Untuk mendaftar paket gratis, Anda harus menggunakan email perusahaan (misalnyaanda@tokojaya.com). Selanjutnya pada tahap verifikasi Anda diminta untuk memasukkan beberapa alamat email rekan kerja, tentunya dengan domain perusahaan yang sama (misalnyajoko@tokojaya.comdewi@tokojaya.com, dan seterusnya). Selanjutnya Anda diminta memilih satu atau beberapa jenis grup perusahaan yang ada, misalnya grup perusahaan teknologi ataumarketing. Terakhir, seperti biasa Anda disarankan mengupload foto Anda, dan setelah itu layanan sudah bisa Anda gunakan. Anda juga bisa mendownload aplikasi Yammer versi desktop sesuai sistem operasi Anda.

Ulasan Yammer.com :
  • Kategori Situs : Jejaring Sosial
  • Penyedia : Yammer Inc. / Microsoft Corporation
  • Harga : Gratis dan berbayar (optional)
  • Jejaring sosial yang cocok untuk kepentingan komunikasi dan kolaborasi internal korporasi!
Kelebihan :
Bisa digunakan untuk meningkatkan kemampuan komunikasi dan kolaborasi di perusahaan, dari skala intranet ke skala internet (global). Cocok bagi korporasi untuk menciptakan komunikasi internal secara leluasa dengan tetap memperhatikan aspek kerahasiaan dan privasi bisnis.
Kekurangan :
Fitur jejaring sosial dasar yang disediakan secara gratis sangat minim fitur. Fasilitas yang ada kurang lebih seperti pada layanan microblogging lain, yaitu update status, sharing file, dan pembuatan grup. Untuk fasilitas yang lebih, diperlukan biaya bulanan.
[source]

Comments
0 Comments

0 comments:

Post a Comment

Tolong tinggalkan sedikit komentar untuk koreksi blog ini.
Harap tidak memberikan komentar :
1. Sara dan pornografi
2. Spam Content (Konten Sampah)
3. Penghinaan dan Pelecehan
4. OOT (Out Of Topic)