2/14/2013

Cara Mudah Membuat Daftar isi Pada Bloger

 Jauh sebelum postingan ini dibuat, Master Chef Dapur Tutorial Blog Dan Seo juga sudah pernah membahas mengenai Cara Membuat Daftar ini Otomatis yang keren menggunakan JQuery. Nah pada kesempatan kali ini Master Chef kembali ingin berbagi resep tetang cara membuat daftar isi sederhana berdasarkan Label Seperti pada gambar berikut :

Didalam Postingan ini Master chef Tidak menjelaskan lagi apa fungsinya daftar isi. Pastinya sobat BloggerDapur Tutorial Blogspot dan Seo sudah pada tau kegunaannya. Memasang daftar isi ini yang ini tidak begitu sulit seperti memasang daftar isi keren menggunakan JQuery karena anda tidak perlu melakukan Edit HTML. Namun dari segi tampilan, Daftar isi dengan JQuary lebih keren dibanding dengan daftar isi ini.

Daftar Isi bisa anda letakan dibagian sidebar atau didalam postingan seperti pada blog ini. Langsung saja berikut langkah-langkah untuk memasang widget daftar isi otomatis.

Memasang daftar isi didalam postingan
  1. Buat Sebuah Postingan Baru
  2. Pilih mode entri  HTML Bukan Compose
  3. Copas kode berikut kedalam halaman Entri HTML
  4. <div style="border: 1px solid #000000; height: 250px; overflow: auto; padding: 5px; width: auto;">
    <script src="http://dapurtutorial.googlecode.com/files/daftar-isi-auto.js"></script><script src="http://fajarjabrik.blogspot.com/feeds/posts/default?max-results=999&amp;alt=json-in-script&amp;callback=loadtoc"></script>
    </div>
  5. Jika sudah publikasikan postingan dan lihat hasilnya
Memasang Daftar Isi Pada Bagian Sidebar Blog
  1. Pada bagian dashboar blogger pilih Tata Letak atau Layout
  2. Klik Tambah Gadget atau Add a Gadge
  3. Pilih widget HTML/JavaScript
  4. Copas kode berikut dan masukan ke kolom HTML/JavaScript
  5. <div style="border: 1px solid #000000; height: 250px; overflow: auto; padding: 5px; width: auto;">
    <script src="http://dapurtutorial.googlecode.com/files/daftar-isi-auto.js"></script><script src="http://fajarjabrik.blogspot.com/feeds/posts/default?max-results=999&amp;alt=json-in-script&amp;callback=loadtoc"></script>
    </div>
  6. Klik Simpan dan Lihat Hasilnya
Keterangan :
  • Kode warna merah adalah ukuran tinggi daftar isi silahkan disesuaikan.
  • Kode warna biru adalah URL blog silahkan ganti dengan URL Blog milik anda
Mungkin demikian dulu tutorial Cara Membuat Daftar isi Blog Otomatis Berdasarkan Label kali ini. semoga bisa membantu sobat-sobat blogger yang lagi membutuhkan daftar isi dihalaman blognya.