2/14/2013

Cara Tepat Memelihara Ayam Kate

Ayam kate merupakan salah satu jenis ayam hias. Ayam kate sangat digemari karena ukurannya yang mini, bentuk fisik yang menarik dan suara yang merdu.

Ayam kate menjadi sangat populer sebagai hewan peliharaan dari jenis ayam. Maklum, bentuknya yang unik dan perilakunya yang jenaka telah memikat para pecinta ayam. 

Budidaya ayam kate juga telah menjadi tren, karena bisnis ayam kate cukup menggiurkan. Ada beberapa macam ayam kate, antara lain: Ayam Kate Lokal, Kate Batindo, Kate Bangkok, Kate Emas, Kate Chochin, Kate Kaki Pedang, Kate Serama, dan lainnya.

Berikut ini beberapa tips dalam memelihara ayam kate:


1. Beri Makan Secara Teratur

Waktu yang tepat untuk memberi makan Ayam Kate adalah pagi dan sore hari. Taruh makanan Ayam menjadi satu tempat tetapi menyebar untuk menghindari Ayam Kate kamu bertabrakan atau rebutan. Hal ini tidak baik untuk perkembangan psikis Ayam Kate. Mengapa saya bilang perkembangan psikis Ayam Kate? Ya, saya misalkan dengan contoh seperti ini, pernah suatu kali Ayam Kate saya keluar dari batas rumah. Lalu saya dengan Bapak mencoba menangkapnya, tetapi saya terlalu keras untuk menggiringnya dan Bapak bilang kalau saya dilarang untuk bertindak keras dalam menggiring Ayam Kate karena dapat menyebabkan Ayam Kate itu bertindak lebih cepat dan lebih keras. Dari situ saya dapat belajar dan menyimpulkan bahwa Ayam Kate juga mengalami perubahan sikap dan sifat tergantung pemiliknya. Kembali ke topik awal, jika Ayam Kate kamu sering bertengkar maka kamu harus menaruh makanan pada tempat yang berbeda dengan tujuan agar Ayam Kate kamu tidak bertengkar waktu makan.

2. Jangan Masukkan Dalam Kandang

Kalau kamu punya pekarangan yang luas dan sekiranya aman untuk memelihara Ayam Kate, taruhlah Ayam Kate kamu diluar kandang. Biarkan mereka kesana-kemari, cucuk sana cucuk sini, terbang kesana-kemari, itu lebih sehat dan lebih membuat Ayam Kate betah di pekarangan kita. Tapi untuk Ayam Kate yang baru menetas sangat disarankan untuk ditaruh dalam kandang bersama induknya agar aman dari segala gangguan dan ancaman dari hewan lain karena masih kecil.

3. Latihlah Dengan Beberapa Keterampilan

Seperti yang saya sebutkan diatas, Ayam Kate milik saya ini jinak sehingga bisa diajari beberapa hal misalnya ketika kamu ingin Ayam Kate milik kamu tidak berkeliaran waktu malam hari dapat kamu carikan tempat tersendiri dan coba kamu arahkan ke tempat tersebut ketika menjelang sore tiap hari sebanyak 5 kali atau 7 kali, setelah itu pada hari berikutnya Ayam Kate kamu akan terbiasa untuk ke tempat tersebut tanpa kamu arahkan. Kalau Ayam Kate milik saya juga bisa, pastinya Ayam Kate milik kamu juga bisa donk. Lalu contoh yang lain misalnya, Ayam Kate saya bisa terbang dari suatu tempat ke tempat lain hingga 5 meter jauhnya. Ini merupakan jarak yang cukup jauh bagi Ayam Kate, hal ini bisa kamu ajarkan sehari-hari atau kamu ingin Ayam Kate kamu berkokok dengan keras juga bisa tergantung tingkat keseriusan dan ketelatenan pemilik Ayam Kate.

Pemeliharaan anak ayam kate:
  • Begitu ayam menetas dari telur, segera pindahkan ke tempat yang tertutup dan terlindung dari hempasan angin dan hawa dingin.
  • Satukan dengan induk agar memperoleh kehangatan dan mendapatkan petunjuk dalam memilih makanan.
  • Kandang diberi penerangan lampu minimal 5 watt sebagai penghangat tambahan.
  • Lakukan pengontrolan agar pakan tidak kurang atau berlebihan. Pemberian pakan dilakukan 2 kali, yaitu pagi dan sore.
  • Berikan pakan remah-remah yaitu pakan yang halus (boleh stater) dan jangan lupa airnya.
  • Jika sudah menginjak usia 3 bulan biasanya induk ayam sudah mulai memperhatikan tanda-tanda akan bertelur kembali. Induk dapat dipisahkan dari anak-anaknya. Biasanya anak-anak ayam kate akan ribut selama satu hari, setelah itu mereka akan mandiri.
  • Agar kondisi tubuh si anak-anak ayam ini tumbuh dan sehat setelah disapih (berhenti menyusu) dari induknya, sebaiknya anak-anak ayam ini dijemur setiap hari atau setiap 2 hari sekali minimal 5 menit.
Inilah beberapa cara bagaimana memelihara Ayam Kate dengan benar dan terbukti kalau salah satu hewan peliharaan saya ini tumbuh sehat dan besar. Dan apa yang saya rasakan ketika pertama kali memiliki Ayam Kate ini dengan saat ini saya menulis artikel ini sangatlah berbeda, lebih menyenangkan ketika melihat Ayam Kate bertumbuh dan berkembang dengan sehat seperti sekarang ini. Ayam Kate ini juga dapat kamu miliki sebagai hewan lucu-lucuan karena hewan ini kecil dan bergoyang-goyang ketika berjalan. Lucu!