2/14/2013

Dampak Google Penguin

Setelah Google Panda yang sempat menghebohkan dunia maya, kemudian muncul Google Penguin yang update beberapa bulan lalu atau sekitar pertengahan bulan April dan awal Mei. Google Penguin di ciptakan oleh Google untuk mengubah peringkat pencarian di seluruh web termasuk tutorial blogspot ini. Google sendiri mengupdate algoritmanya dengan tujuan utamanya adalah untuk membuat Google dapat mengenali dan menghukum web atau blog yang melakukan spam lebih banyak.

Ribuan blogger yang terkena imbasnya, termasuk blog teman saya mybloggerthemes.com dan beberapa teman saya yang juga terkena imbasnya. Sangat menyedihkan, karena traffic yang lumayan banyak tiba-tiba turun drastis dan yang lebih mengerikan adalah hampir semua postingan blog kita menghilang dari search engine atau melorot jauh dari halaman depan search engine.

Sedikit pembahasan tentang Google Penguin, berikut adalah beberapa hal yang dapat menyebabkan blog kita terkena Google Penguin antara lain :

  1. Kata kunci berlebihan yang digunakan untuk meningkatkan halaman tertentu.
  2. Link yang dibuat untuk meningkatkan peringkat halaman tertentu.
  3. Duplikat konten yang digunakan dengan tujuan untuk meningkatkan traffic peringkat di mesin pencari.
  4. Melakukan optimasi yang berlebihan, seperti mensubmit sebuah konten secara serentak ke banyak situs social bookmark atau menggunakan jasa ping service yang berlebihan.
  5. Menggunakan jasa traffic exchange (tukar traffic) seperti easyhits4u.com yang jelas-jelas tidak disukai oleh Google.

Blog yang terkena Google Penguin akan mengalami penurunan traffic yang sangat signifikan, karena hampir seluruh konten dari blog tidak dapat kita temukan di search engine. Google mengatakan update ini hanya mempengaruhi 3% dari permintaan. Meskipun tidak banyak, itu tentu merupakan sinyal bahwa Google ingin mengencangkan cengkeraman pada website atau blog yang spam, jadi pastikan sobat melakukan strategi SEO yang baik dan benar sesuai standar Google.

[source]

Comments
0 Comments

0 comments:

Post a Comment

Tolong tinggalkan sedikit komentar untuk koreksi blog ini.
Harap tidak memberikan komentar :
1. Sara dan pornografi
2. Spam Content (Konten Sampah)
3. Penghinaan dan Pelecehan
4. OOT (Out Of Topic)