2/06/2013

Dampak Tidur Larut Malam Terhadap Kesehatan Hati



Jika anda tidur kurang dari 6 jam, anda akan merasa pusing, kenapa? Ternyata tidur larut malam tidak baik juga untuk hati. Fungsi hati yang utama adalah sebagai filter dari berbagai racun yang masuk ke dalam tubuh kita. Dalam dunia kedokteran, fungsi diukur dengan index Pemeriksaan Fungsi Hati, yaitu GOT dan GPT. Penyebab utama kerusakan hati adalah kebiasaan tidur terlalu malam dan bangun terlalu siang (selain penyebab lainnya).
Hal tersebut disebabkan secara alamiah tubuh kita melakukan netralisasi racun-racun di dalam tubuh secara  berjadwal ketika kita tidur malam, yaitu :
  • ·          Malam hari pukul 9 – 11 adalah pembuangan zat-zat tidak berguna/beracun (de-toxin) di bagian sistem antibodi. Selama durasi waktu ini seharusnya dilalui dengan suasana tenang.
  • ·         Malam hari pukul 11 – 1 adalah proses de-toxin di bagian hati, berlangsung dalam kondisi tidur pulas.
  • ·         Dini hari pukul 1 – 3 adalah proses de-toxin di bagian empedu, berlangsung dalam kondisi tidur pulas.
  • ·         Dini hari pukul  3 – 5 adalah proses de-toxin di bagian paru-paru. Sebab itu akan terjadi batuk yang hebat bagi penderita batuk selama durasi waktu ini.
  • ·         Pagi pukul 5 – 7 adalah proses de-toxin di bagian usus besar, harus buang air kecil.
  • ·         Pagi pukul 7 – 9 adalah waktu penyerapan gizi makanan bagi usus kecil, karena itu harus sarapan. Bagi orang yang sakit sebaiknya makan lebih pagi, yaitu sebelum pukul 6:30. Sarapan sebelum pukul 7:30 sangat baik bagi mereka yang ingin menjaga kesehayannya. Bahkan lebih baik terlambat sarapan hingga pukul 9-10 dari pada tidak sarapan sama sekali
Tidur terlalu malam dan bangun terlalu siang akan mengacaukan proses pembuangan zat-zat tidak berguna. Selain itu, dari tengah malam hingga pukul 4 pagi adalah waktu bagi sumsum tulang belakang untuk memproses duksi darah.