2/16/2013

Manfaat Menggunakan Widget Google Friend Connect pada Blog


Google Friend Connect (Google Jalinan Teman) merupakan layanan dalam jaringan (Online) dari Google yang memungkinkan pengguna menambahkan konten dan aplikasi jejaring sosial ke situs mereka. Dengan menambahkan aplikasi ini ke situs. Pemilik situs bisa memfasilitasi pengunjung untuk masuk (login) ke akun mereka, baik yang menggunakan Google, Yahoo!, AIM, atau OpenID. Penggunjung bisa berinteraksi dengan pengunjung lain melalui aplikasi chat, komentar, game online, atau aplikasi lain yang dipilih pemilik situs untuk disertakan di dalam aplikasi Friend Connect.

Mengaktifkan Google Friend Connect di situs web sangat mudah. Yang diperlukan hanyalah memasukkan URL dan nama situs web saat pertama kali masuk ke akun Google Friend Connect. Pengguna tak perlu mengunduh atau mengunggah berkas, Google Friend Connect akan melakukannya untuk memudahkan setiap pengguna. Menambahkan fitur Google Friend Connect ke situs web tidak memerlukan keahlian pemrograman, hanya cukup salin dan tempel cuplikan kode HTML dari Google Friend Connect ke dalam sebuah situs.

Google Friend Connect
Kebanyakan blogger hanya memajang widget ini sebagai trend saja. Tanpa memanfaatkannya lebih jauh lagi. Padahal widget tersebut memiliki fungsi yang besar untuk membesarkan situs kita. Untuk itu saya mencoba membahas setidak nya 7 manfaat dari google friend connect.

Manfaat Jika Kita Memasang Widget Google Friend Connect di Blog Antara Lain :

1. Dapat mempromosikan tulisan terbaru
Bagi pengguna blogger akan secara otomatis memberitahu artikel terbaru kita dihalaman dashboard para follower atau di halaman http://www.blogger.com/home  setelah anda masuk ke account blogger anda. Jika tulisan anda menarik, mereka akan segera berkunjung ke blog anda.

2. Dapat digunakan untuk mempromosikan produk terbaru kita.
Tanpa disadari tenyata google friend connect bisa dimanfaatkan sebagai alat untuk mempromosikan produk. Melalui fitur nawala yang ada didalamnya. cara menggunakannya yaitu dengan mengirim pesan nawala yang isinya produk yang ingin anda promosikan. Kemudian kirimkan ke follower-follower anda. Pesan akan terkirim dalam bentuk email. artinya anda tidak perlu capek membuat autoresponden, karena google friend connect telah dapat dimanfaatkan untuk itu.

3. Bisa mengetahui minat pembaca
Buat sebuah pertanyaan untuk mengetahui minat pembaca dengan mengakifkan polling yang tersedia. Dengan mengetahui minat pembaca, maka anda dapat menulis artikel yang disukai pembaca, dengan demikian maka tulisan anda akan dilahap habis oleh pembaca. Mempromosikan produk sesuai dengan minat mereka mungkin akan sangat baik untuk produk yang anda recomendasikan.

4. Meningkatkan pertumbuhan blog
Dengan berjalannya manfaat pada point 1. saat anda mempromosikan tulisan-tulisan anda maka secara tidak langsung membantu meningkatkan pertumbuhuan blog anda dan ini harapan dari semua blogger. Karena itu tingkatkan follower blog anda agar pertumbuhan blog yang anda miliki lebih baik dari sebelumnya.

Banyak cara untuk meningkatkan follower blog kita. dan ini hanya membutuhkan kreatifitas kita misalnya dengan memberikan bonus ebook atau yang lain. sekedar contoh saya memberikan 2 bonus ebook  untuk pelanggan follower saya lihat di link tadi.

5. Dapat menjaring pelanggan lebih luas
Siapapun dapat dengan mudah menjadi pelanggan follower anda.
bergabung dalam situs Anda dengan sekali klik. Mereka dapat menggunakan account Google, Yahoo, Twitter dan account lainnya. karena itu membuka gerbang untuk menjaring pelanggan yang lebih luas lagi.

6. Pengunjung dapat berinteraksi dengan pengunjung yang lain
Kelebihan google friend connect yang memberi manfaat untuk pemilik blog adalah adanya fasilitas untuk berinteraksi sesama follower. Dengan demikian mereka akan menjadi lebih kerasan berada di blog anda. Mereka sebagai follower juga bisa menilai dan memberi rating blog anda. mengundang teman-teman mereka dalam penerbitan hasil kegiatan mereka  kepada mereka jaringan sosial. lebih mendalam melibatkan pengunjung  dengan situs Anda begitu juga
antara pengunjung yang satu dengan yang lainya

7. Pelanggan follower dapat bertambah otomatis
Bertambah otomatis artinya pelanggan yang suka dengan blog anda bisa mengundang sahabat-sahabat mereka untuk bergabung menjadi follower. Dalam hal ini terjadi secara otomatis tanpa anda suruh. Fitur seperti inilah yang menurut saya bisa menjadikan facebook besar seperti sekarang ini. tapi ini hanya pendapat saya.

Semoga Artikel yang saya kutip dari blog O-OM bisa bermanfaat untuk sahabat blogger semuanya. Dan bisa menambah pengetahuan tentang blogging dan bisa memanfaatkan Google Friend Connect sebagai media  promosi kepada pengunjung.