2/07/2013

Tatacara menggunakan Slide Master Power Point


Beberapa waktu yang lalu saya pernah menulis artikel tentang powerpoint mengenai membuat hyperlink pada MS Powerpoint. Kali ini saya mencoba menulis bagaimana memanfaatkan Template dan Slide Master pada bahan presentasi powerpoint kita.
Template dan Slide Master berfungsi sebagai desain dasar yang dapat dipakai untuk semua slide yang kita pilih. Dengan demikian tampilan presentasi akan cenderung menjadi lebih simpel dan menarik.
Adapun langkah-langkah dalam membuat Template dan slide master sebagai berikut :
1. Pilih tab View lalu klik tombol Slide Master.
2. Muncul tampilan Slide Master, pilih Master Thumbnails untuk mengatur tampilan pada semua slide.
3. Klik kanan pada slide untuk mengatur Background slide kemudian pilih Format  Background.
4. Pilih Picture or texture fill untuk memasukkan gambar sebagai background lalu tekan Insert kemudian Close.
5. Untuk memasukkan teks dan logo, Pilih Master Slide Title lalu ganti nama di dalam teks menjadi Judul presentasi dan materi. Masukkan gambar logo pada halaman judul.
6. Sebagai tombol navigasi menuju slide yang kita inginkan baca materi membuat hyperlink pada powerpoint, menggunakan SmartArt
caranya Pilih Insert -> SmartArt kemudian tekan ok jika sudah selesai. Masukkan teks Beranda, SK-KD, dsb untuk digunakan sebagai navigasi.
7. Disamping itu tombol navigasi lain diperlukan agar dapat berpindah dari satu slide ke slide yang lain. Caranya Buatlah Shape dengan menekan tombol Insert. Pilihlah Shape yang merupakan Action Button dan pilih tombol forward dan backward. Navigasi pada action button ini otomatis dibuatkan oleh Powerpoint sesuai dengan simbol yang tertera pada tombol tersebut. Untuk itu, langsung klik OK jika telah selesai.
8. Jika dirasa cukup template dan slide master sudah jadi. Kemudian keluar dari Slide Master Berikut ini adalah cara untuk kembali ke slide utama. Silakan klik tombol Close Master View pada menu Slide Master.
Selanjutnya silakan buat presentasi powerpoint dengan template dan slide master yang sudah dibuat. Selamat mencoba….
Berikut adalah contoh Slide Master yang telah saya buat, jika berminat silahkan klik