Kamis, 07 Maret 2013

Cara Mengganti Sel Baterai Yang Rusak Dengan Mudah

fajarjabrik kali ini akan memberikan beberapa tips untuk mengganti sel baterai dengan mudah mengingat harga baterai original laptop yang terbilang mahal. mau tau caranya??
Cekidot gan...

1. Lepas battery dr laptop
2. Untuk membongkar casing battery, biasanya harus dipotong dg pisau potong pcb / acrilyc (soalnya gak ada bautnya), pd bagian pinggirnya, hati2 krn ada rangkaian elektornik / pcb yg nempel dg casingnya. kl ga hati2 pcbnya bisa kegores dan jalurnya putus. INGAT………..!!!!!!   Pada Saat membongar jangan dari colokan ke laptopnya melainkan dari belakang agar rangkain yang di bagian colokan tidak tercongkel pada saat membuka baterai.
3. Lepas solderan2 pd battery yg mau diganti, beri tanda sebelum dilepas (lebih baik diphoto dulu biar gak bingung waktu masang lagi).
4. Battery laptop 1 pcs Rp 85.000 (biasanya ada 6 pcs / lebih).
5. Kl mau hemat bisa diganti pake battery mobil2an remote 12 Volt yg kotak gepeng (Rp 65.000), tp gak bisa dipasang langsung ke casing. Jd caranya kasih kabel agak panjang dr casing battery yg lama trus battery mobilan remotenya di taruh di luar casing.
6. Untuk nutup kembali casing yg sudah dibongkar digunakan lem glue stick (itu lho yg lemnya ky lilin trus dimasukin ke glue gun yg dicolokin ke listrik).
7. Selamat mencoba. Jika tidak bisa sendiri bisa minta bantuan tukang servis tv dll.
Setelah di buka baterai Laptop tidak sama dengan baterai mainan Anak-anak seperti mainan mobil tamiya, memamng bentuknya sama tapi besarnya yang berbeda, ups……. jangn berfikiran nigatif dulu. maksudnya besar adalah diameter dan tingginya tidak sama dengan baterai biasa.
coba lihat gambar berikut :
            Nah yang berwarna biru adalah batereai untuk laptop,dan yang warna abu-abu adalah baterai untuk tamia atw remot control.
berarti kalau yang di katakan 6 cell adalah jumlah baterai ada 6.
berarti klw notbook 3 cell dunk………
Nah…………. begitu juga gambarannya………
maka dari itu coba buat eksperimen kamu sendiri cari baterai laptop yang uda soak alias hank, dan cb kamu ganti bateai tersebut dengan baterai tamia.
Ilustrasi: klw panjang baterai laptop 3 cell berarti klw panjang baterai tamia 4 cell, sebab dari panjang nya beda, maka dari itu klw dia baterai laptop 6 cell klw kita letakkan baterai tamia jumlahnya adalah 8 cell.
Ayo Coba Eksperimenmu Sendiri……………………………
Nih ada pidionya gan kalo masih belum jelas:



sumber: http://sobiaw.wordpress.com/2011/08/11/cara-membongakar-baterai-laptop-dan-mengganti-baterai-latop-dengan-yang-baru/

Comments
0 Comments

0 komentar:

Poskan Komentar

Tolong tinggalkan sedikit komentar untuk koreksi blog ini.
Harap tidak memberikan komentar :
1. Sara dan pornografi
2. Spam Content (Konten Sampah)
3. Penghinaan dan Pelecehan
4. OOT (Out Of Topic)