3/04/2013

8 Hewan yang Sangat Setia dengan Pasangannya

Binatang kimpoi bolak-balik itu biasa. Namun ada juga binatang yang monogami, saling setia pada pasangannya sampai mati seperti 10 binatang ini. Romantis!

Berikut 10 binatang yang paling setia pada pasangannya seperti dilansir dari Mother Nature Network (MNN) dan dari berbagai sumber


1. Ketam Ladam

 Pernah mendengar pepatah Jawa 'Koyo mimi lan mintuno'? Pepatah itu menggambarkan sepasang kekasih yang selalu rukun dan menempel seperti perangko.

Mimi dan mintuno tak lain adalah julukan Jawa untuk ketam ladam. Ketam ini seperti kepiting berekor dan hidup di air payau atau kawasan mangrove.
Binatang ini sering ditemukan menempel berpasangan ke mana-mana.


2. Angsa

 Angsa sudah legendaris menjadi lambang kesetiaan selama berpuluh tahun. Gambar 2 leher angsa berlainan jenis yang saling merekatkan dahi dan membentuk lambang hati terkenal di mana-mana.

Angsa memang binatang monogami, tahan setia pada pasangannya selama bertahun-tahun, bahkan beberapa kasus, kesetiaan itu seumur hidup. Angsa binatang setia kendati perilaku romantis itu menggebu-gebu di awal mereka berpasangan.


3. Burung Nasar Hitam

 
Tampan dan cantik bukan merupakan prasyarat untuk hubungan yang setia. Komunitas burung nasar hitam memastikan hal itu. Komunitas burung nasar hitam dikenal suka menyerang burung nasar lainnya yang tertangkap berselingkuh. Aw!

4. Ikan France Angelfish

 
Anda tidak akan menemukan ikan france angelfish ini sendirian. Ikan ini berkegiatan, berburu, migrasi, selalu dengan pasangannya. Mereka membentuk ikatan monogami seumur hidup atau sampai salah satu mati.

Pasangan ini bekerja sebagai tim, dan mempertahankan wilayahnya dari pasangan lainnya.


5. Serigala

 
Binatang ini sering digambarkan bersifat licik dalam kisah-kisah dongeng, namun sejatinya serigala memiliki ikatan keluarga yang kuat dan konservatif. Satu komunitas biasanya terdiri dari pejantan, betina dan anak-anaknya membentuk keluarga inti.    

6. Burung Albatros

 
Burung ini dikenal karena kemampuan terbang dan migrasinya melintasi samudera. Namun demikian, betapa jauh mereka terbang, mereka selalu kembali ke sarang dengan pasangannya yang sama.

Ikatan yang kuat antara albatros jantan dan betina berlangsung beberapa tahun hingga seumur hayat. Mereka punya tarian ritual merayakan kedekatan itu, dengan menempelkan paruhnya satu sama lain sambil menggoyang-goyangkan badannya. Bang Thoyib yang tak pulang-pulang itu mungkin harus belajar dari albatros ya!


7. Rayap

 
TBeberapa spesies rayap dapat membentuk ikatan seumur hidup pada pasangannya, terutama rayap ratu dan rayap raja. Seekor rayap ratu dan rayap raja kerjanya hanya bikin anak untuk membentuk masyarakat kerajaannya.

8. Tikus Padang Rumput

 
Sebagian hewan pengerat seperti tikus, terkenal tukang kimpoi bergonta-ganti pasangan. Namun hal ini dipatahkan oleh tikus padang rumput yang menjadi hewan monogami.

Pasangan yang sudah jadi saling mendekatkan diri dan merawat satu sama lain, berbagi sarang dan saling membersihkan kotoran bila mereka buang air besar.  


sumber: http://www.unikgaul.com/2012/09/8-hewan-yang-paling-setia-dengan