3/17/2013

Cara Membuat Rangkaian Elektronika dengan PCB Wizard


fajarjabrik - Salah satu software untuk membuat desain dan skematik rangkaian elektro ( baik elektronika ataupun electricity) adalah Livewire, program yang sangat bermanfaat sekali setidaknya bagi anak elektro karena selain dapat merangkai / membuat desain juga dapat mensimulasikan hasil dari rangkaian tadi.

Tulisan kali ini tidak akan berbicara mengenai penjelasan menggunakan livewire itu sendiri karena untuk penggunaannya sangatlah mudah, tinggal drag and drop saja komponen yang kita butuhkan. Yang ingin ditekankan dalam tulisan kali ini yaitu mengenai bagaimana merubah hasil rangkainan skematik yang telah kita buat dalam bentuk PCB ( printed circuit board ) yang nantinya akan digunakan dalam merancang komponen sebenarnya.
Misal kita telah merancang skematik , lalu kita pilih pada menu Tools --> Convert --> Design to Printed Ciurcuit Board, seperti gambar bergikut:

membuat rangkaian skematik elektronika
Lalu akan muncul dua pilihan seperti gambar berrikut:

membuat rangkaian skematik elektronika
No, untuk menyusun sendiri skema pada PCB dan yes untuk melakuakn penyusunan skema PCBsecara otomatis, jika telah berhasil menghasilkan gambar sebagai berikut, dan sekarang silahkan lanjutkan ke dalam proses pembuatan PCB,

membuat rangkaian skematik elektronika



Jika Berminat silahkan klik ikon Download di bahah

Via mediafire
http://adf.ly/CDG3Q
http://adf.ly/Fjn6D



Semoga bermanfaat