3/04/2013

Cara Mudah Mengatasi Kipas Laptop Yang Mati


fajarjabrik - Kipas yang berada pada laptop berfungsi sebagai pembuang panas pada tembaga pendingin processor. Pendingin tersebut mempunyai karakteristik cepat menyerap panas dan juga cepat membuang panas. Cepat membuang panas diakarenakan bilah bilah pendingin yang tertiup angin dari kipas tersebut.
Pada umumnya perputaran kipas pada laptop dikontrol oleh sistem di motherboard, dan tergantung dari suhu yang berada pada pendingin yang terhubung ke processor. Pada saat suhu tertentu biasanya kipas baru menyala pada motherboard untuk membuang panas sampai suhu yang dirasa normal untuk processor. Tetapi ada beberapa laptop yang bisa kita atur sistem pendinginan nya dengan menyalakan kipas terus menerus.
Sistem pendinginan yang terkait dengan sensor panas pada laptop ini sangat sering digunakan karena ini adalah sistem yang paling menghemat daya battery. Sehingga jika pada saat laptop tidak dalam kondisi stress (banyak proses) maka tentunya pada processor akan sedikit terdapat proses dan suhu tidak menjadi terlalu tinggi, dan sekaligus juga penggunaan kipas disini menjadi berkurang.
Biasanya jika terjadi kelebihan panas pada pendingin tersebut laptop akan melakukan protect dan mengakibatkan laptop tersebut mati secara mendadak. Kejadian ini sering kali terjadi saat kipas laptop anda tidak bekerja dengan baik. Tidak bekerjanya kipas pendingin ini biasanya disebabkan oleh sensor panas yang tidak berfungsi dengan baik atau bisa jadi kipas yang memang benar benar mati.
Pada video tutorial dibawah ini, saya menampilkan bagaimana cara membypass tegangan pada kipas laptop agar dapat menyala tanpa dikontrol oleh sensor panas sehingga kipas dapat terus menyala membuang panas pendingin demi mencegah terjadinya protect pada laptop anda.
Berikut Video Tutorial Servis Kipas Laptop Mati
Sumber : http://dittcom.wordpress.com/2011/10/22/mengatasi-kipas-laptop-yang-mati/

8 comments:

  1. fajar,post yang kamu buat sangat bermanfaat
    laptop saya juga sperti itu mungkin memang dari proses kipan nya
    dan jika sedang membuat laporan, tiba tiba mati mndadak
    dan mambuat saya jadi kesal.

    http://rhjfox.com/

    Terima kasih

    ReplyDelete
  2. Wah sangat bermanfaat banget.kebetulan saya juga begitu,kalau saya menyalakan laptop gak lama kemudian mati,saat tiba2 mati saya pegang bagian bawah laptop,dan ternyata panas banget.dan pendingin laptop saya mati.karena prossecor nya kan panas ama motherboard nya panas.solusi nya gimana mas?...saya masih belum paham banget ama vidio nya...

    ReplyDelete
  3. tolong kasih gambar dioda 5v nya ?
    makasih

    ReplyDelete
  4. laptop jaman sekarang klo ga salah pada pake sensor temperatur. akan berputar sedang saat temp dibawah normal kemudian berputar maksimal saat booting/restart/shutdown dan saat temp prosesor yang terlalu panas. sensor ini yang menjaga laptop tetap senyap dan mengatur kecepatan fan. biasanya sensor ini yang rusak membuat seolah2 fan-nya yg rusak. kasus pada laptop saya juga rusak di sensor, dan hanya mau memutar fan maksimal saat laptop di restart. solusinnya bisa diganti sensornya atau bisa dilakukan sendiri dengan melompati sirkuit sensor/kabel fan dihubungan dengan arus usb di mobo sehingga sensor dilewati dan fan akan terus berputar sekuat energi yg ada. tapi laptop jadi berisik.

    ReplyDelete
  5. Kipas laptop saya sdh pernah mati & d kasih cara d atas, sehingga kipas berputar maksimal terus & berisik. Tp skrng kipas laptop saya mati lagi.. Apa yg bg sya lakukan? Mhon bantuannya

    ReplyDelete
  6. Keren2 bro, mantap
    kira2 akan timbul efek apa bro,
    seperti Kongslet / merusak dioda itu sendiri.

    ReplyDelete
  7. bongkar kok susah banget ya....normal sih kalau lg slow ya senyap,kalau lagi brows ya brisik.

    ReplyDelete

Tolong tinggalkan sedikit komentar untuk koreksi blog ini.
Harap tidak memberikan komentar :
1. Sara dan pornografi
2. Spam Content (Konten Sampah)
3. Penghinaan dan Pelecehan
4. OOT (Out Of Topic)