3/04/2013

Cara Mudah Mengatasi Kipas Laptop Yang Mati


fajarjabrik - Kipas yang berada pada laptop berfungsi sebagai pembuang panas pada tembaga pendingin processor. Pendingin tersebut mempunyai karakteristik cepat menyerap panas dan juga cepat membuang panas. Cepat membuang panas diakarenakan bilah bilah pendingin yang tertiup angin dari kipas tersebut.
Pada umumnya perputaran kipas pada laptop dikontrol oleh sistem di motherboard, dan tergantung dari suhu yang berada pada pendingin yang terhubung ke processor. Pada saat suhu tertentu biasanya kipas baru menyala pada motherboard untuk membuang panas sampai suhu yang dirasa normal untuk processor. Tetapi ada beberapa laptop yang bisa kita atur sistem pendinginan nya dengan menyalakan kipas terus menerus.
Sistem pendinginan yang terkait dengan sensor panas pada laptop ini sangat sering digunakan karena ini adalah sistem yang paling menghemat daya battery. Sehingga jika pada saat laptop tidak dalam kondisi stress (banyak proses) maka tentunya pada processor akan sedikit terdapat proses dan suhu tidak menjadi terlalu tinggi, dan sekaligus juga penggunaan kipas disini menjadi berkurang.
Biasanya jika terjadi kelebihan panas pada pendingin tersebut laptop akan melakukan protect dan mengakibatkan laptop tersebut mati secara mendadak. Kejadian ini sering kali terjadi saat kipas laptop anda tidak bekerja dengan baik. Tidak bekerjanya kipas pendingin ini biasanya disebabkan oleh sensor panas yang tidak berfungsi dengan baik atau bisa jadi kipas yang memang benar benar mati.
Pada video tutorial dibawah ini, saya menampilkan bagaimana cara membypass tegangan pada kipas laptop agar dapat menyala tanpa dikontrol oleh sensor panas sehingga kipas dapat terus menyala membuang panas pendingin demi mencegah terjadinya protect pada laptop anda.
Berikut Video Tutorial Servis Kipas Laptop Mati
Sumber : http://dittcom.wordpress.com/2011/10/22/mengatasi-kipas-laptop-yang-mati/