services windows
DNS Client
Layanan ini mengurus DNS atau cache nama, memungkinkan sistem untuk berkomunikasi dengan nama kanonik daripada harus melalui alamat IP. DNS memungkinkan Anda di browser Web bisa langsung mengetik misalnya http://www.agussale.com daripada harus mengingat http://216.239.113.101 sebagai alamat IP situs. Jika Anda menghentikan layanan ini, Anda akan menonaktifkan kemampuan komputer Anda untuk menyelesaikan nama ke alamat IP, sehingga pada dasarnya r semua endering Web browsing tidak mungkin dilakukan.
Network Connections
Network Connections atau sambungan jaringan mengelola layanan jaringan dan koneksi dial-up komputer Anda, termasuk pemberitahuan status dan konfigurasi jaringan. Sambungan jaringan adalah unsur yang bertanggung jawab untuk memastikan bahwa komputer Anda dapat berkomunikasi dengan komputer lain dan dengan Internet. Jika layanan ini dinonaktifkan, konfigurasi jaringan tidak mungkin dilakukan. koneksi jaringan baru tidak dapat diciptakan dan jasa yang memerlukan jaringan informasi tidak berfungsi.
Plug and Play
Plug dan Play adalah layanan yang mendeteksi setiap kali perangkat keras baru ditambahkan ke komputer. Layanan ini mendeteksi perangkat keras yang baru dan mencoba mengkonfigurasinya secara otomatis untuk digunakan pada komputer. Plug dan Play sering dikacaukan dengan Universal Plug dan Play layanan (UPnP), yang merupakan cara Windows XP mendeteksi sumber daya jaringan yang baru (yang bertentangan dengan sumber daya perangkat keras lokal). Plug dan Play layanan sangat penting sebagai dan tanpa itu sistem operasi anda dapat menjadi tidak stabil dan tidak akan mengenali hardware baru. Di sisi lain, UPnP umumnya tidak diperlukan dan dapat dinonaktifkan tanpa khawatir. Jika Anda menonaktifkan Plug and Play, komputer Anda akan tidak stabil dan tidak mampu mendeteksi perubahan perangkat keras
Print Spooler
Hampir setiap komputer di luar sana perlu untuk melakukan proses mencetak. Jika Anda ingin komputer Anda dapat mencetak, jangan menonaktifkan layanan Print Spooler. Ia mengatur semua kegiatan pencetakan untuk sistem anda. Anda mungkin berpikir bahwa kurangnya printer membuat aman untuk menonaktifkan layanan Print Spooler. Secara teknis benar, tetapi tidak ada gunanya melakukan hal itu karena suatu waktu Anda akan membutuhkan, Anda harus ingat untuk mengaktifkan ulang layanan, dan Anda mungkin menjadi Anda frustasi.
Remote Procedure Call (RPC)
Windows adalah mesin yang cukup kompleks, dan banyak proses yang mendasarinya perlu berkomunikasi satu sama lain. Layanan yang bertanggungjawab untuk ini adalah Remote Procedure Call (RPC). RPC memungkinkan proses berkomunikasi satu sama lain dan di seluruh jaringan satu sama lain. Banyak layanan penting lainnya, termasuk Spooler Cetak dan layanan Sambungan Jaringan, tergantung pada fungsi layanan RPC ini. Kabar buruknya jika dinonaktifkan sistem tidak akan boot.
Workstation
Seperti halnya untuk layanan lain, layanan Workstation bertanggung jawab untuk menangani koneksi ke sumber daya jaringan remote. Secara khusus, layanan ini menyediakan koneksi jaringan dan kemampuan komunikasi untuk sumber daya yang ditemukan menggunakan Microsoft layanan jaringan. Menonaktifkan layanan Workstation menyebabkan komputer Anda akan tidak dapat melakukan koneksi ke remote Jaringan sumber daya Microsoft.
Network Location Awareness (NLA)
Seperti halnya dengan layanan Workstation, menonaktifkan layanan ini mungkin masuk akal beberapa tahun lalu, setidaknya untuk komputer mandiri, non-jaringan.Dengan budaya saat ini yaitu WiFi mana-mana, mobilitas telah menjadi pendorong utama. Layanan ini bertanggung jawab untuk mengumpulkan dan menyimpan konfigurasi jaringan dan informasi lokasi dan aplikasi memberitahu kapan perubahan informasi. Komputer Anda tidak akan dapat sepenuhnya terhubung ke jaringan nirkabel jika layanan ini non-aktif
DHCP Client
Dynamic Host Configuration Protocol (DHCP) adalah layanan penting yang membuat tugas mendapatkan komputer pada jaringan ini nyaris tanpa hambatan. Sebelum DHCP ada, administrator jaringan harus secara manual menetapkan alamat jaringan untuk setiap komputer. Selama bertahun-tahun, DHCP telah diperpanjang untuk secara otomatis memberikan semua jenis informasi untuk komputer dari konfigurasi repositori pusat. DHCP memungkinkan sistem untuk secara otomatis mendapatkan informasi pengalamatan IP, WINS informasi server, informasi routing, dan sebagainya. Hal itu diperlukan untuk memperbarui catatan dalam sistem DNS dinamis, seperti layanan terpadu Direktori-Microsoft Active DNS. Ini adalah salah satu layanan yang, jika dinonaktifkan, tidak akan melumpuhkan komputer Anda, tetapi akan membuat administrasi jauh lebih sulit.
Cryptographic Services
Setiap bulan, Microsoft menyediakan perbaikan baru dan update yaitu apa yang dikenal sebagai ” Patch Tuesday” karena pembaruan dirilis pada hari Selasa pertama setiap bulan.Mengapa ini penting? Karena Cryptographic Services kebetulan adalah update otomatis. Selanjutnya, Cryptographic Services menyediakan tiga jasa manajemen lainnya: Catalog Database Service, yang menegaskan persetujuan file Windows; Protected Root Service, yang menambah dan menghapus sertifikat Trusted Root Certification Authority dari komputer dan Key Service, yang membantu mendaftarkan komputer untuk urusan sertifikat . Akhirnya, Cryptographic Services juga mendukung beberapa unsur dari Task Manager. Nonaktifkan Cryptographic Services artinya update otomatis tidak akan berfungsi dan Anda akan memiliki masalah dengan Task Manager serta mekanisme keamanan lainnya.
Automatic Updates
Menjaga mesin Anda saat ini dengan update rutin cukup penting, dan di sanalah pembaruan otomatis berperan. Pembaruan Otomatis Ketika diaktifkan, komputer Anda tetap berjalan dengan update baru dari Microsoft. Saat dinonaktifkan, Anda harus secara manual mendapatkan update dengan mengunjungi situs update Microsoft

sumber: http://ikhsan-tkj2.blogspot.com/2010/12/10-services-windows-xp-yang-tidak-boleh