3/08/2013

Software Untuk Menggabungkan Subtitle dengan Vidio

Kali ini fajarjabrik dapat ilmu baru bagaimana menggabungkan subtitle yang terpisah dengan film.
Dalam blog-blog yang lain sudah banyak yang share tentang cara menggabungkan subtitle dengan film ini, tapi kebanyakan syarat untuk menggabungkan subtitle itu adalah video-video yang berformat khusus seperti mkv,avi.

Kali ini video jenis format apapun (mkv,avi,dat,flv,dan lain-lain) bisa digabungkan subtitlenya dengan software yang satu ini Format factory (FF). Untuk lebih jelasnya tentang info dan link download FormatFactory bisa anda lihat DISINI.


Langkah-langkahnay sebenarnya sama waktu kita akan mengconvert film/video. Tapi bedanya ada di langkah nomor satu. Jadi sekalian convert video kita juga bisa gabungin subtitlenya. Saya biasa gunakan cara ini untuk menonton film di handphone atau ipad, hehe..

Langkah-langkahnya sebagai berikut:
1. Tempatkan dulu video dan subtitle kedalam satu folder, "nama video dan subtitle harus sudah sama"
2. lalu Buka Format Factory
3. Lalu pilih tab video di pinggir kiri, kemudian pilih salah satu format video sebagai outputnya nanti (sekalian bisa convert), misal saya pilih  all to mp4

4. Kemudian cari letak video berada dengan klik Add File

5. Setelah ketemu. klik OK

6. Setelah itu akan kembali ke jendela awal FF dengan video/film yang kita pilih tadi, kemudian pilih Start

7. Tunggu hasilnya..dan it's work!! Hasilnya nanti/otuput secara default akan berada di user>my document>FF Output. Kalau mau cepat klik aja icon Output Folder pada jendela FF.

Nunggunya lumayan lama sih seperti kita sedang convert video..hehe..
Kalau mau edit font-font subtitlenya seperti ganti warna, jenis font, ukuran font, atau tamabahan membuat watermark pada film bisa lihat artikel saya yang ini