12/16/2013

Pengolahan Pengenalan Data Elektronik

BAB I
PENDAHULUAN


1.1   Latar Belakang

Semakin maju dan berkembangnya teknologi informasi saat ini, dimana segala kegiatan dalam kehidupan sehari-hari akan berbasis komputer. Maka dalam suatu instansi Komputer merupakan bahan kebutuhan dalam menciptakan dan memperoleh serta memproses suatu sistem informasi yang setiap saat selalu berkembang. Oleh karena itu setiap orang harus mampu berupaya mengikuti arus informasi yang berkembang di dunia teknologi ini khususnya bidang komputerisasi agar kita tidak termakan oleh alat yang kita buat sendiri.
Pada mulanya pengolahan informasi hampir eksklusif berhubungan dengan masalah aritmatika, tetapi komputer modern dipakai untuk banyak tugas yang tidak hanya berhubungan dengan matematika.
Namun sesuai perkembangan zaman, komputer mulai dipergunakan untuk mengolah beberapa data untuk diubah menjadi informasi yang sangan berguna nantinya. Dengan mengolah data menggunakan komputer, lebih mempermudah kerja operator dan menghemat waktu, serta dapat membantu suatu organisasi mengolah informasi

1.2  Rumusan Masalah
a)    Apa pengertian Pengolahan Pengenalan Data Elektronik (PPDE)?
b)    Bagaimana penerapan
Pengolahan Pengenalan Data Elektronik  (PPDE)  ?

1.3  Tujuan Penulisan
a)    Untuk mengetahui pengertian Pengolahan Pengenalan Data Elektronik (PPDE)
b)    Untuk mengetahui Penerapan
Pengolahan Pengenalan Data Elektronik (PPDE)
c)    Untuk memenuhi tugas kuliah mata kuliah PPDE

1.4  Metode Penulisan
Dalam penulisan makalah ini, penulis mengumpulkan data data dari sumber sumber informasi, baik dari buku elektronik maupun dari media internet.


BAB II
PEMBAHASAN



A.    PENGENALAN DATA ELEKTRONIK


1.1 Definisi Komputer dan Pengolahan Data

Komputer adalah serangkaian atau sekelompok mesin elektronik yang terdiri dari ribuan bahkan jutaan komponen yang dapat saling bekerja sama, serta membentuk sebuah sistem kerja yang rapi dan teliti untuk mengolah informasi menurut prosedur yang telah dirumuskan, menerima input, mengolah input, memberikan informasi, menggunakan suatu program yang tersimpan di memori komputer, dan dapat menyimpan program dan hasil pengolahan, serta bekerja secara otomatis.
Pada mulanya pengolahan informasi hampir eksklusif berhubungan dengan masalah aritmatika, tetapi komputer modern  dipakai untuk banyak tugas  yang tidak hanya berhubungan dengan matematika.
Data adalah  kumpulan kejadian yang diangkat dari suatu kenyataan, penggambaran fakta,  pengertian  instruksi  yandapat  disampaikan  dan  diolah  oleh  manusia  atau mesin  yanberupa  angka-angka,  huruf-huruf  atau  simbol-simbol  khusus  atau gabungan darinya. Data mentah masih belum bisa bercerita banyak, sehingga perlu diolah lebih lanjut.
Pengolahan data (Data Processing) adalah manipulasi pengubahan atau transformasi dari data, simbol-simbol seperti nomor dan huruf ke dalam bentuk yang lebih berguna atau lebih berarti berupa suatu informasi untuk tujuan peningkatan kegunaannya. Informasi adalah hasil dari kegiatan pengolahan data yang memberikan bentuk yg lebih berarti dari suatu kejadian.
Sistem Pengolahan Data adalah adalah sistem  yang melakukan pengolahan data. Contoh : sistem pengolahan data penjualan, sistem pengolahan data pegawai dll.
Pengolahan  data  yang  diolah  dengan  menggunakan  komputer  dikenal  dengan Pengolahan Data Elektronik (PDE) atau Electronik Data Processing (EDP).
Jadi  Pengolahan  Data  Elektronik  (PDE)  atau  Electronic  Data  Processing  (EDP) adalah manipulasi dari data ke dalam bentuk yang lebih berarti berupa suatu informasi dengan menggunakan suatu alat elektronik, yaitu komputer.

1.2 Pengolahan Data pada Komputer
a. Pengumpulan Data
Sistem pengolahan data dirancang untuk mengumpulkan data yang menggambarkan
setiap tindakan internal perusaahaan dan menggambarkan transaksinya dengan lingkungannya.
b. Pengubahan Data
Operasi pengubahan data mencakup pengklasifikasian, penyortiran, pengkalkulasan, perekapitulasian, pembandingan.
c. Penyimpanan Data
Semua data harus disimpan disuatu tempat sampai ia diperlukan. Data tersebut disimpan dalam berbagai media penyimpanan dan file yang disimpan disebut Database.
d. Pembuatan Dokumen
Sistem pengolahan data menghasilkan output yang dibutuhkan oleh perorangan atau kelompok baik di dalam maupun luar perusahaan.
1.3 Komponen Dasar Komputer untuk Pengolahan Data
a.   Hardware
·    Keyboard
·   Alat penunjuk : Mouse, Trackball, Light pen, touch screen, unit remote control dll.
·    Alat Input Pengenal Suara : Speaker Dependent System
·  CPU (Central Processing Unit ). CPU merupakan unit yang mengendalikan semua unit sistem komputer dan mengubah input menjadi output.
CPU terdiri dari :
-   CU (Control Unit), bertugas mengatur dan mengendalikan semua peralatan yang ada pada sistem komputer.
-   ALU   (Arithmatic   Logical   Unit) bertuga melakuka semu perhitungan aritmatika dan logika yang terjadi sesuai dengan instruksi program.

-   Register ruang tampat penyimpanan instruksi dan data yang sedang di proses oleh CPU, sedang instruksi-instruksi dan data lainnya yang menunggu giliran untuk diproses masih disimpandi memori utama.
·  Alat Pencetak Contoh : Printer, Plotter
·  Alat Ouput Suara Contoh : Speech Output Unit (Audio Respons Unit).
·  Camera : Web Cam
·  Microform Contoh : Microfilm, Microfiche

b.  Software
Merupakan perangkat lunak yang berfungsi untuk membantu melakukan berbagai bentuk tugas perkantoran seperti pengolah kata (word processor), lembar sebar (spreadsheet), presentasi (presentation), pengolahan halaman web (web design) hingga perangkat media player dan sebagainya, hal ini sudah berkembang sejak sistem operasi tersebut dikembangkan.Perangkat lunak aplikasi terdiri dari :
      Program bantu (Utility)
Merupakan suatu program yang berfungsi untuk membantu sistem operasi seperti yang dijelaskan diatas, seperti, antivirus,defragmenter, format disket, periksa sistem,dsbg.
      Bahasa Pemrograman merupakan suatu aplikasi yang berguna mengkonversi perhitungan yang bersifat matematis menjadi suatu aplikasi.Sebagai contoh bahasa pemrograman BahasaBASIC,COBOL, C++ ,dsbg.
c. Brainware.
Pengguna (user/brainware) dalam hal ini manusia merupakan pemakai perangkat-perangkat komputer yang dibedakan atas tiga tingkatan pengguna yaitu :
      System Analyst adalah seseorang yang melakukan rancangan analisa sistem yang akan dikerjakan oleh seorang programmer.
      Programmer adalah orang yang mengerjakan hasil analisa menjadi bahasa program atau program aplikasi
      Operator adalah seseorang yang menjalankan atau menggunakan program komputer dalam melaksanakan aktivitasnya sehari-hari

1.4   Pengolahan Data Elektronik

Pengolahan data menggunakan komputer dikenal dengan  nama Pengolahan Data  Elektronik  atau  Electronic  Data  Processing  (EDP).  Data  adalah  kumpulan kejadian yang diangkat dari suatu kenyataan. Pengolahan data (data processing) adalah manipulasi dari data ke dalam bentuk yang lebih berguna dan lebih berarti, berupa suatu informasi. Informasi (information) adalah hasil dari pengolahan data dalam bentuk yang lebih berarti. Jadi Pengolahan Data Elektronik atau Elektronic Data Processing adalah proses manipulasi data ke dalam bentuk yang lebih berarti berupa informasi dengan menggunakan suatu alat elektronik yaitu komputer.

Pengolahan data elektronik memiliki siklus, siklus pengolahan data elektronik terdiri dari tiga tahapan dasar yaitu : Input, Processing, Output.

a.   Input : Tahap ini merupakan proses memasukkan data ke dalam proses komputer.
b. Processing : Tahap ini merupakan proses pengolahan dari data yang sudah dimasukkan yang dapat berupa proses menghitung, membandingkan, mengklasifikasikan, mengurutkan, mengendalikan atau mencari di storage.
c.  Output : tahap ini merupakan proses yang menghasilkan output dari pengolahan data berupa informasi.

Kemudian dikembangkan lagi dengan menambahkan tiga atau lebih tahapan lagi yaitu: Origination, Storage, Distribution.
a. Origination : tahap ini berhubungan dengan proses pengumpulan data.
b. Distribution : tahap ini merupakan proses distribusi output kepada pihak yang berhak atau membutuhkan informasi.
c. Storage    taha ini   merupaka taha perekaman   atau   penyimpana hasil
pengolahan data. Hasil pengolahan data yang telah tersimpan di storage (simpanan luar) dapat dijadikan input untuk proses pengolahan data selanjutnya.
5. Manfaat Pengolahan Data
Dengan digunakannya pengolahan data elektronik, maka manfaat yang dapat diperoleh adalah meminimalkan kebutuhan tenaga manusia, hal ini karena beberapa pekerjaan dilakukan secara otomatis oleh peralatan bantuan seperti komputer. Keuntungan lain adalah kemampuan komputer untuk memproses data lebih besar, keakuratan yang lebih besar,  kecepatan  yang  lebih  besar,  fasilitas  pengendalian  otomatis  dan  pengolahan secara serentak.
Sebagai contoh :
Pembuatan   faktur   Penjualan,   dengan   suda dimanfaatkanny pengolahan   data komputer, maka operator hanya memasukkan jumlah barang yang dipesan, karena nama pelanggan, alamat, harga sudah ada dalam database dan perhitungan total sudah kita dapatkan dari hasil proses program.

Perhitungan upah dan gaji, dengan sudah dimanfaatkannya pengolahan data komputer, operator hanya menginput banyaknya jam kerja, lembur, bonus atau komisi, hari absen, dan untuk kode pegawai, nama pegawai, gaji pokok, informasi perhitungan pajak pendapatan, neraca pinjaman dan informasi kumulatif lainnya sudah ada pada database dan program yang memprosesnya.

1.6 Tujuan dan Fungsi Pengolahan Data
a.   Tujuan Pengolahan Data :
Untuk mengambil informasi asli (data) dan darinya menghasilkan informasi lain dalam bentuk yang berguna (hasil).

b.   Fungsi dasar Pengolahan Data :
-   Mengambil program dan data (masukan / input)
-   Menyimpan program dan data serta menyediakan untuk pemrosesan
-   Menjalankan proses aritmatika dan logika pada data yang disimpan
-   Menyimpan hasil antara dan hasil akhir pengolahan.
-  Mencetak atau menampilkan data yang disimpan atau hasil pengolahan.

Dalam sebuah perusahaan, bagian arsip dan pengolahan data elektronik mempunyai tugas menyusun, menghimpun, meyimpan perumusan pedoman dan petunjuk teknis, mengkoordinasikan bahan kebijakan dan penyelenggaraan pemerintahan di bidang arsip   da PDE  meliputi   :   kearsipan,   pendayagunaa sistem   informasi   serta pengolahan data elektronik mempunyai fungsi:
-   Penyusunan rencana program daerah di bidang pengolahan data elektronik dan kearsipan daerah.
-   Penyusunan dan penganalisis data, pengendali data hasil rekaman serta analisis sistem aplikasi.
-   Pengendalian arus data dari satu masukan sampai data keluaran, perekaman, pengoperasian komputer, penyimpanan file data, penyediaan, dan pengamanan perangkat keras komputer.
-   Pemberian bimbingan, pembinaan, pelayanan, pengendalian komputerisasi dan kearsipan di lingkungan Pemerintah Daerah.
-   Pengumpulan dan pengolahan arsip in-aktif daerah.
-   Pelaksanaan penilaian dan penyerahan arsip statis daerah kepada Arsip Nasional
-   Republik Indonesia setelah mendapat persetujuan tertulis Mentri Dalam Negeri.
-   Pelaksanaan tugas-tugas lain yang diberikan oleh Asisten Tata Praja.

1.7 Kemampuan Sebuah Sistem Informasi Manajemen Dalam Mengolah Data Pengetahuan tentang potensi kemampuan sistem informasi yang dikomputerisasi akan memungkinkan seorang manajer secara sistematis menganalisis masing-masing tugas organisasi dan menyesuaikannya dengan kemampuan komputer.
Sistem  Informasi  Manajemen  secara  khusus  memiliki  beberapa  kemampuan  teknis sesuai yang direncanakan baginya. Secara kolektif kemampuan ini menyangkal pernyataan bahwa komputer hanyalah mesin penjumlah atau kalkulator yang berkapasitas tinggi, sebenarnya komputer tidak dapat mengerjakan sesuatu ia hanya mengerjakan lebih cepat. Sistem Informasi Komputer dapat memiliki sejumlah kemampuan jauh diatas sistem non komputer. Kemampuan ini telah merevolusikan proses manajemen yang menggunakan informasi yang dihasilkan oleh sistem yang telah ada.

Beberapa kemampuan teknis terpenting dalam sistem komputer :
-   Pemrosesan data batch.
-   Pemrosesan data tunggal.
-   Pemrosesan on-line, real time.
-   Komunikasi data dan switching pesan.
-   Pemasukan data jarak jauh dan up date file.
-   Pencarian records dan analisis.
-   Pencarian file.
-   Algoritme dan model keputusan.
-   Otomatisasi kantor
B.  PERKEMBANGAN PERANGKAT LUNAK

1.1  Segmentasi Pasar Perangkat Lunak
Segmentasi Pasar Perangkat Lunak dibagi menjadi empat katagori utama, yaitu:
§     Operating System
§     Database
§     Middleware,
§     Application.

a) Sistem Operasi
§     Sistem operasi merupakan bagian dari perangkat lunak yang berfungsi sebagai penghubung antara komponen hardware (perangkat keras) dengan aplikasi yang dijalankan diatasnya.
§     Sistem operasi mengelola akses dari program-program ke memori utama, unit logika aritmatika, dan bagian-bagian lain dari perangkat keras.

Klasifikasi sistem operasi berdasarkan End-User Interface:
§     Command Driven: seluruh perintah pada sistem operasi diketikkan pada prompt perintah atau dieksekusi melalui script file (misal: DOS, UNIX atau XENIX)
§     Graphical User Interface (GUI): pengguna akhir menggunakan mouse atau alat penunjuk yang lain untuk memilih obyek yang mewakili suatu instruksi spesifik (misal: Windows 95, IBM –OS/2, MAC-OS)

Klasifikasi sistem operasi berdasarkan pangsa pasar:
   §    Sistem  operasi  server/network,  seperti  Windows  NT  Server,  IBM  AIX  for  RS/6000,  DIGITAUNIX,  Open  VMS,  HP-UXSun  Solaris,  dan  IBM OS/400.
   §   Sistem operasi desktop, seperti Windows 95/ Windows NT Workstation, OS/2 Wrap, MacOS, Java.
   §     Sistem operasi Handheld, seperti Windows CE, GEOS, Magic Cap.

b) Basis Data
Secara definisi, basis data adalah koleksi data yang saling berhubungan dan memililiki  arti  dan  terorganisir  secara  rapi.  Data  tersebut  harus  dapat  diakses dengan urutan (order) yang berbeda-beda secara logikal dengan cara yang relatif mudah.


Suatu sistem basis data terdiri dari tiga komponen:
§     Database Management System atau DBMS
§     Data Description Languages (DDL)
§     Data Manipulation Languages (DML),
Hingga saat ini terdapat lima perspektif desain basis data yang utama yang merepresentasikan suatu evolusi dari pemikiran desain. Kelima desain utama tersebut  adalah  sistem  berorientasi  file  (file-oriented,  sistem  berdasar  Hirarki, system berbasis jaringan, sistem relasional dan sistem berorientasi objek (Object- oriented)).
Perkembangan model dan desain tersebut merupakan representasi dari suatu reaksi terhadap model-model yang mendahuluinya. Sistem hirarki suatu basis data merupakan bagian dari perkembangan yang diciptakan untuk mengatasi kekurangan yang ada pada sistem berorientasikan file (file-oriented). Basis data jaringan dikembangkan untuk mengatasi keterbatasan dari desain hirarki. Basis data muncul sebagai solusi baru untuk masalah-masalah yang muncul pada desain hirarki dan desain network dan seterusnya.

c)  Middleware
§     Dalam dunia teknologi informasi, terminologi middleware adalah istilah umum dalam pemrograman komputer yang digunakan untuk menyatukan, sebagai penghubung, ataupun untuk meningkatkan fungsi dari dua buah progaram/aplikasi yang telah ada.
§     Perangkat  lunak  middleware  adalah  perangkat  lunak  yang  terletak  diantara program aplikasi dan pelayanan-pelayanan yang ada di sistim operasi.
Fungsi dari middleware
§     Menyediakan      lingkungan      pemrograman      aplilasi      sederhana      yang menyembunyikan penggunaan secara detail pelayanan-pelayanan yang ada pada sistem operasi .
§     Menyediakan lingkungan pemrograman aplikasi yang umum yang mencakup berbagai komputer dan sistim operasi.
§     Mengisi kekurangan yang terdapat antara sistem operasi dengan aplikasi, seperti dalam hal: networking, security, database, user interface, dan system administration.
d)  Aplikasi
Aplikasi perangkat lunak dapat dibedakan atas tiga katagori, yaitu :
§  Personal Packaged Software,
§  Workgroup Computing,
§  Enterprise Applications.
Personal Packaged Software, adalah perangkat lunak yang diintegrasikan dg PC untuk kepentingan yang personal. Yang termasuk dalam katagori ini adalah sebagai berikut:
§     Accounting, Communication,
§     Desktop database,
§     Desktop Publishing,
§     Graphic/Draw and Paint,
§     Graphics/presentation,
§     Information Management,
§     Games/Entertainment
Berdasarkan Workgroup Computing, adalah perangkat lunak yang memiliki fungsi workgroup (kolaborasi) dalam suatu lingkungan kerja.

§     Messaging system:
§     Workgroup conferencing:
§     Workgroup e-forms:
§     Workgroup email:

1.2  Siklus Pengolahan Data
Origination
Tahapan  ini  berhubungan  dengan  proses  dari  pengumpulan  data  yang  biasanya merupakan proses pencatatan data ke dokumen dasar.

Input
Tahap ini merupakan proses pengolahan memasukan data ke dalam proses komputer lewat alat input (input device)
Processing
Tahap  ini  merupakan  Proses  pengolahan  dari  data  yang  suda  dimasukan  yang dilakukan oleh alat pemeroses (Processing Device) Membadingkan, Mengklasifiksikan, mengurutkan, mengendalikn atau mencari.

Output
Dalam tahap ini output adalah informasi yang siap untuk dipakai atau dipergunakan oleh banyak orang.
 1.3  Media Penyimpanan Data
Memori merupakan bagian dari komputer yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan informasi yang harus diatur dan dijaga sebaik-baiknya. Memori biasanya disebut juga dengan istilah : computer storage, computer memory atau memory, merupakan piranti komputer yang digunakan sebagai media penyimpan data dan informasi saat menggunakan komputer. Memory merupakan bagian yang penting dalam komputer modern dan letaknya di dalam CPU (Central Processing Unit).

a) Media Penyimpanan Stabil (Stable Storage)
Informasi yang ada dalam media ini dianggap tidak pernah hilang. Media ini merupakan media imajiner atau media yang tidak secara fisik ada. Media ini diimplementasikan dengan cara menyimpan data/informasi ke media penyimpanan permanen, kemudian dilakukan penggandaan di beberapa media penyimpanan permanen yang lain dan dikirimkan ke berbagai belahan dunia. Tujuannya adalah bila suatu waktu suatu lokasi mengalami kegagalan, misalnya oleh bencana alam, maka data yang berada di lokasi tersebut memiliki backup yang berada di lokasi lain

b) Media Penyimpanan Sementara (Volatile Storage)
Media penyimpanan ini dapat menyimpan data selama masih ada aliran listrik dan data akan hilang bila tidak ada aliran listrik, oleh sebab itu disebut sebagai volatile. Media penyimpanan ini memiliki keunggulan pada bagian kecepatan aksesnya yang sangat tinggi karena menggunakan metode pengaksesan langsung. Namun media ini  memiliki  kekurangan,  yaitu  harga  yang  mahal  dan  ukurannya  yang  kecil.
Contoh media penyimpanan ini adalah RAM (Random Access Memory), Cache Memory, dan Register Memory.

c) Media Penyimpanan Permanen (Non-Volatile Storage)
Media penyimpanan ini dapat menyimpan data walaupun tidak ada aliran listrik yang mengalir. Bila dibandingkan dengan volatile storage, Media penyimpanan jenis ini biasanya memiliki kapasitas yang jauh lebih besar. Selain itu, Harga per byte-nya jauh lebih murah dibanding volatile storage. Namun tetap saja memiliki kekurangan, yaitu kecepatan aksesnya sangat lambat dibanding volatile storage. Keunggulan-keunggulan  yanada  harus  dibayar  dengan  kecepatan  aksesnya. Media jenis ini sebenarnya tidak 100% aman. Media jenis ini juga berpeluang untuk mengalami kerusakan yang menyebabkan data di dalamnya hilang. Contoh dari media jenis ini adalah tape dan disk.



Secara fisik, memory terbagi menjadi 2 jenis yaitu:
       Memori Internal
       Memori External

a)      Memori Internal

Memori jenis ini dapat diakses secara langsung oleh prosesor. Memori internal memiliki fungsi sebagai pengingat. Dalam hal ini yang disimpan di dalam memori utama dapat berupa data atau program. Secara lebih tinci, fungsi dari memori utama adalah :
      Menyimpan data yang berasal dari peranti masukan sampai data dikirim ke ALU (Arithmetic and Logic Unit) untuk diproses
      Menyimpan daya hasil pemrosesan ALU sebelum dikirimkan ke peranti keluaran
      Menampung program/instruksi yang berasal dari peranti masukan atau dari peranti pengingat sekunder 

Jenis-jenis memori internal:


1.      ROM

ROM adalah kependekan dari Read Only Memory, yaitu perangkat keras pada komputer berupa chip memori semikonduktor yang isinya hanya dapat dibaca Jenis memori ini datanya hanya bisa dibaca dan tidak bisa ditulis secara berulang-ulang.­ Memori ini berjenis non-volatile, artinya data yang disimpan tidak mudah menguap (hilang) walaupun catu dayanya dimatikan. Karena itu memori ini biasa digunakan untuk menyimpan program utama dari suatu sistem. ROM pada komputer disediakan oleh vendor komputer dan berisi program atau data.Di dalam PC, ROM biasa disebut BIOS (Basic Input/Output System) atau ROM-BIOS. Instruksi dalam BIOS inilah yang akan dijalankan oleh mikroprosesor ketika komputer mulai dihidupkan.

2.      RAM

RAM (Random-Access Memory) adalah jenis memori yang isinya dapat diganti-ganti selama komputer sihidupkan dan sebagai suatu penyimpanan data yang dapat dibaca atau ditulis dan dapat dilakukan secara berulang-ulang dengan data yang berbeda-beda. Jenis memori ini merupakan jenis volatile (mudah menguap), yaitu data yang tersimpan akan hilang jika catu dayanya dimatikan. Karena alasan tersebut, maka program utama tidak pernah disimpan di RAM.
b)     Memori Eksternal

Merupakan memori tambahan yang berfungsi untuk menyimpan data atau program.Contoh:­ Hardisk, Floppy Disk, Dll.

Konsep dasar memori eksternal adalah menyimpan data bersifat tetap (non volatile), baik pada saat komputer aktif atau tidak. Memori eksternal yaitu perangkat keras untuk melakukan operasi penulisan, pembacaan dan penyimpanan data, di luar memori utama.

Memori eksternal mempunyai dua tujuan utama yaitu sebagai penyimpan permanen untuk membantu fungsi RAM dan yang untuk mendapatkan memori murah yang berkapasitas tinggi bagi penggunaan jangka panjang.

Jenis memori eksternal :

1.      Berdasarkan karakteristik bahannya

Berdasarkan karakteristik bahan pembuatannya, memori eksternal digolongkan menjadi beberapa kelompok sebagai berikut:

- Magnetic disk
Magnetic Disk merupakan disk yang terbuat dari bahan yang bersifat magnetik, Contoh : floppy dan harddisk.

- Optical Disk
Optical disk terbuat dari bahan-bahan optik, seperti dari resin (polycarbonate)­ dan dilapisi permukaan yang sangat reflektif seperti alumunium. Contoh : CD, DVD, HD DVD, Blu- Ray

- Magnetic Tape
Sedangkan magnetik tape, terbuat dari bahan yang bersifat magnetik tetapi berbentuk pita, seperti halnya pita kaset tape recorder.

2.      Berdasarkan Jenis Akses Data
Berdasarkan jenis aksesnya memori eksternal dikelompokkan menjadi dua jenis yaitu :
-   DASD (Direct Access Storage Device) di mana ia mempunyai akses langsung terhadap data.
Contoh : Magnetik (floppy disk, hard disk),  Removeable hard disk (Zip disk, Flash disk), Optical Disk.

-   SASD (Sequential Access Storage Device) : Akses data secara tidak langsung (berurutan), seperti pita magnetik.
C.    SISTEM OPERASI

1.1  Perangkat Lunak
Sistem Operasi adalah software pada lapisan pertama yang ditempatkan pada memori komputer pada saat komputer dinyalakan. Sedangkan software-software lainnya dijalankan setelah Sistem Operasi berjalan, dan Sistem Operasi akan melakukan layanan inti umum untuk software-software itu. Layanan inti umum tersebut seperti akses ke disk, manajemen memori, skeduling task, dan antar-muka user. Sehingga masing-masing software tidak perlu lagi melakukan tugas-tugas inti umum tersebut, karena  dapat  dilayani  dan  dilakukan  oleh  Sistem  Operasi.  Bagian  kode  yang melakukan tugas-tugas inti dan umum tersebut dinamakan dengan "kernel" suatu Sistem Operasi

Kalau sistem komputer terbagi dalam lapisan-lapisan, maka Sistem Operasi adalah penghubung antara lapisan hardware dan lapisan software. Lebih jauh daripada itu, Sistem Operasi melakukan semua tugas-tugas penting dalam komputer, dan menjamin aplikasi-aplikasi yang berbeda dapat berjalan secara bersamaan dengan lancar. Sistem Operasi menjamin aplikasi software lainnya dapat menggunakan memori, melakukan input  dan  output  terhadap  peralatan  lain,  dan  memiliki  akses  kepada  sistem  file. Apabila beberapa aplikasi berjalan secara bersamaan, maka Sistem Operasi mengatur skedule yang tepat, sehingga sedapat mungkin semua proses yang berjalan mendapatkan waktu yang cukup untuk menggunakan prosesor (CPU) serta tidak saling mengganggu.

Dalam banyak kasus, Sistem Operasi menyediakan suatu pustaka dari fungsi-fungsi standar, dimana aplikasi lain dapat memanggil fungsi-fungsi itu, sehingga dalam setiap pembuatan program baru, tidak perlu membuat fungsi-fungsi tersebut dari awal.
Sistem Operasi secara umum terdiri dari beberapa bagian utama yaitu:
a) Process Management
Proses yang terjadi di dalam komputer merupakan proses yang dilakukan oleh processor. Membuka program/aplikasi sebanyak mungkin misalnya kita membuka aplikasi Microsoft Word, winamp, Microsoft Excel,  bermain game dalam waktu yang bersamaaan, pada saat itu juga prosessor juga memngerjakan semua itu dalam waktu yang bersamaan. Tetapi mengapa tidak terjadi deadlock atau tabrakan data sehingga menyebabkan eror atau komputer tidak dapat merespon? Di sini lah sistem operasi itu bekerja. Sistem operasi bekerja sebagai pengelola kerja prosessor sehingga prosessor tidak terjadi tabrakan data. Sistem operasi mengatur data/aplikasi/program mana yang harus di jalankan terlebih dahulu dan data/aplikasi.program mana yang harus menunggu. Proses-proses ini mengatur dari awal hingga akhir dan proses ini dapat berjalan jika sumber daya yang di butuhkan akan terpenuhi. Di situlah terjadi process management di dalam sistem operasi.
b) Memory Management
Memory di sini bukan berarti sistem operasi dapat menyimpan file-file seperti yang kita lakukan di dalam harddisk. Maksud memory di sini adalah tempat persinggahan atau tempat sementara data dan atau informasi yang di butuhkan prosessor yang nantinya akan di teruskan ke dalam prosessor. Sebelumnya mengenai process management untuk mengatur informasi yang di butuhkan oleh prosessor sehingga tidak terjadinya tabrakan data, di dalam memory inilah yang mengatur. jadi, data di simpan sementara di dalam memory ini, data yang di butuhkan akan di teruskan ke prosessor dan data yang belom di butuhkan akan di simpan di tempat ini terlebih dahulu. Struktur memory ini berbeda dengan struktur penyimpanan seperti harddisk, flasdisk, dll. Struktur ini memiliki metode metode untuk menyimpan dan mengeluarkan data dan atau informasi yang dibutuhkan oleh prosessor. Beberapa metode yang tidak asing bagi kita yaitu FAT dan NTFS. Jadi, FAT dan NTFS itu merupakan metode untuk penyimpanan sementara data dan atau informasi yang ada di dalam sistem operasi.
c) I/O(input output) Management
Sistem operasi berfungsi sebagai tempat mengatur input output yang terjadi dan sering disebut sebagai device manager yang menyediakan device driver agar perangkat yang digunakan lebih efisien. Misalnya di dalam membaca file di harddisk, CD-ROM, Flasdisk. Sistem Operasi mengatur agar perangkat-perangkat input output yang ada tidak terjadi tabrakan data sehingga masing-masing perangkat bisa bekerja sesuai penjadwalan. Penjadwalan di sini maksudnya adalah antrian proses, kapan perangkat tersebut digunakan dan kapan perangkat tersebut tidak digunakan.
d) File Management
Dari kata-kata “File Management” berarti sistem operasi melakukan tugas untuk mengatur file-file yang ada. Misalkan: menghapus dan membuat direktori, membuat dan menghapus file, mengatur letak file ke dalam memori sehingga file-file tersebut tertata rapi.
e) Pretection System
Dari kalimatnya sudah tidak asing lagi bagi kita. Protect berarti melindungi. Tugas sistem operasi juga sebagai pelindung, namun pelindung di sini bukan untuk melindungi komputer dari ancaman virus atau hacker. Tetapi pelindung di sini sebagai melidungi sumber daya yang digunakan atau bisa dikatakan bahwa sistem operasi mengontrol semua sumber daya yang digunakan. Mengatur data dan atau informasi yang harus dijalankan terlebih dahulu di dalam processor agar tidak terjadi deadlock atau tabrakan data. Membedakan data dan atau informasi yang sudah diberi ijin oleh prosessor untuk di teruskan ke dalam prosessor untuk diolah di dalam prosessor.
f) Networking
Networking atau jaringan atau bisa disebut sistem distribusi. Sistem distribusi merupakan kumpulan beberapa prosesor yang tidak membagi clock. sistem distribusi menydiakan user untuk akses susmber daya sistem. Akses sumber daya ini digunakan untuk mempercepat komputasi, meningkatan ketersediaan data, peningkatan keandalan.
g) Command Interpreter System
Sistem operasi bertugas untuk menunggu instruksi pengguna. Command Interpreter System yang digunakan oleh sistem operasi satu dengan sistem operasi yang lain berbeda dan bervariasi disesuaikan dengan tujuan dan I/O yang digunakan. contohnya: CLI, Windows, Pen-based()touch), dll.
Itulah 7 komponen utama dalam sistem operasi. Sehingga kita dapat mengetahui tugas apa yang dilakukan oleh sistem operasi ketika berjalan.
Sebagian Sistem Operasi hanya mengizinkan satu aplikasi saja yang berjalan pada satu waktu (misalnya DOS), tetapi sebagian besar Sistem Operasi baru mengizinkanbeberapa aplikasi berjalan secara simultan pada waktu yang bersamaan. Sistem Operasi  seperti  ini  disebut  sebagai  Multi-tasking  Operating  System  (misalnya keluarga sistem operasi UNIX).
Beberapa Sistem Operasi berukuran sangat besar dan kompleks, serta inputnya tergantung kepada input pengguna, sedangkan Sistem Operasi  lainnya  sangat  kecil  dan  dibuat  dengaasumsi  bekerja tanpa  intervensi manusia sama sekali. Tipe yang pertama sering disebut sebagai Desktop OS, sedangkan tipe kedua adalah Real-Time OS

Perangkat lunak aplikasi adalah suatu subkelas perangkat lunak komputer yang memanfaatkan kemampuan komputer langsung untuk melakukan suatu tugas yang diinginkan pengguna. Biasanya dibandingkan dengan perangkat lunak sistem yang mengintegrasikan berbagai kemampuan komputer, tapi tidak secara langsung menerapkan kemampuan tersebut untuk mengerjakan suatu tugas yang menguntungkan pengguna. Contoh utama perangkat lunak aplikasi adalah pengolah kata, lembar kerja, dan pemutar media.

Beberapa  aplikasi  yang  digabung  bersama  menjadi  suatu  paket  kadang  disebut sebagai suatu paket atau suite aplikasi (application suite). Contohnya adalah Microsoft Office dan OpenOffice.org, yang menggabungkan suatu aplikasi pengolah kata, lembar kerja, serta beberapa aplikasi lainnya. Aplikasi-aplikasi dalam suatu paket biasanya memiliki antarmuka pengguna  yang memiliki kesamaan sehingga memudahkan pengguna untuk mempelajari dan menggunakan tiap aplikasi. Sering kali, mereka memiliki kemampuan untuk saling berinteraksi satu sama lain sehingga menguntungkan pengguna. Contohnya, suatu lembar kerja dapat dibenamkan dalam suatu  dokumen pengolah kata walaupun dibuat  pada aplikasi  lembar  kerja  yang terpisah.

Perangkat Lunak merupakan perangkat lunak yang berfungsi sebagai aplikasi pembantu dalam kegiatan yang ada hubungannya dengan komputer, misalnya memformat disket, mengopi data, mengkompres file, dan lain-lain.

Contoh software ini diantaranya :
·  TuneUpUtility
·  WinRAR
·  Norton Ghost
·  Antivirus






BAB III
PENUTUP


1.1  Kesimpulan
Dari penjelasan diatas, maka dapat diambil kesimpulan bahwa komputer merupakan seperangkat alat elektronik dengan bagian-bagian sistemnya yang memiliki fungsi untuk mengolah data-data menjadi informasi dengan bantuan instruksi yang dimengerti oleh komputer yang disebut bahasa pemrograman.
Dengan menggunakan bantuan komputer dalam memecahkan suatu permasalahan, maka banyak sekali kelebihan yang didapat oleh manusia, diantaranya yaitu  : efisiensi dalam penggunaan waktu, biaya dan juga tenaga, kecermatan dan ketelitian perhitungan, ketetapan suatu analisa jumlah data yang dapat diolah besar dapat memcahkan masalah-maslah yang rumit yang tidak dilakukan tanpa menggunakan komputer. Hasil komputer dapat disajikan lebih baik dan menarik dengan resiko terjadi kesalahan yang lebih kecil.
Namun dalam hal ini, efektifitas dan efisienitas sebuah perangkat komputer tidak akan optimal tanpa adanya software (sistem operasi, aplikasi) dan juga seorang pengguna (brainware) yang mampu mengoprasikannya hingga menjadi sebuah kesatuan dalam menyelesaikan suatu permasalahan.

1.2  Saran
Perkembangan dan kemajuan dunia komputer dari tahun ke tahun semakin pesat, baik dari segi perkembangan hardware (perangkat keras komputer) maupun software (perangkat lunak komputer). Maka dari itu, kita sebagai manusia dan juga sebagai operator komputer (brainware), kita tidak hanya dituntut untuk bisa mengoprasikan dan merawatnya, tetapi juga dituntut untuk secara mandiri dapat memperbaiki perangkat komputer bila terjadi sebuah kerusakan maupun malfungsi sistem.

Oleh karena itu, demi kemajuan komputer dimasa mendatang yang diharapkan dapat membantu semua jenis pekerjaan manusia, sehingga kita mampu menyelesaikan pekerjaan kita dengan cepat karena dimasa depan teknologi akan semakin maju dan semua pekerjaan dikerjakan dengan sistem komputerisasi yang canggih.

Comments
0 Comments

0 comments:

Post a Comment

Tolong tinggalkan sedikit komentar untuk koreksi blog ini.
Harap tidak memberikan komentar :
1. Sara dan pornografi
2. Spam Content (Konten Sampah)
3. Penghinaan dan Pelecehan
4. OOT (Out Of Topic)