11/19/2014

Cara Menghubungkan Database dengan Grid dan Pengaturannya Pada Foxpro Untuk Pemula



Fajarjabrik-Penggunaan bahasa pemrograman Visual Foxpro tak akan lepas dari yang namanya penggunaan Database, karna emang nih program yang masih sodaraan sama Visual Basic emang didesain khusus untuk kebutuhan tersebut. Dan untuk melihat apakah data hasil penginputan udah kesimpen apa belum, maka dibutuhkan sebuah sarana untuk menampilkannya ke sebuah form agar bisa diketahui oleh si programmer. Nama dari fitur bawaan si rubah orange ini yaitu "Grid".

Grid akan menampilkan data berupa tabel yang ada pada database sesuai dengan apa yang kita inginkan. Namun, agaar database mau nampil, maka kita harus mengsinkronkannya terlebih dahulu. Caranya mudah kok, sobat tinggal ikutin trik dibawah ini.

1. Pastikan sobat telah membuat sebuah tabel database terlebih dahulu yang mau disinkronin.
Misalnya:

2. Buat sebuah Form dan Grid dari Form Control Toolbar

3 Klik Kanan Grid1 >>> Properties >>> Maka akan nampil properties windows. Pada bagian Data >>> Pilih RecordSource >>> Masukan Tabel Database yang ingin ditampilin. Misalnya : Tabelku.



Sampai pada tahapan ini, database akan tampil pada grid bila form di Run/Dijalankan. Untuk mengkustomisasi tabel pada gridnya, langkah-langkahnya ada dibawah ini.
4. Klik Kanan Grid1 >>> Builder. Nantinya akan muncul 4 menui, yaitu (Grid Item, Style, Layout, Relationship)
A. Grid Item digunakan untuk mengatur field apa saja yang mau ditampilin di Grid

B. Pada Bagian Layout, kalian bisa memilih style atau bentuk tampilannya seperti apa

C.Pada Bagian Layout, kalian bisa mengatur ukuran pembatas tabel, ataupun merubah Caption dari Field yang nantinya nampil di Grid

D. Relationship digunakan untuk membuat keterkaita/hubungan pada suatu field.

Bagi yang butuh contoh projectnya, silahkan klik [DOWLOAD]
Selamat mencoba...
Semoga aja bermanfaat buat sobat sekalian .