11/29/2014

Membuat Penghitung Gaji Karyawan dengan Microsoft Visual Foxpro



Halo Sobat Fajarjabrikkali ini gue mau share tutorial buat ngebikin aplikasi perhitungan gaji karyawan menggunakan aplikasi foxpro.
Bagi yang ngambil kuliah berbasis komputer, pasti pernah dong disuruh oleh dosen mata kuliah kalian buat ngebikin program kayak gini,
cara bikinnya sederhana kok, cuman butuh beberapa kolom input, combobox, n combo button.
Oke, gak usah banyak bacot, langsung aja ikutin caranya dibawah ini:


1. Buat project baru
(File >> New, Pilih file type Project >> New File)

2. Buat sebuah database (free table) untuk tempat penyimpanan
(Pada Project Manager, Pilih Data >> Free Tables >>New)
Gunakan Ketentuan Sebgai Berikut dan simpan dengan nama (TGaji.dbf)

Name
Type
Width
nama
character
15
jabatan
character
13
gaji
number
7
statuse
character
13
tunjangan
number
6
total
number
10

2. Buat sebuah form
(Pada Project Manager, Pilih Document >> Form >> New)

4. Buat desain form seperti dibawah ini

Silahkan sobat improfisasi kalau mau yang lebih bagus lagi.

Gunakan Ketentuan Sebagai Berikut
ObjectNameCaption
Label1Label1PENGHITUNG GAJI KARYAWAN
Label2Label2Nama Karyawan
Label3Label3Jabatan
Label4Label4Gaji Pokok
Label5Label5Status
Label6Label6Tunjangan
Label7Label7Total Gaji
   
Text1Text1-
Text2Text2-
Text3Text3-
Text4Text4-
   
Combo1Combo1 
Combo2Combo2 
   
Command1CHitung\<HITUNG
Command2CSimpan\<SIMPAN
Command3CBaru\<BARU
Command4CHapus\<HAPUS
Command5CExit\<EXIT
   
Grid1Grid1Grid1

Coding Yang Digunakan:
Coding Form1 (Procedure: Init)
thisform.combo1.Value='Manager'
thisform.combo2.Value='Tetap'
thisform.text2.Value=0
thisform.text3.Value=0
thisform.text4.Value=0
thisform.text1.SetFocus()
Coding HITUNG
A = thisform.text2.Value
B = thisform.text3.Value
C= A+B
thisform.text4.Value=C
Coding SIMPAN
insert into tgaji(nama,jabatan,gaji,statuse,tunjangan,total);
                       values(thisform.text1.value,;
                                  thisform.combo1.Value,;
                                  thisform.text2.value,; 
                                  thisform.combo2.Value,;
                                  thisform.text3.value,; 
                                  thisform.text4.Value) 

MESSAGEBOX('Sip.. Datamu Udah Kesimpen Sob')

thisform.grid1.Refresh() 
Coding BARU
thisform.combo1.Value='Manager'
thisform.combo2.Value='Tetap'
thisform.text2.Value=0
thisform.text3.Value=0
thisform.text4.Value=0
thisform.text1.SetFocus()
Coding HAPUS
set delete on
select tgaji


jawab=messagebox("Yakin mo hapus data gaji karyawan loe?",1,"HAPUS DATA")

if jawab=1
thisform.grid1.setfocus()
select tgaji
DELETE
GO TOP
thisform.grid1.refresh()
endif
Coding EXIT
tutup=MESSAGEBOX("Yakin Nih Mo Keluar?",1+48,"Konpirmasi!")
IF tutup=1
thisform.Release
ENDIF
Coding COMBOBOX (Combo1)
IF thisform.combo1.Value='Manager' then
thisform.text2.Value=4500000
ELSE
IF thisform.combo1.Value='Karyawan' then
thisform.text2.Value=3500000
ELSE
IF thisform.combo1.Value='Operator' then
thisform.text2.Value=2500000
ELSE
thisform.text2.Value=1500000
ENDIF
ENDIF
ENDIF
Coding COMBOBOX (Combo2)
IF thisform.combo2.Value='Tetap' then
thisform.text3.Value=550000
ELSE
thisform.text3.Value=275000
ENDIF

5. Untuk menginputkan daftar/menu apa saja yang ada pada Combobox seperti gambar ini:






Caranya yaitu:
-Klik Combo1 >> Pada Properties Window, Pilih Bagian Data:


  • Pilih "RowSourceType" dengan "1-Value" (Untuk menginput value secara manual)
  • Isi "RowSource" dengan "Manager,Karyawan,Operator,Kacung" (Tanpa tanda petik)

-Klik Combo2 >> Pada Properties Window, Pilih Bagian Data:

  • Pilih "RowSourceType" dengan "1-Value"
  • Isi "RowSource" dengan "Tetap,Tidak Tetap " (Tanpa tanda petik)


6. Koneksikan Grid1 dengan database TGaji
Klik Grid1 >> Pada Properties Window, Pilih Bagian Data, isi RecordRecource dengan "TGaji" (Tanpa tanda petik)

Sekian dulu yang dapat gue share, semoga bisa membantu sobat sekalian.
Kalo pengen liat contohnya yang udah jadi, silahkan download project ini dengan klik

[DOWNLOAD]

Jika pengen download project yang lain, silahkan klik disini
See You..

2 comments:

  1. kami sekeluarga tak lupa mengucapkan puji syukur kepada ALLAH S,W,T
    dan terima kasih banyak kepada AKI atas nomor togel.nya yang AKI
    berikan 4 angka 4180 alhamdulillah ternyata itu benar2 tembus AKI.
    dan alhamdulillah sekarang saya bisa melunasi semua utan2 saya yang
    ada sama tetangga.dan juga BANK BRI dan bukan hanya itu AKI. insya
    allah saya akan coba untuk membuka usaha sendiri demi mencukupi
    kebutuhan keluarga saya sehari-hari itu semua berkat bantuan AKI..
    sekali lagi makasih banyak ya AKI… bagi saudara yang suka main togel
    yang ingin merubah nasib seperti saya silahkan hubungi AKI SOLEH,,di no (((082-313-336-747)))
    insya allah anda bisa seperti saya…menang togel 275
    juta, wassalam.


    dijamin 100% jebol saya sudah buktikan...sendiri....







    Apakah anda termasuk dalam kategori di bawah ini !!!!


    1"Dikejar-kejar hutang

    2"Selaluh kalah dalam bermain togel

    3"Barang berharga anda udah habis terjual Buat judi togel


    4"Anda udah kemana-mana tapi tidak menghasilkan solusi yg tepat


    5"Udah banyak Dukun togel yang kamu tempati minta angka jitunya
    tapi tidak ada satupun yang berhasil..







    Solusi yang tepat jangan anda putus asah....AKI SOLEH akan membantu
    anda semua dengan Angka ritwal/GHOIB:
    butuh angka togel 2D 3D 4D SGP / HKG / MALAYSIA / TOTO MAGNUM / dijamin
    100% jebol
    Apabila ada waktu
    silahkan Hub: AKI SOLEH DI NO: (((082-313-336-747)))




    atau klik langsung di KLIK DSINI BOCORAN TOGEL




    angka GHOIB: singapur 2D/3D/4D/



    angka GHOIB: hongkong 2D/3D/4D/



    angka GHOIB; malaysia



    angka GHOIB; toto magnum 4D/5D/6D/



    angka GHOIB; laos

    ReplyDelete
  2. KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل

    KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل


    KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل

    KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل

    KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل


    KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل

    ReplyDelete

Tolong tinggalkan sedikit komentar untuk koreksi blog ini.
Harap tidak memberikan komentar :
1. Sara dan pornografi
2. Spam Content (Konten Sampah)
3. Penghinaan dan Pelecehan
4. OOT (Out Of Topic)