12/18/2014

Tips Trik Komputer - Cara Mempartisi Flashdisk



FajarJabrik - Mungkin pernah terlintas dibenak sobat buat mempartisi sebuah flashdisk, tapi mungkin sobat masih ragu apakah hal itu bisa dilakuin ato tidak. Tenang aja, semua mungkin kok, yang penting ada kemauan  dan usaha. Meskipun flashdisk strukturnya berbeda dengan Hardisk, tapi sama-sama buat nyimpen memori, so.. mempartisi flashdisk bisa sobat lakuin.

Dalam mempartisi FD ada 2 proses sob, yaitu:
1. Membalik RMB Flasdisk
2. Membuat tabel partisi baru

Setelah tau prosesnya, nah selanjutnya sobat ikutin deh langkah mempartisi flashdisk dibawah ini:

PERINGATAN!: Backup data sobat sebelum melakukan trik ini, karena nantinya data akan terformat. Admin tidak bertanggung jawab jika terjadi kerusakan karena melakukan trik ini, namun admin akan membantu sobat semampunya.

Langkah-langkah mempartisi FD:


Proses 1, membalik RMB flashdisk
1. Format dulu FD sobat biar nantinya tidak mengganggu proses
2. Karena didalam OS Windos tidak ada aplikasi untuk membalik RMB, maka sobat donlot dahulu "BootIt Tool" DISINI
3. Colokin Flasdisk ke Kompi/Lektop sobat
4. Extrack lalu sobat buka BootIt.exe yang udah didonlot.
5. Klik “Flip Removable Bit” dan untuk lebih jelasnya silahkan lakukan seperti pada gambar di bawah ini.



6. Cabut FD sobat dari kompi/lektop, lalu pasang kembali. Pada langkah ini maka flashdisk sobat akan terdeteksi oleh windows menjadi Fixed Disk (flashdisk sobat bukan removable disk lagi).


Proses 2, membuat tabel partisi baru

Note!: Langkah ini baru bisa dilakukan jika cara diatas berhasil. Biar sobat belum cukup yakin, cobat cek FD dengan  cara kita lakukan klik kanan di Flashdisk kita lalu cek di Device Properties. Jika udah clear, lanjut cara dibawah...

1. Kilk Star >>> Run (Win+R), lalu sobat ketik diskmgmt.msc dan tekan enter.

2. Pada tampilan Disk Management, pilih FD sobat (Lihat ukuran, nama dan Drive letter) lalu klik kanan FD sobat trus Delete Partition, untuk lebih jelasnya silahkan lihat gambar di bawah ini.

 
3. Klik kanan FD sobat, trus pilih New Partition (Untuk membuat partisi baru), lebih jelasnya silahkan lihat gambar berikut.



5. Silahkan sobat lakukan urutan langkah-langkah pada New Partition Wizard lalu kemudian sobat bikin "Primary Partition".
Ketika sobat ada di bagian pilihan "Partition Size", Silahkan berikan nilai (ukuran partisi) yang sobat inginkan , tapi HARUS “kurang dari” dari kapasitas maksimum USB flashdisk sobat supaya dapat membuat sisa ruangan untuk partisi selanjutnya. Saran saya, bagi aja kapasistasnya menjadi 2. Contoh, jika FD sobat 4GB (4096MB) maka Partisi 1 (2048MB/2GB) dan Partisi 2 juga (2048MB/2GB)

5. Pada langkah ke lima ini sobat tinggal Lanjutkan Wizard, dan juga memberikan Pilihan nama FD sobat lalu pemformatan partisi. (Rekomendasi Fat32)



6. Sesudah membuat partisi yang pertama, sobat bisa melakukan penambahan partisi dengan cara mengulangi langkah yang ada di nomor 3 sampai ke nomor 5.


7. Finish...


Keren kan kalau FD sobat bisa berisi beberapa partisi sekaligus. Sobat bisa menggunakan pertisi tersebut untuk mengelompokan file seperti pada partisi haridsik..
Semoga bermanfaat ...

12/15/2014

5 Kelebihan Windows 10 (Wajib Baca Sebelum Install!)

Kelebihan Windows 10 - Sobat FajarJabrk semuanya, pasti tau dong dengan salah satu perusahaan terbesar pengembang sistem operasi komputer yang satu ini.. Yap! Microsoft. Perusahaan milik Om Bill Gates ini sebentar lagi akan bersiap meluncurkan OS baru mereka, yaitu Windows 10 pada tahun 2015 mendatang. Melihat angka 10 di ujung nama OS Windows ini, pasti muncu pertanyaan di kepala sobat "Lho? Kok langsung 10? 9 nya mana?" Dari gosip yang beredar sih katanya Microsoft tidak ingin menggunakan angka yang udah pernah digunakan sebelumnya, contohnya saja pada Windows seri 95-98 sob.. Emang suka bikin heboh nih Om Bill, ckckck...

Balik lagi ke topik yang kita bahas. Ngomongin soal kelebihan dari OS anyar ini, ada cukup banyak rombakan yang dilakukan bila dibandingkan pendahulunya yaitu Windows 8 yang memang masih memiliki banyak kekurangan. Oke, gak usah banyak cingcong, mendingan sobat langsung ke pokok pembahasan kita, apa saja sih kelebihan yang ditawarin Windows 10 dibanding pendahulunya, simak dibawah ini.. Cekipret!

1. Adanya pratinjau di Start Menu
Tak ingin mengulangi kesalahan yang sama pada pendahulunya di Windows 8 yang menuai banyak kritikan dari penggunanya, Kini Microsoft mengembalikan start menu + bonus berupa tampilan pertinjau. Jadi, bisa lebih mempermudah penggunanya dalam memilih yang akan dibuka.


2. Penambahan Multi Desktop (Snap enchancement)

Salah satu fitur baru yang disematkan dalam Windows 10 yaitu Snap Enchancement, yaitu memungkinkan sobat melihat dan memanajemen beberapa aplikasi yang berjalan dalam 1 layar/desktop dengan bentuk yang ringkas. Sebenarnya fitur ini sudah ada dan diterapkan pada OS rivalnya, yaitu linux. But okelah, yang penting tujuannya buat mempermudah penggunanya.


3. Penambahan Aplikasi Commands (Perintah)
Aplikasi tersebut ditampilkan dalam format yang sama dengan aplikasi pada desktop, selain itu tampilan yang dinamis dengan kemampuan untuk diubah ukurannya dan dapat bergerak. Menarik bukan

Commands App Windows 10
Tampilan App_Commands Pada Windows 10 (Source:blogs.windows.com)

4. Penambahan teknologi Virtual Desktop
Sebenarnya fitur ini sudah ada pada Windows 7, namun untuk hal yang satu ini, Microsoft boleh dikatakan memberikan rasa baru dalam produknya. Kemampuan untuk membuat beberapa desktop untuk tujuan ataupun tema yang berbeda, sekaligus kemudahan untuk berpindah desktop dengan lebih mudah dan cepat. Selain itu kemudahan yang anda akan dapatkan dengan menggunakan Windows 10 nantinya adalah, dapat dengan cepat dalam melakukan pencarian file. 



5. Satu Untuk Semua (All In One)
Inilah kelebiha OS satu ini yang paling keren sob, yaitu nantinya Windows 10 dapat diinstall tidak hanya pada perangkat komputer/notebook saja, tetapi juga bisa diinstall pada gadget lainnya seperti Smartphone dan Tablet PC

Itulah beberapa kelebihan yang ditawarkan Windows 10 oleh Microsoft sebagai pembaruan dari Windows 8 yang bisa dianggap sebagai produk gagal. Dengan fitur-fitur baru yang ada, nantinya pengguna akan lebih dimudahkan dalam mengoprasikan OS dengan tampilan ala Retro ini.

Oke, sekian yang bisa fajarjabrik sampaikan kepada sobat-sobat sekalian. Untuk versi pre atau Technical Preview sobat bisa langsung mendownloadnya di situr resmi Microsoft. Namun tentunya masih banyak kekurangan/bug. Jadi, sabar aja nunggu versi resminya dirilis tahun 2015 mendatang ya..
Sampai jumpa di postingan depan...

12/12/2014

10 Tips Sederhana Menghemat Baterai Android



Fajarjabrik - Sobat sudah gak asing kan dengan salah satu sistem operasi smartphone dan Tablet dengan logo kolor, eh.. Robot ijo yang satu ini kan. Yap, Android saat ini menjadi tren bagi para user smartphone di tanah air sob. Bagi para pengguna gadget ber OS Android, daya tahan batre adalah salah satu hal pokok yang kudu diperhatiin, pasalanya tanpa ada nih komponen gadget sobat tidak bisa dioperasikan. Mengingat OS Android adalah salah satu OS yang paling boros sama penggunaan daya batre, kali ini saya akan menshare 10 tips untuk mengakali masalah borosnya batre pada android. Silahkan sobat simak..

10 Tips Sederhana Menghemat Gadet Android:

1. Atur Kecerahan Layar
Layar pada gadget adalah pemakan daya batre paling besar setelah CPU. Maka dari itu, fasilitas layar pada Gadget Andro sangat-sangat mempengaruhi efektifitas dan kemampuan dalam konsumsi daya baterai. Penggunaan pencahayaan yang sangat terang akan menyebabkan penggunaan daya batre semakin besar dan cepat habis. Untuk itu, jika sobat ingin batre agar bisa lebih tahan lama digunakan, maka atur pencahayaan menjadi tidak terlalu terang. Dan untuk menambah waktu stand by gadget sobat, layar dirubah menjadi redup saja biar daya yang dibutuhkan lebih kecil.

2. Matikan Wi-Fi dan Bluetooth Jika Tidak Perlu
Tips selanjutnya untuk menghemat batre Android adalah mematikan konektifitas wifi dan bluetooth. Bila wifi sobat  dalam kondisi aktif, maka Android sobat akan berusaha terus menerus mencari jaringan wifi yand dipancarkan dari router yang akan terus memangkah daya batre sobat, sama halnya dengan bluetooth. Maka dari itu, bila konektifitas ini tidak dibutuhkan, sebaiknya sobat non aktifkan saja.

3. Matikan Sambungan Internet Secara Otomatis 
Salah satu yang membuat daya tahan baterai Android menjadi boros  yaitu aktifnya paket data atau internet. Nah, untuk mengakalinya, matikan saja paket data sobat pada saat hendak tidur. gak mungkin kan mau bales bbm sambil tidur?
Untuk menonaktifkan jaringan internet secara otomatis, sobat bisa langsung sedot "Automatelt" atau "Tasker" melalui Google Play Store.

4. Uninstall Aplikasi yang Tidak Perlu
Seperti yang kita tahu, kebanyakan dari aplikasi Android selalu aktif dan bekerja pada mode background. Jadi, semakin banyak aplikasi yang terinstal, semakin banyak pula daya batre yang termakan. Terlebih lagi aplikasi itu sudah lama tidak digunakan namun tetap saja anteng terinstal di gadget sobat. Untuk itu, sekiranya aplikasi itu sudah tidak diperlukan atau bermanfaat, sebaiknya sobat uninstal saja.

5. Gunakan Mode Power Saving
Sebagai salah satu OS yang handal, Android telah memiliki pengaturan Mode Hemat Daya (Power Saving). Pada mode ini, Android akan secara otomatis mengatur penggunaan daya batre sobat bila batre sobat sudah berkurang banyak. Sobat bisa mengaturnya pada menu seting.

6. Matikan Mode Getar
Mode getar  digerakan melalui motor (vibrator) untuk menggetarkan gadget sobat ketika ada pemberitahuan ataupun panggilan yang masuk. Nah, seperti yang kita tahu, motor penggerak getar ini juga membuat daya batre sobat cepat menyusut.

7. Matikan Fitur GPS (Global Positioning System)
Salah satu fitur yang ada pada Andorid adalah aplikasi penunjuk arah (harta karun) Alias GPS. Dengan fitur ini, sobat bisa dengan mudah menemukan jalan-jalan yang akan dilalui saat melakukan perjalanan ke tempat-tempat baru tanpa perlu menenteng Peta ataupun Pocket GPS. Namun, jika sobat menggunakan fitur ini, siap-siap aja nyolokin charger buat mengisi batre yang udah tekor. Jadi, sebaiknya matikan saja firut ini bila sobat tidak memerlukannya. Masak iya sih, mau ke pasar aja kudu make GPS?

8. Freeze/Hibernate Aplikasi di Background
Semakin banyak aplikasi yang berjalan dibelakang layar (Backgroud), maka semakin banyak pula konsumsi batre yang digunakan. Untuk itu, sobat butuh aplikasi untuk memanajemen aplikasi backgroud, salah satunya adalah "Grenify" yang dapat diunduh secara gratis melalui Google Play Store. Dengan Greenify Anda bisa melihat aplikasi tidak terpakai apa saja yang berjalan di background dan menghibernateny sampau sobat memakainya kembali.

9. Instal Aplikasi Batrery Saver (Penghemat Daya)
Selain menghemat batre dengan mengatur konfigurasi gadet, sobat sebaiknya juga menginstal salah satu software penghemat daya batre. Software seperti ini sudah banyak tersedia di Play Store yang disediakan oleh Google. Salah satunya yang dapat sobat gunakan adalah DU Battery Saver. Pada DU Battery Saver sudah tersedia modus dan pre-set pilihan cerdas yang user friendly dalam penggunaannya sehingga sobat tinggal memilih pengaturan yang sesuai.

10. Selektif Memilih Aplikasi Yang Aktif
Pada point ini, semua kembali ke diri sobat sendiri, sobat harus bisa memanajemen aplikasi apa saja, konektifitas apa saja yang benar-benar dibutuhkan. Bila tidak terlalu penting atau jarang digunakan, sebaiknya sobat matikan saja untuk menambah umur batre.

Mungkin itu saja tips menghemat batre Android yang bisa fajarjabrik bagikan ke sobat sekalian. Cara yang dilakukan cukup sederhana dan simpel, sobat tinggal menerapkannya pada kegiatan sehari-hari bareng Si Ijo dimanapun n kapanpun.
Sampai jumpa di postingan berikutnya...

12/09/2014

5 Cara Sederhana Agar Latop Tidak Cepat Panas (Over Heat)


fajarjabrik - Yo.. Sobat blogger. Ngomongin soal penggunaan Leptop, pasti gak terlepas dari masalah klasik yang jadi problem pengguna salah satu peralatan elktronik ini, yap! Panas. Laptop yang digunakan dengan durasi yang lama, terutama untuk pekerjaan yang menggunakan dan memaksa kerja processor cukup besar akan membuatnya menjadi lebih cepat panas. penyumbang terbesar leptop cepat panas yaitu, game berat, editing gambar/video, pengkompresan file, ataupun kegiatan bersurfing didunia maya. Sperti yang kita ketahui, panas yang berlebih akan membuat leptok kita menjadi rentan rusak karena terjadinya Over Heating yang membuat beberapa komponen terbakar. 

Untuk mengatasi masalah itu, disini saya akan menshare peneyabab leptop overheat dan solusi yang harus dilakukan.


1. Lokasi menggunakan leptop salah


Kesalahan pada point satu ini adalah yang paling sering dilakukan oleh kebanyakan pengguna laptop. Menghidupkan leptop dan menaruhnya di pangkuan, diatas kasur/sofa, ataupun diatas permukaan yang empuk seperti karpet ataupun bantal. Jika sobat menempatkannya di tempat seperti itu, suhu leptop akan segera naik dengan cepat karena sirkulasi udara didalam tidak bisa dibuang keluar oleh kipas (fan).

Solusinya, biasakan menyalakan laptop diatas tempat yang datar dan rata. Sukur-sukur sobat mgnhidupkannya diruangan yang sejuk/ ber AC biar leptop juga merasa ayem. Kalo terpaksa menghidupkan di atas kasur/bantal/paha, landasi dulu dengan barang yang datar n keras seperti papan ujian dll.


2. Kipas, Heatsing dan Daleman laptop kotor dan berdebu
Kotoran yang masuk dan menempel pada kipas (fan) dan heatsingk akan membuat leptop jadi cepat panas. Jika debu atau partikel kotoran menempel pada fan, maka akan membuat putaran fan menjadi lambat untuk membuang panas keluar. Sedangkan, jika kotoran menempel pada heatsing n daleman leptop, maka akan membuat suhu menjadi lebih lama turun.

Solusinya, Bersihkan laptop dan juga lubang ventilasinya paling tidak seminggu sekali. Bongkar dan bersihkan fan beserta daleman leptop paling tidak setahun sekali dari kotoran yang menempel.
Catatan! jika laptop masih garansi, bawa ke toko untuk memberishkannya.


3. Thermal Paste Telah Kering
Thermal Paste adalah pasta yang digunakan sebagai penghantar dari Processor/GPU pada heatsink. Jadi, jika thermal paste udah kering dan mengeras kayak batu, itu tandanya harus diganti dengan yang baru. harganya murah kok, cuman sekita 15 rb.

Solusinya, Lepas heatsink dari processor/GPU, bersihkan themal paste yang lama lalu ganti dengan yang baru.


4. Membuka aplikasi/game berat

Bermain game memang salah satu kegiatan yang menyenangkan bagi para pengguna komputer yang sudah mulai suntuk dengan pekerjaan yang dijalani untuk mengatasi rasa bosan, apalagi saat ini banyak game keren seperti COD, Battlefield, Watchdog, GTA5 ataupun Pes 2015. Namun, game berat juga merupakan salah satu penyebab laptop cepat panas, mengingat penggunaan daya pada processor dan GPU sangat besar. Selain game, aplikasi seperti pengolah gravis juga sama beratnya dan butuh banyak proses seperti halnya bermain game. Jadi tak heran bila banyak pengguna leptop yang jebol gara-gara masalah ini.

Solusinya:
  • Main game seperlunya saja
  • Sesuaikan spek leptop dengan game yang mau dimainkan. Coba cek dulu di GemDebate.com sebelum menginstalnya. Karna jika game yang dimainkan melebihi spek leptop, otomatis kerja processor akan over  dan bikin cepet panas.
  • Jika terpaksa menjalankan aplikasi berat/game, usahakan jangan membuka terlalu banyak aplikasi yang lain, kalau perlu matikan service yang tidak diperlukan.
  • Gunakan Colling Pad sebagai pendingin tambahan. Meskipun suhu yang diturunkan tidak terlalu banyak, tapi paling tidak sudah berkurang.


5. Penggunaan Melebihi Batas (Over)
Laptop memiliki ketahanan yang lebih rendah dibandingkan dengan PC/Desktop. Bila Desktop mengejar ketahanan dan performa, maka laptop lebih condong ke fleksibilitas dan praktis.  Hindari menggunakan laptop dalam keadaan baterai di charge, karena bila baterai dalam keadaan kosong dan dicharge, maka pada proses charging ini baterai akan mengeluarkan panas dan bikin suhu leptop  sobat juga cepet naik. 


Solusinya:

  • Gunakan laptop paling tidak dengan durasi sekitar 2 - 4 jam.
  • Jika sobat ingin mencharge sambil menghidupkan leptop, charge dulu sampe penuh, baru sobat oprasikan sambil di charge. Ingat! jangan pernah melepas baterai leptop, baterai dugunakan untuk menyetabilkan arus yang masuk dari charger yang bisa bikin komponen laptop gampang rusak.

Mungkin ini aja yang bisa saya sampaikan kepada sobat sekalian. semoga aja leptop agan jadi lebih awet jika digunakan dan dirawat dengan benar.
sampai jumpa di postingan depan....



12/07/2014

Cara Mengatasi Tombol Keyboard Mati Dengan Remap Keyboard



fajarjabrik - Halo sobat semuanya.. kali ini saya mau menshare sedikit pengalaman yang telah saya lalui mengenai remap keyboard/pemetaan ulang tombol keyboard. Bagi yang udah punya komputer/leptop udah lumayan jadul, pasti pernah dong (kalo belum pernah, nanti juga ngalamin) ngalamin yang namanya tombol keyboard mati sebagian. Kalau yang mati itu cuman tombol yang tidak terlalu penting dan jarang digunakan, mungkin sih masih bisalah kita santai. Nah, ini keyboard ane yang mati ini tombol penting sob.. Penting! Salah satu tombol vokal (A) mati. Jadinya pas mau menginputkan coding pemrograman, yang seharusnya bisa slesai 1 menit bisa jadi 10 menit. bayangin, saya dirugikan 10 kali lipat cuman gara-gara nih masalah. Mungkin1 tombol itu udah lelah gara-gara dipencetin mulu pas main game hahaha...

Oke, languns aja ke pokok bahasan. Sebenarnya ada 2 fungsi utama dari meremap keyboard, yaitu:
  1. Karna susunan dari kode tombol keyboar tidak sesuai dengan yang seharusnya (teracak)
  2. Untuk mengganti salah satu kode tombol yang mati dengan kode tombol yang lain.
Untuk melakukan Remap Keyboard, disini saya menggunakan software tambahan berupa KeyTweak-Keyboard Remaper. Alasan saya pake aplikasi ini, selain simpel dan ukurannya yang kecil, aplikasi ini juga free sob. 

Untuk Meremap Keyboard sobat pake KeyTweaker, caranya ada dibawah ini.

1. Download KeyTweaker DISINI

2. Setelah selesai didownload, extrak trus jalanin aplikasinya
(kayak gini nih tampilannya)


3. Klik salah satu tombol yang ditandai dengan kode angka sesuai dengan lokasi karakter keyboard
    seperti pada gambar diabwah ini.
 

4. Kalo udah selesai, silahkan sobat restart komputernya supaya terlihat perubahanya.

Tambahan, jika agan ingin mengembalikan pengeturan ke awal lagi, caranya gampang kok, tinggal klik Restore All Default, lalu restart.

Semoga bermanfaat....

12/05/2014

Mengamankan Flashdisk Dari Virus Tanpa Software Dan Dengan Software


Fajarjabrik -  Kali ini saya akan menshare cara melindungi Flash Disk dari penularan virus, dengan 2 metode, yaitu tanpa bantuan software dan menggunakan software tambahan. Jika dilihat secara umum, virus paling sering menginfeksi komputer melalui media Flash Disk, terutama bagi pengguna di Indonesia. Lantas, bagaimanakah cara virus memanfaatkan flashdisk sebagai media penularan virus?

Dari pengalaman saya selama ini, ada 2 cara kerja yang biasa dilakukan virus, yaitu:


1. Dengan memanfaatkan dan membuat file “autorun.inf” di root directory dari Flash Disk. Sehingga jika flashdisk di colokin pada komputer, maka secara otomatis file autorun.inf akan mengeksekusi perintah yang ada dialamnya, yaitu untuk menjalankan si virus. Sebenarnya, banyak orang yang salah persepsi dengan file autorun.inf yang menyangka bahwa file itu adalah virus, padahal itu adalah fasilitas dari windows yang digunakan untuk menjalankan file secara otomatis. Bukan filenya yang salah, namun perintah didalamnya yang telah dimodifikasi dan disalahgunakan untuk memanggil master virus.


2. Menyembunyikan file dan folder-folder di Flash Disk, lalu menduplikat dirinya dengan nama dan icon yang sama persis atau membuat sebuah shortcut pemanggil master virus. Jika pengguna kurang hati-hati, bisa saja tanpa sengaja user membuka file yang ternyata adalah si virus.


Dari 2 tipe penularan diatas, menurut saya cara penularan pertama lebih fatal dibanding cara penularan kedua karena pada penularan yang pertama si user tidak menyadari bahwa virus telah teraktivasi secara otomatis tanpa adacampur tangan atau klik untuk menjalankan file/folder. Sedangkan pada cara kedua, user masih bisa mencegah dengan memperhatikan rincian file dengan melihat detail file yang ada, karena umumnya virus akan berupa shortcut/mengubah file yang ukurannya berbeda dari file asli
Dari 2 Permasalahan diatas, disini saya akan memberikan beberapa solusi yang mungkin bisa membantu agan dari 2 masalah penyebaran virus diatas

MENGAMANKAN FLASHDISK TANPA SOFTWARE (MANUAL)

Pencegahan level 1: Mencegah pembuatan autorun.inf
Jika agan menemukan file autorun.inf di root directory dari Flash Disk Anda, hapus saja, lalu segera buat sebuah folder bernama autorun.inf
Cara kerjanya seperti ini:

- Windows tidak mengijinkan ada dua buah file yang sama, baik itu folder-folder atau file-folder, sehingga virus tidak bisa membuat file autorun.inf lagi.

Function call menghapus sebuah folder berbeda dengan function call menghapus sebuah file yang digunakan virus. Jadi folder yang kita buat tidak dapat diganti/dihapus virus, karena yang kita buat folder, bukan file seperti yang virus kira.


Pencegahan Tingkat 2 : Mencegah folder pelindung terhapus dengan Unicode Character
Masuklah ke dalam folder autorun.inf yang baru Anda buat, lalu buat sebuah file didalamnya, kemudian Rename lah file teks Anda menjadi: 퀏셛됝鍔聎.txt


Untuk informasi, ke-5 huruf CJK (Cina-Jepang-Korea) di atas adalah karakter Unicode dengan kode berturut-turut: U+D00F U+C15B U+B41D U+9354 U+804E
Untuk bisa membuat ke-5 huruf CJK tersebut, yang agan butuhkan adalah:

- Font Arial Unicode (Ada dalam MS Office
- Character Map (Yang tersedia pada System Tools pada Accessories)


Cara paling mudah yaitu menggunakan Character Map. Caranya yaitu:

- Buka Character Map, lalu pilih font “Arial Unicode”:
(Cara membuka Charactermap adalah: Win+R (Run) >>> ketik “CHARMAP” >>> OK

- Scroll ke bawah, temukan karakter U+D00F:


-  Klik tombol select, karakter tersebut akan disalin ke box sebelah kiri tombol tersebut:

- Temukan keempat karakter lainnya, dan lakukan hal yang sama, sampai box berisi kelima karakter yang kita butuhkan:

- Setelah kita mendapatkan kelima karakter tersebut, klik tombol Copy, lalu tinggal kita Paste sebagai nama file baru.
Catatan penting: Pada saat Anda mem-paste karakter-karaketer tersebut sebagai nama file baru, karakter-karakter tersebut akan tampak seperti kotak-kotak. INI NORMAL. Font yang digunakan Windows untuk menampilkan nama file tidak memiliki bentuk huruf (glyph) untuk karakter-karakter tersebut, sehingga akan diganti dengan kotak.

Pencegahan Tingkat 3 : Mencegah folder pelindung terhapus dengan “Folder Non-Removable

Cara membuat flashdisk terlindungi dari virus:


1. Buat sebuah folder autorun.inf pada flashdisk agan. Virus memanfaatkan file autorun.inf sebagai 'pemancing' jalanya virus. Agan juga bisa membuat dengan nama yang lain.

Setelah mencolokan flashdisk, buat sebuah folder baru dan namakan dengan autorun.inf.
Jika gagal membuat folder autorun.inf, berarti sudah ada file autorun.inf (ingat! Windows tidak memperbolehkan file ganda). Jika anda menggunakan antivirus Smadav dan bekerja secara real-time, maka anda tidak perlu lagi membuat folder ini. Namun jika tidak, kemungkinan besar file tersebut adalah file pemancing virus. Namun, biasanya file autorun.inf ini dibuat virus, maka akan dihiden dengan atribut superhiden. Untuk memvisiblekan gunakan coding:

Buka Notepad, lalu ketikan coding dibawah:
cacls "System Volume Information" /t /e /c /p everyone:f
cacls recycler /t /e /c /p everyone:f
cacls recycled /t /e /c /p everyone:f
cacls "$RECYCLE.BIN" /t /e /c /p everyone:f
cacls autorun.inf /t /e /c /p everyone:f
cacls "autorun.inf" /t /e /c /p everyone:f
pause
rd /s /q "System Volume Information"
rd /s /q recycler
rd /s /q recycled
rd /s /q "$RECYCLE.BIN"
rd /s /q "autorun.inf"
del autorun.inf
pause
md recycled
md recycler
md "System Volume Information"
md "$RECYCLE.BIN"
md "autorun.inf"
pause
attrib.exe recycled +s +r +h
pause
attrib.exe recycler +s +r +h
pause
attrib.exe "System Volume Information" +s +r +h
pause
attrib.exe "$RECYCLE.BIN" +s +r +h
attrib.exe "autorun.inf" +s +r +h

cacls recycler /t /e /c /p everyone:r
pause
cacls recycled /t /e /c /p everyone:r
pause
cacls "System Volume Information" /t /e /c /p everyone:r
pause
cacls "$RECYCLE.BIN" /t /e /c /p everyone:r
cacls "autorun.inf" /t /e /c /p everyone:r

·         Simpan dengan nama UNHIDE.BAT (Download)
·         Lalu Copas di FD dan jalankan.
·         Setelah terunhide semua, hapus autorun.inf yang dibuat virus.

2. Folder autorun.inf dibuat agar virus tidak bisa menempatkan 'pemancing' nya di drive yang sama. Sebab, windows tidak akan pernah mengizinkan nama ganda dalam satu direktori. Namun, virus bisa menghapus folder autorun.inf ini. Lalu bagaimana agar membuat folder ini tidak bisa dihapus? Caranya mudah saja.

·         Buka cmd ( Start > Run > Cmd )
·         Masuk ke Huruf flashdisk anda. Contoh, flashdisk anda berhuruf F. Maka perintah yang harus diberikan adalah:
·         F:
{enter}
·         Setelah masuk ke alamat flashdisk anda, masuk ke folder autorun.inf dengan perintah CD
cd autorun.inf 
{ agan bisa ganti autorun.inf dengan nama yang lain, sesuai dengan nama folder didalam FD yang ingin di anti delet)
·         Setelah masuk, tinggal ketikan perintah untuk membuat folder agar tidak bisa dihapus.
·         md aux\
{enter}

Atau, buat file Batch:
Buka Notepad, lalu ketikan
md autorun.inf
md autorun.inf\aux\
pause..
md FOLDER(UNDELETE)
md FOLDER(UNDELETE)\aux\

Save As dengan nama UNDELETE.BAT. (Download)
Copas  dan Jalankan di FD


MENGAMANKAN FLASHDISK DENGAN SOFTWARE
Setelah membahaas cara manual seperti diatas, sekarang  kita akan menggunakan bantuan software dari pihak ketiga. Mengingat cara manuai cukup sulit dan rumit dilakukan oleh pengguna yang awam, maka dari itu ane akan menshare beberapa list antivirus yang bisa mengamankan flashdisk agan.
Silahkan kunjungi dan download dengan membuka website dibawan ini:

Semoga bermanfaat gan….