12/07/2014

Cara Mengatasi Tombol Keyboard Mati Dengan Remap Keyboard



fajarjabrik - Halo sobat semuanya.. kali ini saya mau menshare sedikit pengalaman yang telah saya lalui mengenai remap keyboard/pemetaan ulang tombol keyboard. Bagi yang udah punya komputer/leptop udah lumayan jadul, pasti pernah dong (kalo belum pernah, nanti juga ngalamin) ngalamin yang namanya tombol keyboard mati sebagian. Kalau yang mati itu cuman tombol yang tidak terlalu penting dan jarang digunakan, mungkin sih masih bisalah kita santai. Nah, ini keyboard ane yang mati ini tombol penting sob.. Penting! Salah satu tombol vokal (A) mati. Jadinya pas mau menginputkan coding pemrograman, yang seharusnya bisa slesai 1 menit bisa jadi 10 menit. bayangin, saya dirugikan 10 kali lipat cuman gara-gara nih masalah. Mungkin1 tombol itu udah lelah gara-gara dipencetin mulu pas main game hahaha...

Oke, languns aja ke pokok bahasan. Sebenarnya ada 2 fungsi utama dari meremap keyboard, yaitu:
  1. Karna susunan dari kode tombol keyboar tidak sesuai dengan yang seharusnya (teracak)
  2. Untuk mengganti salah satu kode tombol yang mati dengan kode tombol yang lain.
Untuk melakukan Remap Keyboard, disini saya menggunakan software tambahan berupa KeyTweak-Keyboard Remaper. Alasan saya pake aplikasi ini, selain simpel dan ukurannya yang kecil, aplikasi ini juga free sob. 

Untuk Meremap Keyboard sobat pake KeyTweaker, caranya ada dibawah ini.

1. Download KeyTweaker DISINI

2. Setelah selesai didownload, extrak trus jalanin aplikasinya
(kayak gini nih tampilannya)


3. Klik salah satu tombol yang ditandai dengan kode angka sesuai dengan lokasi karakter keyboard
    seperti pada gambar diabwah ini.
 

4. Kalo udah selesai, silahkan sobat restart komputernya supaya terlihat perubahanya.

Tambahan, jika agan ingin mengembalikan pengeturan ke awal lagi, caranya gampang kok, tinggal klik Restore All Default, lalu restart.

Semoga bermanfaat....