12/18/2014

Tips Trik Komputer - Cara Mempartisi Flashdisk



FajarJabrik - Mungkin pernah terlintas dibenak sobat buat mempartisi sebuah flashdisk, tapi mungkin sobat masih ragu apakah hal itu bisa dilakuin ato tidak. Tenang aja, semua mungkin kok, yang penting ada kemauan  dan usaha. Meskipun flashdisk strukturnya berbeda dengan Hardisk, tapi sama-sama buat nyimpen memori, so.. mempartisi flashdisk bisa sobat lakuin.

Dalam mempartisi FD ada 2 proses sob, yaitu:
1. Membalik RMB Flasdisk
2. Membuat tabel partisi baru

Setelah tau prosesnya, nah selanjutnya sobat ikutin deh langkah mempartisi flashdisk dibawah ini:

PERINGATAN!: Backup data sobat sebelum melakukan trik ini, karena nantinya data akan terformat. Admin tidak bertanggung jawab jika terjadi kerusakan karena melakukan trik ini, namun admin akan membantu sobat semampunya.

Langkah-langkah mempartisi FD:


Proses 1, membalik RMB flashdisk
1. Format dulu FD sobat biar nantinya tidak mengganggu proses
2. Karena didalam OS Windos tidak ada aplikasi untuk membalik RMB, maka sobat donlot dahulu "BootIt Tool" DISINI
3. Colokin Flasdisk ke Kompi/Lektop sobat
4. Extrack lalu sobat buka BootIt.exe yang udah didonlot.
5. Klik “Flip Removable Bit” dan untuk lebih jelasnya silahkan lakukan seperti pada gambar di bawah ini.



6. Cabut FD sobat dari kompi/lektop, lalu pasang kembali. Pada langkah ini maka flashdisk sobat akan terdeteksi oleh windows menjadi Fixed Disk (flashdisk sobat bukan removable disk lagi).


Proses 2, membuat tabel partisi baru

Note!: Langkah ini baru bisa dilakukan jika cara diatas berhasil. Biar sobat belum cukup yakin, cobat cek FD dengan  cara kita lakukan klik kanan di Flashdisk kita lalu cek di Device Properties. Jika udah clear, lanjut cara dibawah...

1. Kilk Star >>> Run (Win+R), lalu sobat ketik diskmgmt.msc dan tekan enter.

2. Pada tampilan Disk Management, pilih FD sobat (Lihat ukuran, nama dan Drive letter) lalu klik kanan FD sobat trus Delete Partition, untuk lebih jelasnya silahkan lihat gambar di bawah ini.

 
3. Klik kanan FD sobat, trus pilih New Partition (Untuk membuat partisi baru), lebih jelasnya silahkan lihat gambar berikut.



5. Silahkan sobat lakukan urutan langkah-langkah pada New Partition Wizard lalu kemudian sobat bikin "Primary Partition".
Ketika sobat ada di bagian pilihan "Partition Size", Silahkan berikan nilai (ukuran partisi) yang sobat inginkan , tapi HARUS “kurang dari” dari kapasitas maksimum USB flashdisk sobat supaya dapat membuat sisa ruangan untuk partisi selanjutnya. Saran saya, bagi aja kapasistasnya menjadi 2. Contoh, jika FD sobat 4GB (4096MB) maka Partisi 1 (2048MB/2GB) dan Partisi 2 juga (2048MB/2GB)

5. Pada langkah ke lima ini sobat tinggal Lanjutkan Wizard, dan juga memberikan Pilihan nama FD sobat lalu pemformatan partisi. (Rekomendasi Fat32)



6. Sesudah membuat partisi yang pertama, sobat bisa melakukan penambahan partisi dengan cara mengulangi langkah yang ada di nomor 3 sampai ke nomor 5.


7. Finish...


Keren kan kalau FD sobat bisa berisi beberapa partisi sekaligus. Sobat bisa menggunakan pertisi tersebut untuk mengelompokan file seperti pada partisi haridsik..
Semoga bermanfaat ...