3/06/2013

Cara mengatasi CD Rom yang Tidak Terbaca

Mumpung ada kesempatan untuk sharing, daripada menghabiskan waktu untuk hal yang tidak bermanfaat… baiknya dipakai untuk posting sesuatu yang berguna,… setuju?

Ok, thanks untuk yang sudah angkat tangan sambil bilang “Setujuuuu…” 
Posting ini gw tulis berdasarkan pengalaman sendiri . tadinya gw mau nonton DVD ,DVD udah dimasukin dan gw udah posisi wuenak tenan mau nonton, tapi udah nunggu 5 menit auto Playnya ga muncul-muncul ketika gw buka My Computer… astaga, disana tidak terlihat adanya icon drive DVD. gw jadi panik dan penasaran soalnya ni Laptop gw baru pke 4 bulan tapi knapa DVDnya udah rusak..

setelah gw otak atik..dan browsing nanya ma om google akhirnya dapet juga cara benerinnya

OK,… pertama, pastikan dulu cd/dvd room tersebut tidak rusak (  )

kalau sudah yakin, coba klik My Computer, klik kanan dan pilih properties, pilih tab hardware dan klik device manager… lihat pada bagian dvd/cd rom device jika ditemukan ada tanda seru warna kuning, coba klik kanan dan pilih properties…. lihat pada tulisan kotak device status, jika terdapat pesan “Windows cannot load the device driver for this hardware. The driver may be corrupted or missing. (Code 39)” maka kasus anda sama dengan kejadian yang dialami gw alami...hehehehe 




langsung saja, solusinya kira kira begini :

Kita akan melakukan sedikit perbaikan pada registry karena masalah diatas terjadi disebabkan registry yang keseleo… jadi untuk keamanan tidak ada salahnya lakukan bacup registry dulu, caranya? masa lupa lagi?… gini : Pada start menu pilih Run ketik regedit, Pada kotak dialog registry editor, pilih file, klik export, maka akan terbuka box tempat kita akan menyimpan file backup registry tersebut, beri nama misal backupjagajaga… kalau sudah, tekan tombol save… ingat lokasi tempat anda menyimpan backup tersebut untuk memudahkan jika anda ingin mengembalikan atau restore setting registry jika terjadi kesalahan setting… cara restorenya??… Cari file backupjagajaga.reg yang sudah disimpan tadi kemudian double klik file tsb, otomatis registry akan di restore.

Ok, lanjut?… untuk mengembalikan cd/dvd room yang hilang dan agar bisa nonton DVD lagi…
Sebelumnya, uninstal dulu software burning anda, seperti Nero, Roxio atau apapun, karena kemungkinan registry yang korup berawal dari sini.tapi klo ga di uninstal juga ga apa-apa
Tutup dulu semua program yang sedang berjalan, tekan start, pilih run (atau langsung tekan Win+R)
Dalam box Run, ketik regedit, lalu di box sebelah kiri, klik folder HKEY_LOCAL_MACHINE/SYSTEM/CurrentControlSet/ Control/ Class / {4D36E965-E325-11CE-BFC1-08002BE10318}
Pada box sebelah kanan, carilah string dengan nama : UpperFilters, LowerFilters, UpperFilters.bak atau LowerFilters.bak … jika ditemukan string tersebut atau salah satudari string tersebut, klik kanan pada string dan pilih delete. Jika anda tidak menemukannya, maka lanjutkan pada langkah berikutnya
Tutup registry editor
Klik kanan My Computer, pilih ilih properties, pilih tab hardware dan klik device manager… klik tanda (+) pada bagian dvd/cd rom device lalu pada bagian yang bertanda seru warna kuning, klik kanan kemudian pilih uninstal… lalu restart komputer(secara otomatis setelah restart, windows akan mengidentifikasi cd/dvd rom dan menginstal kembali driver cd/dvd rom tersebut, tunggu hingga windows selesai menginstal driver).
Bila sudah, coba lihat My Computer…. semoga cd/dvd rom anda dapat terdeteksi kembali.




———————- OOoopps … terlalu berbelit belit? … Ok, sebetulnya ada cara mudah, ada sebuah tool kecil yang kurang-lebih menggunakan metode diatas namun sudah dikemas dalam sebuah tool portable sehingga jika anda tidak mau susah-susah melakukan perbaikan secara manual, boleh pakai aplikasi free ini silahkan download disini. Penulisan posting ini sebenarnya adalah agar kita dapat mengerti step-step sederhana untuk memperbaiki sendiri (tapi untuk apa susah-susah jika sudah ada yang simpel? hehehe… anda jawab sendiri lah…  )

Jika anda memutuskan untuk menggunakan tool tersebut, yang harus anda lakukan adalah setelah klik tombol repair DVD, lanjutkan dengan langkah 6, 7 dan 8…. thats it, U’re done.


Well,…. tetaplah mencoba untuk mengerti, semoga bermanfaat ….
hehhehe..gw mau lanjut nonton DVD lagi nih.

sumber: http://prince-ardhi.blogspot.com/2012/06/solusi-cddvd-rom-hilang-atau-tidak.html