12/15/2014

5 Kelebihan Windows 10 (Wajib Baca Sebelum Install!)

Kelebihan Windows 10 - Sobat FajarJabrk semuanya, pasti tau dong dengan salah satu perusahaan terbesar pengembang sistem operasi komputer yang satu ini.. Yap! Microsoft. Perusahaan milik Om Bill Gates ini sebentar lagi akan bersiap meluncurkan OS baru mereka, yaitu Windows 10 pada tahun 2015 mendatang. Melihat angka 10 di ujung nama OS Windows ini, pasti muncu pertanyaan di kepala sobat "Lho? Kok langsung 10? 9 nya mana?" Dari gosip yang beredar sih katanya Microsoft tidak ingin menggunakan angka yang udah pernah digunakan sebelumnya, contohnya saja pada Windows seri 95-98 sob.. Emang suka bikin heboh nih Om Bill, ckckck...

Balik lagi ke topik yang kita bahas. Ngomongin soal kelebihan dari OS anyar ini, ada cukup banyak rombakan yang dilakukan bila dibandingkan pendahulunya yaitu Windows 8 yang memang masih memiliki banyak kekurangan. Oke, gak usah banyak cingcong, mendingan sobat langsung ke pokok pembahasan kita, apa saja sih kelebihan yang ditawarin Windows 10 dibanding pendahulunya, simak dibawah ini.. Cekipret!

1. Adanya pratinjau di Start Menu
Tak ingin mengulangi kesalahan yang sama pada pendahulunya di Windows 8 yang menuai banyak kritikan dari penggunanya, Kini Microsoft mengembalikan start menu + bonus berupa tampilan pertinjau. Jadi, bisa lebih mempermudah penggunanya dalam memilih yang akan dibuka.


2. Penambahan Multi Desktop (Snap enchancement)

Salah satu fitur baru yang disematkan dalam Windows 10 yaitu Snap Enchancement, yaitu memungkinkan sobat melihat dan memanajemen beberapa aplikasi yang berjalan dalam 1 layar/desktop dengan bentuk yang ringkas. Sebenarnya fitur ini sudah ada dan diterapkan pada OS rivalnya, yaitu linux. But okelah, yang penting tujuannya buat mempermudah penggunanya.


3. Penambahan Aplikasi Commands (Perintah)
Aplikasi tersebut ditampilkan dalam format yang sama dengan aplikasi pada desktop, selain itu tampilan yang dinamis dengan kemampuan untuk diubah ukurannya dan dapat bergerak. Menarik bukan

Commands App Windows 10
Tampilan App_Commands Pada Windows 10 (Source:blogs.windows.com)

4. Penambahan teknologi Virtual Desktop
Sebenarnya fitur ini sudah ada pada Windows 7, namun untuk hal yang satu ini, Microsoft boleh dikatakan memberikan rasa baru dalam produknya. Kemampuan untuk membuat beberapa desktop untuk tujuan ataupun tema yang berbeda, sekaligus kemudahan untuk berpindah desktop dengan lebih mudah dan cepat. Selain itu kemudahan yang anda akan dapatkan dengan menggunakan Windows 10 nantinya adalah, dapat dengan cepat dalam melakukan pencarian file. 



5. Satu Untuk Semua (All In One)
Inilah kelebiha OS satu ini yang paling keren sob, yaitu nantinya Windows 10 dapat diinstall tidak hanya pada perangkat komputer/notebook saja, tetapi juga bisa diinstall pada gadget lainnya seperti Smartphone dan Tablet PC

Itulah beberapa kelebihan yang ditawarkan Windows 10 oleh Microsoft sebagai pembaruan dari Windows 8 yang bisa dianggap sebagai produk gagal. Dengan fitur-fitur baru yang ada, nantinya pengguna akan lebih dimudahkan dalam mengoprasikan OS dengan tampilan ala Retro ini.

Oke, sekian yang bisa fajarjabrik sampaikan kepada sobat-sobat sekalian. Untuk versi pre atau Technical Preview sobat bisa langsung mendownloadnya di situr resmi Microsoft. Namun tentunya masih banyak kekurangan/bug. Jadi, sabar aja nunggu versi resminya dirilis tahun 2015 mendatang ya..
Sampai jumpa di postingan depan...